Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Puncak Botorono, Cantik di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

puncak botorono 3

Wisata

Puncak Botorono, Cantik di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

Foto via Google Maps/Noveri tahalea

Puncak Botorono, Cantik di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

Sampai saat ini, wisata perbukitan memang masih sangat digandrungi oleh banyak orang terutama kawula muda. Pemandangan berupa hamparan pepohonan nan hijau serta kota yang berada di bawahnya, menjadi alasan tersendiri untuk pengnjung datang ke sini. Nah bicara soal perbukitan, Jawa Tengah bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi Kawan Jalan nih. Salah satunya adalah Puncak Botorono, sebuah bukit yang berada di lereng Gunung Sumbing.

Meskipun demikian, kamu yang menyaksikannya sendiri seolah-olah akan melihat bukit ini berada di antara Gunung Sumbing dan Sindoro. Disebut juga Bukit Botorono, berada di Kampung Petarangan 3, Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Daya Tarik Puncak Botorono

Wisata Puncak Botorono sendiri masih dibuka selama 24 jam penuh setiap harinya, jadi Kawan Jalan bisa memilih sesuka hati kapan waktu akan berkunjung ke sini. Mau siang hari saat pemandangan masih terlihat jelas atau melihat indahnya gemerlap kota di malam hari pun sama-sama memiliki keindahan tersendiri. Saat siang hari, kalian bisa menyaksikan indahnya pepohonan dan sawah-sawah milik warga. Tak lupa juga pemandangan akan gagahnya Gunung Sindoro dan Sumbing yang tak kalah menarik, tampak dekat seakan berada di depan mata.

puncak botorono 2

Foto via Instagram.com/bliezz.zz

Berada pada ketinggian 1.300 mdpl, sudah pasti di lokasi ini udaranya sangat sejuk. Untuk menyaksikan pemandangan sekitar, terdapat fasilitas berupa gardu pandang yang menjadi salah satu spot foto menarik di tempat ini. Selain gardu pandang, di sini juga terdapat spot lain berupa kincir angin.

Sangat instagramable, kalian bisa berselfie ria sepuasnya di wisata Puncak Botorono ini. Tak kalah menarik, pihak pengelola wisata Puncak Botorono juga menyediakan banyak tempat duduk sekaligus meja lengkap dengan payung tamannya. Dan gak usah takut kepanasan, karena kalian bisa beristirahat sambil berteduh di gazebo.

HTM dan Fasilitas Puncak Botorono

Sayangnya, pihak pengelola wisata Puncak Botorono belum menyediakan fasilitas penunjang lainnya seperti tempat makan dan tempat ibadah. Jadi kalian terpaksa harus mencari sendiri di dekat perumahan warga. Jarak dari tempat parkir menuju bukit ini adalah sekitar 2 kilometer, di mana tempat parkirnya adalah halaman rumah warga setempat. Jalan menuju wisata pun terbilang cukup mudah, yakni berupa jalan setapak dan anak tangga.

Tak perlu khawatir saat hujan, karena jalanan menuju ke atas sudah disemen. Dan bagi kalian yang tidak ingin capek, terdapat pihak penyedia ojek yang siap mengantar kalian ke atas, begitu pun dari atas yang ingin turun ke bawah. Cukup Rp15.000 saja untuk naiknya, dan Rp10.000 untuk turun. Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah sebesar Rp5.000 saja dengan parkor sebesar Rp2.000 per kendaraan.

Bagi Kawan Jalan yang ingin bermalam di tempat, pihak pengelola Puncak Botorono juga telah menyediakan fasilitas berupa peralatan camping. Biayanya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp35.000 untuk sewa tempat, Rp90.000 untuk sewa tenda dan matras, serta Rp30.000 untuk sewa kompor nesting.

puncak botorono

Foto via Instagram.com/yudha_jayasuprana

Lokasi dan Rute

Berdasarkan nama Kecamatan Kledung, kalian tentunya tahu bahwa terdapat tempat wisata lain yang juga berlokasi di kecamatan ini. Beberapa di antaranya adalah Embung Kledung, Jembatan Sigandul, Wisata Alam Posong dan masih banyak lagi.

Dari lokasi wisata Embung Kledung, jaraknya sekitar 7,1 kilometer. Sedangkan dari Jembatan Sigandul berjarak sekitar 3,9 kilometer dan dari Wisata Alam Posong adalah sekitar 8 kilometer saja. Desa Petarangan merupakan sebuah desa yang letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau. Untuk menuju ke sini, kalian harus melewati jalan Parakan – Wonosobo, jaraknya hanya sekitar 6,3 kilometer dari Kecamatan Parakan.

Sedangkan dari Kabupaten Wonosobo, jaraknya sekitar 25 kilometer. Untuk bisa berada di atas puncak, Kawan Jalan harus memasuki gerbang Desa Petarangan dan melewati beberapa rumah warga sebelum akhirnya memarkirkan kendaraan.

Bagi yang tidak ingin menginap di camping, kalian bisa mencari hotel yang dekat dengan lokasi Puncak Botorono. Salah satunya ada Dieng Kledung Pass Hotel. Berada di Jalan Raya Parakan – Wonosobo Km. 17, Reco, Kertek, Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan harga mulai dari Rp350.000, kalian sudah bisa menginap di hotel nan asri dengan view Gunung Sindoro dan Sumbing ini. Terdapat banyak fasilitas berupa kolam renang, sarapan, Wi-Fi dan tentunya tempat parkir.

Terus berkarya

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top