Connect with us

Kawanus.com

Taman Semeru, Alternatif Wisata Gratis di Probolinggo

Wisata Gratis di Taman Semeru (c) Erni/Kawanus

Taman Semeru, Alternatif Wisata Gratis di Probolinggo

Keberadaan Taman di beberapa kota berfungsi untuk menghadirkan udara segar di tengah polusi udara akibat kendaraan bermotor. Kota Probolinggo, kota yang mendapat julukan sebagai kota seribu taman ini memiliki beberapa taman yang layak dikunjungi. Tak kalah pentingnya, hampir semua taman di kota ini gratis.

Taman Semeru termasuk dalam RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang digagas oleh Pemerintah Kota Probolinggo untuk menyediakan ruang publik yang ramah lingkungan dan bisa dikunjungi oleh siapapun. Nama Taman Semeru diambil dari nama jalan lokasi tempat taman tersebut berada, yakni Jalan Semeru. Ciri khas dari Taman Semeru ialah tulisan Taman Semeru yang diberi warna merah putih.

taman semeru 2

Taman Semeru Saat Sore Hari (c) Erni/Kawanus

Daya Tarik Taman Semeru

Begitu memasuki area taman, susananya sangat sejuk dan bersih. Taman yang bernuansa hijau ini menjadi taman favorit anak muda. Saat siang hari, tampak siswa yang pulang sekolah banyak menghabiskan waktu disini. Ada yang sekedar nongkrong, membeli aneka kuliner murah maupun untuk taman baca.

Meski berada di tepi jalan, namun suasananya tergolong sepi karena tak banyak kendaraan yang berlalu-lalang. Jika ingin merasakan suasana sepi, bisa mengambil tempat hingga ujung taman. Pemandngan kebun jagung yang terletak di samping taman semakin menambah keindahan. Angin yang tergolong sejuk berasal dari area persawahan di sekitarnya. Cocok untuk dijadikan tempat diskusi karena situasinya mendukung.

taman semeru 3

Ikon Taman Semeru (c) Erni/Kawanus

Fasilitas Taman Semeru

Bagi Kawan Jalan yang ingin berolah raga, bisa memanfaatkan fasilitas jogging track di sepanjang Taman Semeru. Saat pagi hari, beberapa orang tampak melakukan aktivitas ini. Untuk menjaga keindahan taman, hindari menginjak rumput. Tersedia fasilitas cuci tangan agar tetap higienis.

Terdapat permainan anak-anak yang bisa membuat anak senang menghabiskan waktu lama disini. terdapat wahana bermain yang bisa dimanfaatkan, seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Area istirahat juga tersedia dalam bentuk tempat duduk yang berada di bawah pohon yang bisa digunakan untuk sarana membaca. Di sisi taman terdapat area air mancur. Sayang saat ini sudah tidak berfungsi lagi akibat pandemi untuk mengurangi kerumunan warga.

Tanpa biaya apapun, Kawan Jalan bisa menikmati fasilitas taman sepuasnya. Area parkirnya juga gratis dan luas. Namun jika membawa kendaraan pribadi, terutama roda dua kunci ganda kendaraan agar aman. Sayangnya belum tersedia area toilet dan musholla sehingga membuat pengunjung kurang nyaman dan bingung jika ingin menggunakan toilet.

taman semeru

Salah Satu Fasilitas Taman Semeru (c) Erni/Kawanus

Suasananya tergolong ramai saat akhir pekan. Di bagian depan taman ini banyak penjual aneka kuliner, seperti soto, cilok dan aneka jajanan lainnya yang ramah kantong. Mulai dari Rp5.000 sudah bisa menghalau dahaga dan lapar. Karena kondisi taman yang sangat bersih, pengunjung dihimbau untuk membuat sampah pada tempatnya. Uniknya terdapat tempat sampah yang dipisah berdasarkan jenisnya, seperti sampah basah dan sampah kering agar proses pembuangannya lebih ramah lingkungan.

Sayangnya saat malam hari penerangannya kurang sekali sehingga rawan tindak kejahatan. Lebih baik berkunjung di pagi hari hingga sore hari. Tidak ada jam operasional. Udara sejuknya sangat terasa saat pagi hari. Sedangkan saat sore hari bisa merasakan hangatnya udara dan angin.

Lokasi dan Akomodasi

Bagi Kawan Jalan yang tertarik untuk berkunjung, bisa berunjng dari pagi hingga sore hari. Lokasinya berada di Jalan  Semeru, Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menuju taman ini sangat mudah. Ketika memasuki gapura selamat datang kota Probolinggo, arahkan kendaraan menuju selatan tepatnya Jalan Raya Bromo sejauh 2 km lalu belok kiri menuju Jalan semeru sekiar 200 meter. Nantinya taman Taman Semeru berada di sisi selatan Jalan. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan bus umum dari arah jalur pantura Probolinggo. Lalu untuk tiba ke taman semeru bisa menggunakan angkutan kota.

Jika mengunjungi Taman Semeru, Kawan Jalan bisa menginap di Happy House. Penginapan budget yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu seperti dormitory, kamar double bed dan kamar dengan balkon. Fasilitasnya berupa kamar mandi, AC untuk beberapa jenis kamar serta bisa memasak sendiri seperi memasak mie dan membuat teh. Tarif per malanya sekitar Rp150.000. Yuk agendakan ke taman ini jika Kawan Jalan berkunjung ke Probolinggo!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top