Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Taman Abhirama, Taman Kota dengan Fasilitas Ramah Anak

Taman Abhirama Sidoarjo yang Asri dan Ramah Anak (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Taman Abhirama, Taman Kota dengan Fasilitas Ramah Anak

Taman sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah kota. Selain sebagai ruang terbuka hijau, keberadaan taman dengan fasilitas yang mumpuni dapat membantu terjaminnya aktivitas masyarakat. Tidak terkecuali di Sidoarjo, sebagai kota satelitnya Surabaya pemerintah Sidoarjo juga telah menambah keberadaan taman sejak 5 tahun terakhir ini. Salah satunya adalah Taman Abhirama yang berlokasi di Pondokjati, Pagerwojo, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Daya Tarik Taman Abhirama

processed with vsco with al1 preset

Suasana Asri di Taman Abhirama (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Sejak dibangun pada 2015 lalu, Taman Abhirama ini menjadi taman tematik pertama yang ada di Sidoarjo. Meskipun luasnya tidak sampai satu hektar namun keberadaan Taman Abhirama yang memanjang sepanjang Jalan Ponti ini cukup membantu suasana Sidoarjo menjadi lebih asri dan sejuk.

Saat memasuki Taman Abhirama ini Kawan Jalan akan disambut dengan suasana hijau dari pepohonan yang rindang. Di dalam taman ini juga terdapat kolam dengan air mancur yang semakin menambah kesegaran di tengah Sidoarjo yang hampir selalu panas. Di pinggir kolam kamu akan melihat sebuah gazebo yang letaknya dibuat seperti melayang dengan jembatan kecil yang cukup menjadi daya tarik taman ini.

Taman Abhirama 2

Air Mancur di Taman Abhirama (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Berjalan menyusuri taman semakin dalam Kawan Jalan akan melihat area playground yang cukup lengkap. Salah satu yang paling menarik adalah terdapat area playground dari kayu berbentuk seperti perosotan yang cukup besar. Area ini menjadi salah satu yang paling difavoritkan anak-anak. Tempatnya yang cukup luas membuat anak-anak sangat bebas bermain kesana-kemari bersama teman-temannya. Selain itu kamu juga akan melihat beberapa spot foto seperti kereta kencana, rumah kayu, dan lain-lain.

Sementara di area paling belakang kamu akan menemui tempat duduk berbentuk setengah lingkaran yang menyerupai tribun. Area duduk ini juga menjadi favorit pengunjung yang ingin bersantai sambil ngobrol bersama keluarga. Meskipun lokasinya yang berseberangan langsung dengan jalan raya, namun suasana di sini cukup kondusif dan nyaman untuk menikmati hari-hari bersama keluarga.

Taman Abhirama 5

Area Tempat Duduk (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Kawan Jalan bisa sejenak bersantai di sini sambil mengawasi anak-anak bermain di area playground. Sementar untuk kamu yang pergi sendirian bisa sekaligus sambil jogging saat pagi atau sore hari. Taman Abhirama ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Jadi kamu bisa bebas datang ke sini kapan pun, apalagi saat malam hari suasana di sini terlihat semakin semarak dengan adanya lampu taman warna-warni yang menambah keindahan taman ini.

Fasilitas di Taman Abhirama

Jika dibanding dengan taman di Sidoarjo lainnya, Taman Abhirama ini merupakan salah satu yang memiliki fasilitas cukup lengkap diantaranya seperti area playground yang luas, banyaknya gazebo dan kursi taman, jogging track, musala, warung makanan, toilet, area parkir, dan beberapa wastafel. Jadi tidak perlu khawatir jika datang ke sini dan tiba-tiba lapar karena sudah ada kios yang menjual aneka makanan, minuman, hingga ice cream.

Taman Abhirama 1

Area Playground (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Lokasi, Rute, dan Akomodasi

Untuk Kawan Jalan yang mau berlibur dan menikmati akhir pekan ke Taman Abhirama kamu tidak akan dikenai tiket masuk namun ada retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk pesepeda, Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Cukup terjangkau bukan?

Lokasi taman ini juga sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi kamu yang masih awam dengan rutenya bisa langsung pergi ke arah Cemengkalang, lurus hingga melewati Rumah Sakit Delta Surya, lurus hingga ada bundaran, ambil arah utara menuju Jl. Ponti. Ikuti jalan hingga menemukan Taman Abhirama di sebelah kiri jalan. Jika Kawan Jalan menggunakan kendaraan umum disarankan menggunakan ojek online saja, karena jalan menuju taman ini tidak dilalui angkot.

Taman Abhirama 4

Spot Foto Rumah Kayu (c) Nuryani Azizah/Kawanus

Untuk akomodasi terdapat Cordella Inn Sidoarjo yang beralamat di Jl K.H Mas’ud, Tiara Town Square, Jl. Raya Taman Tiara, Pagerwojo, Kecamatan Sidoarjo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. Tarif per malam menginap di sini dibanderol sebesar Rp295.000 dengan fasilitas berupa kamar ber-AC, restoran, akses free wifi, dan sarapan. Untuk keperluan reservasi Kawan Jalan bisa menghubungi ke (031) 99718888.

Yuk segera ajak keluarga untuk liburan ke Taman Abhirama. Selamat berkunjung!

Write! So the world might won't forget you.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top