Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Prasasti Ciaruteun, Bukti Eksistensi Kerajaan Tarumanegara

prasasti ciaruteun 3

Budaya & Sejarah

Prasasti Ciaruteun, Bukti Eksistensi Kerajaan Tarumanegara

Foto via Google Maps/Riyadh Hidayat

Prasasti Ciaruteun, Bukti Eksistensi Kerajaan Tarumanegara

Sejarah bagi beberapa orang terkesan membosankan padahal dalam sejarah banyak nilai dan pembelajaran yang bisa kita dapatkan. Sejarah tidak hanya terdapat dalam sebuah buku tetapi kita juga dapat melihatnya sebagai bukti bahwa sebuah kejadian atau fenomena masa lampau memang benar-benar pernah terjadi. Bukti-bukti sejarah tersebut di simpan di sebuah tempat yang dinamakan dengan museum. Mendengar kata museum tentu terdengar tida menarik. Namun, perlu Kawan Jalan ketahui bahwa museum adalah sebuah tempat yang menyenangkan untuk belajar sejarah.

Di bangku sekolah Kawan Jalan pasti pernah mendengar sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini terletak di Jawa Barat sebelah Barat atau yang saat ini dikenal dengan Bogor, Banten dan sekitarnya. Kerajaan ini termasuk salah satu kerajaan besar yang ada di Indonesia apalagi pada masa kepemimpinan Raja Purnawarman.

Sekilas Sejarah Prasasti Ciaruteun

Bukti bahwa Kerajaan ini pernah berdiri di tanah Jawa Barat karena ditemukannya sebuah prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Ciaruteun atau Prasasti Citarum. Prasasti ini ditemukan pada tahun 1863. Dulu ada seorang warga yang sedang memancing ikan di Sungai Ciaruteun, warga itu tidak mengira bahwa sebongkah batu tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Tetapi karena adanya tulisan di sebuah batu tersebut, batu itu pun akhirnya di bawa naik ke atas permukaan. Pada tahun-tahun tersebut, tempat itu ramai dikunjungi karena banyaknya orang yang antusias atas penemuan tersebut. Bahkan saat ini, tempat tersebut juga dijadikan sebagai tempat edukasi yang dibuka secara umum.

prasasti ciaruteun

Foto via Google maps/infobogor

Kerajaan Tarumanegara sendiri merupakan kerajaan yang bercorak Hindu. Di sebuah batu yang memiliki tinggi 151 cm, berdiameter atas 72 cm, dan diameter bawah 134 cm itu memberikan sebuah informasi bahwa dahulu kala pernah berdiri Kerajaan Tarumanegara dengan Rajanya Purnawarman dan Dewa Wisnu sebagai dewa yang dipujanya.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara di Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun ini berisi mengenai trobosan-trobosan besar yang dilakukan oleh Raja Purnawarman. Di sana ditulis beberapa kemajuan pada Kerajaan Tarumanegara. Bahkan di batu tersebut juga terdapat sebuah gambar telapak kaki Raja Purnawarman. Setelah diterjemahkan, di bawah telapak kaki yang bertuliskan Bahasa Sansakerta dan Bahasa Pallawa tersebut memiliki arti “Inilah sepasang (telapak) kaki, yang seperti (telapak) kaki Dewa Wisnu, ialah telapak kaki Yang Mulia Purnawarman, raja di Negara Taruma, raja yang gagah berani di dunia.”

Karena letaknya di ujung barat Kota Bogor, situs Prasasti Ciaruteun ini tidak terlalu dikenal banyak orang. Tetapi bagi kalangan sejarawan dan penganut agama Hindu, banyak orang-orang datang ke sana untuk melakukan penelitian dan mengapresiasikan kehebatan Raja Purnawarman. Situs ini berada di perkampungan yang lokasinya tidak jauh dengan Sungai Ciaruteun. Bagi wisatawan yang sedang berada di Bogor, mengunjungi situs ini menjadi rekomendasi untuk menambah edukasi.

prasasti ciaruteun 2

Foto via Google Maps/Asep T Mahpud

Ketika sampai di sana, Kawan Jalan akan disambut oleh pemandangan Kota Hujan yang memukau. Rindangnya pepohonan tentu saja membuat wisatawan semakin betah berada di sana. Selain wisata sejarah, kawasan ini juga dikenal dengan segudang wisata alamnya yang terkenal. Sambil berlibur ke Prasarti Ciaruteun, kita juga bisa mampir ke beberapa tempat menarik yang ada di sana seperti air terjun, perbukitan, waterpark, dan lainnya. bahkan ada juga beberapa tempat kulineran yang tidak jauh dari Prasasti Ciaruteun. Kita bisa mencoba beberapa makanan seperti mie ayam, bakso, soto mie, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Meskipun fasilitas yang ada di Prasasti Ciaruteun ini kurang memadai, datang ke sana tentu saja akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi bagi wisatawan yang menyukai sejarah.

Lokasi dan Akomodasi

Lokasinya terletak di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Dari pusat kota Kawan jalan bisa memusatkan arah ke Jalan Raya Ciampea. Jarak tempuhnya sekitar 45 menit perjalanan. Untuk masuk ke situs ini tidak akan dikenakan tarif sepeserpun alias gratis. Situs Prasasti Ciaruteun juga dibuka selama 24 jam.

Kawan Jalan yang perlu penginapan bisa mengunjungi Hotel Duta Berlian yang terletak di Jalan Raya Dramaga atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Tarifnya mulai dari Rp250.000 sampai dengan Rp.400.000 tergantung dengan fasilitas yang kamu inginkan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

To Top