Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Talaga Herang, Pesona Alam di Kaki Gunung Ciremai

talaga herang 1

Wisata

Talaga Herang, Pesona Alam di Kaki Gunung Ciremai

Hawa Sejuk di Talaga Herang (c) Dikwelah99/Kawanus

Talaga Herang, Pesona Alam di Kaki Gunung Ciremai

Talaga Herang adalah tempat wisata yang menyajikan pesona alam berupa danau yang indah, jernih, dan sangat mendamaikan jiwa setiap pengunjung yang datang ke sini. Dari letak geografisnya, objek wisata Talaga Herang berada di wilayah perbatasan beberapa desa. Di antaranya adalah Desa Jerukleueut, Desa Padaherang dan Desa Lengkong Kulon yang semuanya berada di satu kecamatan yakni Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sebelumnya, wilayah tersebut merupakan wilayah Kecamatan Rajagaluh. Air yang mengalir ke danau ini berasal dari sumber mata air Gunung Ciremai di ketinggian 3.078 mdpl ini merupakan kawasan hutan alam, terutama pada bagian atas dan bawahnya merupakan hutan produksi yang dikelola oleh Perhutani.

Asal Usul Talaga Herang

Nama Talaga Herang berasal dari bahasa Sunda, yaitu “telaga” berarti danau kecil, dan “herang” berarti jernih. Konon dasar danau ini berbentuk seperti periuk yang di tengahnya cekung dengan sebaran bebatuan alami. Kondisi air yang bersih dan jernih serta keindahan alam yang mempesona menambah suasana damai di dalam hati seperti berada di dalam hutan tropis.

talaga herang 3

Ikan-ikan Cantik di Talaga Herang (c) Dikwelah99/Kawanus

Saking jernihnya, ratusan ikan yang tersebar bebas di danau ini tampak sangat jelas. Uniknya, ikan di danau ini dilarang diambil karena selain konon terdapat mitos yang sudah melegenda di daerah tersebut, juga agar ikan-ikan yang ada di danau ini tetap lestari. Bagi pengunjung yang nekat menangkap ikan tersebut tentunya ada konsekuensi yakni akan dikenakan denda. Bagi pengunjung yang hobi berenang, dapat dengan bebas berendam sambil menikmati dinginnya air telaga dan ikan-ikan beraneka warna yang menggemaskan.

Lokasi dan Rute Menuju Talaga Herang

Untuk menuju lokasi ini, Kawan Jalan dapat berkendara sejauh 15 km dari pusat kota dengan waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar dua puluh menit. Pengunjung yang ingin datang ke Talaga Herang disarankan membawa kendaraan sendiri karena untuk menuju ke tempat ini tidak terdapat angkutan umum yang biasa mengantar wisatawan ke tempat tujuan selain menggunakan ojek. Wisatawan juga perlu berhati-hati saat memasuki objek wisata ini karena kondisi jalan yang sempit dan sedikit berlubang. Wisata alam Talaga Herang buka saban hari mulai jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB. Maka dari itu, datanglah lebih awal di pagi hari untuk pengalaman perjalanan yang tak terlupakan dan kepuasan liburan.

talaga herang 2

Kejernihan Air di Talaga Herang (c) Dikwelah99/Kawanus

HTM dan Fasilitas

Destinasi Talaga Herang merupakan satu dari banyak tempat wisata unggulan yang direkomendasikan untuk mengenal lebih dekat kota Majalengka yang dikenal sebagai kota yang menyimpan keindahan mempesona dan harga tiket masuk yang murah. Untuk menikmati pesona wisata alam ini, Kawan Jalan cukup membayar tiket masuk Rp5.000 saja setiap orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp6.000 untuk minibus atau mobil. Adapun fasilitas yang disediakan pengelola di antaranya adalah area parkir yang representatif, toilet, kamar mandi, wahana permainan air, spot foto, dan warung wisata.

Penginapan dan UKM

Jika Kawan Jalan ingin mendapatkan view dan suasana yang masih sangat sejuk dan segar, disarankan datang pada pagi hari. Nikmati pengalaman wisata tak terlupakan di sini baik bersama dengan teman, sahabat maupun keluarga. Jika ingin berkunjung ke wisata alam ini, harap membawa kamera dan baju ganti. Sayangnya, meski berada di daerah pegunungan dengan view yang menawan, objek wisata ini tidak menyediakan fasilitas penginapan.

talaga herang 4

Suasana Asri nan Sejuk di Tepi Danau (c) Dikwelah99/Kawanus

Kawan Jalan juga tidak akan menemukan toko yang khusus menjual oleh-oleh atau cinderamata. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir karena masih ada banyak pilihan hotel atau wisma yang lokasinya tidak jauh dari lokasi wisata atau sekitar 17 km saja. Anda bisa bermalam di Hotel Fitra Majalengka yang lokasinya hanya sekitar tujuh menit saja berjalan kaki dari Taman Dirgantara. Hotel Fitra juga tidak jauh dari beberapa lokasi wisata menarik lainnya di kota Majalengka, di antaranya; Wisata Paralayang dan Air Terjun Sempong dengan waktu tempuh hanya 17 menit.

Nah, untuk berburu kuliner atau oleh-oleh, pengunjung dapat mampir ke Toko Souvenir Ibu Popon yang terletak di Jalan Raya Laswi, Tonjong, Majalengka. Jadi, tunggu apalagi? Segera luangkan waktu Anda bersama keluarga atau sahabat untuk pelesiran ke objek wisata yang satu ini. Selain biaya yang dikeluarkan sangat ekonomis, berwisata ke Talaga Herang juga dapat melepas kepenatan kamu sekaligus sebagai self-healing setelah berhari-hari berjibaku menyelesaikan tugas-tugas kantor atau pekerjaan rumah yang selalu menumpuk.

Sapienus Travelerus

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top