Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Tebing Breksi, Bukit Batu Estetik Karya Para Seniman Jogja

Wisata

Tebing Breksi, Bukit Batu Estetik Karya Para Seniman Jogja

Foto via instagram.com/bukan.aji__

Tebing Breksi, Bukit Batu Estetik Karya Para Seniman Jogja

Tepuk tangan riuh serta acungan jempol rasanya tidak akan cukup sebagai bentuk apresiasi atas hasil karya seni para seniman pahat yang disebut Tebing Breksi. Pada mulanya, Tebing Breksi adalah sebuah gundukan batu kapur yang menjulang tinggi layaknya sebuah perbukitan.

Seiring berjalannya waktu, Tebing ini dieksplorasi oleh masyarakat sekitar menjadi sumber tambang batu alam. Namun, pada tahun 2014 kegiatan pertambangan ditutup oleh pemerintah dan tebing ini dinyatakan sebagai cagar alam dan dilindungi oleh negara.

Foto via Google Maps/Calon Tukang kayu

Tak habis akal, bekerja sama dengan beberapa seniman Jogja, masyarakat sekitar pun menyulap area bekas tambang ini menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kini, Tebing Breksi menjadi salah satu tempat wisata unggulan di kota Yogyakarta.

Daya Tarik Tebing Breksi

Daya tarik Tebing Breksi sudah terlihat ketika memasuki area parkir tempat wisata tersebut. Dari kejauhan terlihat tebing kapur setinggi 30 meter dengan pahatan unik pada dindingnya. Para pengunjung dapat naik menuju puncak melewati ratusan anak tangga sembari menikmati indahnya ukiran yang terinspirasi dari cerita wayang.

Foto via instagram.com/daniasherlambang

Sampai di puncak, para wisatawan dapat melihat cantiknya kota yogyakarta dari ketinggian serta eloknya candi prambanan. Terdapat pula 12 spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan sebagai lokasi foto. Salah satunya berfoto dengan burung hantu terlatih menjadi obyek yang sangat menarik.

Setelah puas menikmati pemandangan sekitar, jika beruntung para wisatawan dapat menikmati acara musik atau pameran kesenian yang diselengarakan oleh produk tertentu. Kegiatan ini dilakukan pada Tlatar Seneng dan Amfiteater yang cukup untuk menampung ratusan pengunjung.

Menjadi tujuan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, Tebing Breksi juga menyediakan area khusus untuk berbelanja serta menikmati jajanan khas Yogyakarta. Lapak-lapak kuliner tersebut menjual mulai dari makanan ringan sampai berat dan dikelola oleh penduduk sekitar.

Para pengunjung dapat menikmati santapan lezat sembari menikmati semilir angin serta pemandangan kolam ikan koi di halaman tebing. Meskipun berada di area terbuka, Tebing Breksi tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari timbulnya kluster Covid-19.

Fasilitas di Tebing Breksi

Foto via instagram.com/irwan.021

Beberapa fasilitas yang ditawarkan di Tebing Breksi diantaranya,

  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Lokasi Spot Foto
  • Warung Makan
  • Sewa Jeep
  • Sewa APV
  • Arena Pertunjukan

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Tebing Breksi menawarkan keindahan alam namun tetap ramah di kantong wisatawan.

  • Biaya Masuk Rp. 5.000 (Lokal) Rp. 10.000 (Asing)
  • Parkir Motor Rp. 2.000
  • Parkir Mobil Rp. 5.000
  • Parkir Bis Rp. 10.000
  • Makanan dan Minuman Rp. 3.000 s/d Rp. 25.000

Jam Operasional Masuk Tebing Breksi

Pada umumnya wisata alam seperti Tebing Breksi dapat diakses selama 24 jam, namun disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini pada jam berikut :

  • Pagi Hari 07.00 s/d 10.00 WIB dikarenakan udara masih sejuk serta panas matahari belum menyengat.
  • Sore Hari 16.00 s/d 18.00 WIB suasana sore hari yang teduh serta menjelang matahari terbenam menjadi daya tarik unik di Tebing Breksi.
  • Malam Hari 18.00 s/d 21.00 WIB meskipun sedikit berbahaya menaiki tebing, namun suasana lampu di area Tebing Breksi memberikan kesan mendalam bagi para wisatawan.

Untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 , para pengunjung Tebing Breksi diharapkan megikuti beberapa aturan yang berlaku, seperti :

  • Telah melakukan vaksinasi lengkap.
  • Mengunakan aplikasi peduli lindungi saat masuk ke area wisata.
  • Mengunakan masker dan rajin mencuci tangan.
  • Menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Alamat dan Rute Menuju Tebing Breksi

Wisata alam Tebing Breksi sangat mudah untuk ditemukan, lokasi tepatnya yaitu berada di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka kamu dapat mengarahkan rute menuju ke Utara.

Ketika sampai di perempatan pasar prambanan, arahkan kendaraan menuju desa Sambirejo. Sepanjang perjalanan kamu juga akan melewati beberapa lokasi wisata lainnya seperti Candi Boko serta Candi Ijo. Karena medannya cukup terjal dan menanjak, pastikan mengunakan kendaraan yang masih teruji kelayakannya ya.

Nah, jika Kawan Jalan berminat dapat juga mengunjungi tempat wisata di sekitar Tebing Breksi  seperti Candi Ijo, Abhayagiri, Watu Langit Jogja Resto dan beberapa tempat wisata menarik lainnya. Seru sekali bukan? Jadi tunggu apalagi, Yuk ke Jogja!

Mari ceritakan indahnya dunia lewat sebuah tulisan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top