Connect with us

Kawanus.com

Wisata Ramah Lingkungan di Taman Lembah Gurame

taman lembah gurame

Wisata

Wisata Ramah Lingkungan di Taman Lembah Gurame

Foto via Google maps/Darmawan

Wisata Ramah Lingkungan di Taman Lembah Gurame

Berwisata menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Banyak orang-orang yang memanfaatkan hari libur untuk berwisata ke tempat-tempat yang menyenangkan. Saat ini tempat wisata mulai merebak di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tidak mau ketinggalan, di Depok sendiri banyak tempat wisata yang bisa kita temukan. Ada tempat wisata yang memang sudah ada atau wisata alam lalu ada juga tempat wisata buatan. Biasanya wisata alam lebih digandrungi oleh para wisatawan karena mampu merilekskan pikiran, menghilangkan penat, atau sekedar menghabiskan akhir pekan agar tidak terkesan membosankan.

Wisatawan yang ingin liburan di alam yang begitu menawan bisa mengunjungi Taman Lembah Gurame. Taman yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dan lingkungan hijau yang ramah lingkungan ini menjadi destinasi wisata yang cocok Kawan Jalan kunjungi.

Pesona Taman Lembah Gurame

Sebelum menjadi Taman Lembah Gurame, tempat ini merupakan sebuah danau. Kemudian beberapa lahannya ditumbuhi pepohonan sehingga menjadikan tempat ini begitu asri. Biasanya wisatawan yang datang ke sini memanfaatkan danaunya untuk memancing. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan memancing, wajib banget mengunjungi taman ini. Ada berbagai jenis ikan yang bisa kita temukan salah satunya gurame. Diberi nama Taman Lembah Gurame karena tempat ini termasuk salah satu pembudidayaan ikan gurame. Namun tidak hanya gurame, di sana juga ada ikan mujair, ikan bawal, ikan mas, dan masih banyak lagi. Memancing di Taman Lembah Gurame ini kita tidak akan dikenakan tarif. Tetapi bagi wisatawan yang ingin menyewa perlengkapan memancing, bisa menyewanya dengan harga Rp30.000.

taman lembah gurame 2

Foto via Google maps/Zhilal El-Furqaan

Di sana juga terdapat beberapa spot foto seperti jembatan, lukisan ikan dan kura-kura, sayap kupu-kupu, bunga teratai, dan lainnya. Kita bisa memburu spot keren untuk dipamerkan di laman Instagram. Ada juga wahana-wahana permainan anak seperti jungkit-jungkit, ayunan, ataupun jaring-jaring. Setiap akhir pekan, di taman ini selalu diadakan kegiatan-kegiatan olahraga seperti jogging, senam aerobik, bersepeda, game dan masih banyak lagi.

Taman ini juga mampu memberikan edukasi bagi anak-anak untuk belajar mencintai lingkungan seperti membiasakan mereka membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang barang-barang bekas, dan lainnya. Lalu ada juga taman lalu lintas yang memberikan edukasi mengenai larangan-larangan lalu lintas. Hal lainnya yang tidak kalah menarik, taman ini juga menyediakan saluran air yang airnya bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu. Air tersebut sudah melewati masa sterilisasi sehingga aman untuk diminum.

HTM dan Fasilitas Taman Lembah Gurame

Karena merupakan kawasan ramah lingkungan, di dalam Taman Lembah Gurame Kawan Jalan tidak diizinkan untuk membawa makanan, bahkan di dalam sana kita tidak akan menemukan pedagang makanan. Tetapi kita tidak perlu khawatir, di depan pintu masuk Taman Lembah Gurame kita bisa menemukan banyak kedai makanan seperti roti bakar, batagor, siomay, mie ayam, soto, dan lainnya. Fasilitas lainnya yang ada di sana yaitu toilet, area bermain, spot foto, kursi, aula, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

taman lembah gurame 3

Foto via google maps/Dadang Suryaman

Masuk ke Taman Lembah Gurame tidak dikenakan tiket masuk. Kita hanya perlu membayar biaya parkir yang dibanderol mulai dari Rp2.000 sampai dengan Rp5.000. Menghabiskan akhir pekan di Taman Lembah Gurame tentu tidak akan menguras kantong.

Lokasi dan Akomodasi

Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini bisa datang ke Jalan Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk mengunjungi tempat ini Kawan Jalan bisa menaiki KRL dari Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Depok Baru. Dari sana hanya perlu menaiki angkutan umum jurusan Depok Dalam dan turun di Taman Lembah Gurame. Bisa juga melalui Jalan Raya Parung atau Jalan Raya Tajur. Untuk jarak tempuhnya dari pusat Kota Bogor hanya sekitar 1 jam pejalanan.

Taman ini beroperasi setiap hari. Jam operasional Taman Lembah Gurame ini biasanya mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Warga Depok dan sekitarnya bisa mengunjungi tempat ini untuk sekedar refreshing di akhir pekan. Wisatawan yang ingin melakukan bermalam bisa datang ke Urban24 yang tidak jauh dari Taman Lembah Gurame, tepatnya di Jl. Kartini Kelurahan No.38J, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top