Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Umbul Sungsang, Pemandian dengan Tradisi Ritual Kungkum

umbul sungsang

Wisata

Umbul Sungsang, Pemandian dengan Tradisi Ritual Kungkum

Suasana di Umbul Sungsang (c) Luthfi Trisna/Kawanus

Umbul Sungsang, Pemandian dengan Tradisi Ritual Kungkum

Umbul Sungsang merupakan kolam pemandian dengan air alami yang berasal dari dalam tanah. Tempat ini menjadi salah satu wisata favorit yang ada di Kabupaten Boyolali. Letaknya berada di daerah Pengging yang menjadi salah satu daerah di Boyolali dengan kisah sejarah panjang.

Bagi warga Boyolali dan sekitarnya kawasan Pengging sudah tidak asing lagi di telinga. Itu karena daerah ini merupakan salah satu wilayah penting Keraton Kasunanan Surakarta di masa lalu. Berbagai Peninggalan keraton dapat ditemukan di daerah Pengging. Namun yang paling banyak adalah kolam pemandian. Ada beberapa titik pemandian dan Umbul Sungsang menjadi salah satu yang paling populer. Dibanding tempat pemandian lain di daerah Pengging, Umbul Sungsang menjadi yang paling luas. Selain itu di tempat ini ada sebuah makam keramat. Tak heran selain untuk wisata, tempat ini juga kerap dipakai ziarah dan ritual.

Empat Kolam Pemandian di Umbul Sungsang

Umbul Sungsang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan sejarah Keraton Kasunanan Surakarta. Sebab kolam pemandian ini menjadi satu dari sekian banyak peninggalan dari Keraton Kasunanan Surakarta yang masih eksis hingga saat ini. Umbul Sungsang sangatlah populer bagi masyarakat Boyolali dan daerah sekitarnya. Tempat ini memiliki empat kolam pemandian dengan kedalaman yang bervariasi. Sehingga cocok menjadi tujuan wisata untuk semua umur mulai dari anak hingga dewasa.

umbul sungsang 2

Salah satu kolam Umbul Sungsang (c) Luthfi Trisna/Kawanus

Kolam utama berada di tengah kawasan wisata dan memiliki ukuran paling besar. kolamnya sangat luas dan berbentuk memanjang layaknya sebuah sungai. Pada kolam utama ini memiliki kedalaman sekitar 150cm. Di sisinya ditumbuhi pepohonan beringin sehingga terasa rindang. Kemudian kolam berikutnya berada di samping kolam utama. Untuk kolam yang satu ini tidak terlalu besar dan berbentuk persegi. Memiliki kedalaman sekitar 50cm dan diperuntukkan bagi wisatawan anak-anak.

Selanjutnya untuk dua kolam lainnya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Area kolam ketiga dan keempat dikeliling oleh tembok tinggi sehingga seperti sebuah pemandian privat. Kolam ketiga memiliki kedalam sekitar 2 meter dan menjadi yang paling dalam di tempat ini. Sementara untuk kolam keempat kedalamannya sekitar 150cm dan tepat di tepiannya adalah sebuah bangunan keramat. Di dalam bangunan tersebut terdapat makam dari Zainal Abidin. Beliau adalah abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta dan merupakan ulama terkemuka di masa lalu.

Semua kolam yang ada di Umbul Sungsang bersumber dari mata air yang berada dari dalam tanah. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Konon air yang ada di Umbul Sungsang bersumber dari bawah pohon beringin besar yang berusia ratusan tahun.

Ritual Kungkum di Umbul Sungsang

Sebagai tempat yang berkaitan erat dengan Keraton Kasunanan Surakarta membuat Umbul Sungsang dianggap keramat dan memiliki semacam ‘kekuatan’. Air alami yang ada di kolam Umbul Sungsang dipercaya memiliki berbagai macam khasiat. Maka dari itu sejak dahulu hingga sekarang tempat ini kerap dijadikan untuk ritual bernama kungkum. Ritual ini dilakukan dengan cara berendam di dalam kolam sebatas leher pada malam hari. Tidak sembarang malam ritual ini dapat dilakukan. Kungkum hanya dilakukan pada saat malam jumat pahing. Ritual kungkum dilakukan di dua kolam yang dikelilingi pagar tembok.

umbul sungsang 3

Kolam untuk ritual kungkum (c) Luthfi Trisna/Kawanus

Dipercaya dengan melakukan kungkum seseorang dapat memperoleh banyak hal salah satunya adalah mendapat petunjuk dan keinginannya tercapai. Selain itu kungkum juga dipercaya dapat membersihkan dan mentemtramkan jiwa serta menghilangkan berbagai macam penyakit. Mitos tersebut masih eksis hingga saat ini sehingga budaya ritual kungkum ini masih dilakukan oleh banyak masyarakat. Tak hanya dari daerah Boyolali namun juga kota-kota lain khususnya daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Boleh dibilang Umbul Sungsang adalah wisata rakyat. Itu karena tiketnya sangat terjangkau. Cukup membayar Rp5.000 sudah bisa berenang dan menikmati kesegaran air sepuasnya. Di dalamnya juga sudah disediakan fasilitas seperti toilet, kamar bilas dan warung kuliner yang berjejer. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 – 17.00 WIB. Namun ketika waktunya ritual kungkum tempat ini bisa buka selama 24 jam.

Akses dan Penginapan Sekitar

Akses menuju ke wisata ini sangat mudah. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum. Dari jalan Solo-Semarang wisatawan kemudian tinggal menuju ke Alun-Alun Pengging. Umbul Sungsang berada di sebelah barat alun-alun.

Sementara untuk penginapan di sekitar dapat dengan mudah ditemukan. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Boyolali membuat banyak pilihan penginapan. Salah satunya adalah Hotel Permata ini yang berjarak sekitar 2km saja dari Umbul Sunsang. Memiliki tarif kamar mulai dari Rp150.000 hingga Rp250.000 per malam. Hotel ini sangat istimewa karena sangat dekat dengan tempat tempat rekreasi lain seperti Umbul Pengging, Umbul Ponggok dan Taman Pandanalas.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top