Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Serunya Belajar Sejarah di Museum Perjuangan Bogor

museum perjuangan bogor 2

Wisata

Serunya Belajar Sejarah di Museum Perjuangan Bogor

Foto via Google maps/Harry HD

Serunya Belajar Sejarah di Museum Perjuangan Bogor

Bogor merupakan salah satu kota hits di kalangan para wisatawan. Bogor selalu saja menyuguhkan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Memiliki pesona keindahan alam, udara segar, dan tentunya Bogor selalu menyimpan berbagai cerita menarik di baliknya. Tidak heran di Kota Hujan ini kita juga akan menemukan beberapa tempat bersejarah.

Tempat bersejarah yang ada di Bogor cukup beragam. Tempat tersebut disuguhkan dalam bentuk situs sejarah, taman, maupun museum. Bicara soal museum, ada banyak museum yang bisa kita temukan di Bogor. Mulai dari museum yang membahas mengenai flora dan fauna, museum kebudayaan, dan museum para pahlawan.

Mengenang Sejarah di Museum Perjuangan Bogor

Untuk menambah edukasi mengenai perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan, Kawan Jalan bisa mengunjungi salah satu museum hits yaitu Museum Perjuangan Bogor. Museum ini berdiri pada tahun 1957 sebagai bentuk penghargaan atas para pahlawan yang gugur. Sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, gedung ini digunakan sebagai gudang penyimpanan hasil bumi, kemudian berubah fungsi menjadi ruang tahanan, dan saat ini gedung ini resmi menjadi Museum Perjuangan Bogor yang mampu memberikan banyak edukasi pada para wisatawan.

Museum Perjuangan ini memiliki banyak koleksi persenjataan mulai dari bambu runcing sampai beberapa senapan. Bahkan ada beberapa senapan milik bangsa Inggris dan Jepang yang masih ada sampai saat ini. Lalu kita juga akan melihat beberapa koleksi mata uang pada masa VOC.

museum perjuangan bogor 1

Foto via Google Maps/Karin Dina

Koleksi di Museum Perjuangan Bogor

Di sudut-sudut dinding Museum Perjuangan Bogor juga tersusun rapi lukisan suasana Bogor pada tahun 1950-an. Bahkan kamu juga bisa menemukan beberapa patung yang dilengkapi dengan seragam loreng. Tidak hanya itu, di lantai dua terdapat beberapa pakaian para pejuang yang masih memiliki noda darah. Salah satu koleksinya yang mampu menarik perhatian para wisatawan yaitu pakaian tersebut yang memiliki aroma amis sehingga membuat bergidik ngeri.

Selain itu ada juga koleksi-koleksi lainnya seperti mesin ketik, topi perang, miniatur kendaraan perang, dan masih banyak lagi. Biasanya Museum Perjuangan Bogor ini dikunjungi oleh para pelajar untuk menambah pengetahuan seputar peristiwa sejarah menjelang kemerdekaan Indonesia. Namun ada juga wisatawan dari beberapa kota bahkan turis asing datang ke sana untuk melihat keunikan museum tersebut.

Wisatawan yang ingin kulineran bisa mencoba beberapa kulineran yang ada di depan pintu masuk Museum Perjuangan Bogor. Makanan yang ada di sana cukup beragam mulai dari kebab, soto mie, nasi goreng, es krim, dan masih banyak lagi.

museum perjuangan bogor 3

Foto via Google Maps/Zzaakkyy

Fasilitas dan HTM

Fasilitas lainnya yang ada di Museum Perjuangan Bogor ini yaitu tempat ibadah, lahan parkir, toilet, area teater, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke Museum Perjuangan Bogor ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Kamu juga akan dikenakan parkir sebesar Rp3.000 setiap kendaraan. Untuk wisatawan yang datang secara beramai-ramai bisa reservasi terlebih dahulu melalui 02519135879. Biasanya jika datang secara beramai-ramai kita akan diberikan potongan harga untuk tiket masuknya.

Lokasi dan Rute

Wisatawan yang ingin mengunjungi Museum Perjuangan Bogor ini bisa datang ke Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Kampung Parung Jambu, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Jika dari arah pusat Kota Bogor kita bisa menuju ke Jalan Ir. H. Juanda ke arah Jalan Perintis Kemerdekaan. Dari sana kita masuk ke Jalan Merdeka. Lokasinya berhadap dengan Mall PGB sehingga mudah ditemukan. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Bogor sekitar 10 menit perjalanan.

Wisata museum ini buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Memiliki jam operasional yang lebih lama dari museum lainnya yang ada di Bogor membuat Museum Perjuangan Bogor ini selalu ramai dikunjungi.

Kawan Jalan yang ingin menginap bisa mengunjungi Hotel Salak The Heritage yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No.8, RT.01/RW.01, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Jarak tempuhnya sekitar 5 menit perjalanan dari Museum Perjuangan Bogor. Sementara itu, untuk tarif penginapan sendiri dibanderol mulai dari Rp700.000 sampai dengan Rp950.000 per malam. Kawan Jalan juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui 02518373111.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top