Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Pesona Pantai Mesra, Cantiknya Bikin Gak Bisa Lupa!

Wisata

Pesona Pantai Mesra, Cantiknya Bikin Gak Bisa Lupa!

Foto via instagram.com/arif_josselalu

Pesona Pantai Mesra, Cantiknya Bikin Gak Bisa Lupa!

Mendengar kata Gunung Kidul, hal yang pertama kali terbayangkan adalah hamparan Pantai berpasir putih yang begitu indah. Terletak diantara deretan Pantai Krakal, Kukup dan Indrayanti, kini muncul Pantai baru yang bernama Pantai Mesra.

Pantai Mesra atau yang disebut juga dengan Pantai Ngrawe adalah obyek wisata baru yang mengabungkan antara hangatnya pasir Pantai dengan teduhnya pepohonan di taman. Berbeda dengan Pantai lainnya, Pantai Mesra menawarkan fasilitas berupa taman hijau dipingir Pantai dimana terdapat kursi dan ayunan yang dapat digunakan untuk menghabiskan senja sembari menikmati matahari terbenam.

Foto via Google Maps/Mas Prenagen

Alasan Harus Mengunjungi Pantai Mesra

Seperti yang sudah dikenal, Gunung Kidul memiliki deretan Pantai yang memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Jika Pantai Krakal dan Kukup khas dengan Pantai yang penuh dengan karang, maka Pantai Mesra memiliki keunikan tersendiri dengan adanya konsep taman yang terletak di pingiran Pantai.

Masuk kedalam kawasan Pantai, kamu akan disuguhi hamparan rumput hijau yang dikelilingi oleh pohon cemara dan rumpun pandan. Berjarak sekitar 500 meter dari Pantai, kamu dapat berkeliling disekitar taman atau sekedar duduk-duduk pada bangku bernuansa putih yang cantik sambil menikmati angin sepoi-sepoi sambil mendengarkan suara deburan ombak yang menenangkan.

Foto via instagram.com/masyahri

Bagi Kawan Jalan yang ingin berkunjung bersama keluarga dapat pula bercengkerama di Gazebo yang terletak di pinggiran taman. Tak hanya disuguhi keindahan birunya laut, Pantai Mesra juga memanjakan mata dengan pemandangan bukit batu yang gagah.

Pantai Mesra merupakan Pantai yang ramah anak, pasirnya putih bersih serta ombaknya cukup landai dan tenang. Tak hanya dapat membuat istana pasir, anak-anak pun dapat menyusuri bibir Pantai sembari mengumpulkan kerang dan ikan kecil.

Foto via instagram.com/prima_bagas

Fasilitas Pantai Mesra

Meskipun tergolong Pantai yang baru dibuka di tahun 2019 , Pantai Mesra kini sudah memiliki fasilitas wisata yang lengkap seperti lahan parkir yang luas, mushola, toilet, gazebo, warung makan dan penginapan. Baru diresmikan di awal pandemi, prasarana di Pantai Mesra terbilang masih baru dan bersih.

Tak hanya digunakan sebagai lokasi piknik bersama keluarga, Pantai Mesra juga kerap digunakan untuk foto pre-wedding, foto majalah serta foto berbagai produk. Pantai Mesra adalah Pantai yang sangat instagramable, sehingga paling banyak menarik minat para kaum muda.

Jam Operasional Pantai Mesra

Selayaknya Pantai di kawasan Gunung Kidul, Pantai Mesra terbuka selama 24 jam. Walaupun sempat ditutup pada masa PPKM, kini Pantai Mesra dapat sudah bisa dikunjungi kembali namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pada hari biasa jumlah pengunjung di Pantai Mesra berkisar antara 30-100 orang. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu bisa mencapai 300 orang yang berasal dari dalam kota maupun dari luar kota Yogyakarta.

Foto via instagram.com/prima_bagas

Lokasi Pantai Mesra

Perjalanan dari kota Yogyakarta, untuk menuju Pantai Mesra membutuhkan waktu sekitar 90 menit dengan mengunakan kendaraan bermotor. Rute yang dilalui adalah melalui jalan Imogiri menuju ke arah Wonosari kemudian menuju arah Panggang.

Setelah sampai di Panggang, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Ngepung. Pantai pertama yang akan dilewati adalah Pantai Baron, kemudian Pantai kedua adalah Pantai Mbuluk. Ketika sampai di persimpangan, ambil jalan menuju Pantai Ngrawe maka sampailah ke Pantai Mesra.

Merupakan jalan utama menuju kompleks wisata Pantai, akses untuk sampai ke Pantai Mesra rute terbilang cukup mudah. Karna terdapat berbagai petunjuk arah yang jelas, jalan sudah beraspal serta fasilitas yang cukup lengkap di sepanjang jalan seperti pom bensin, toko serta mushola.

Tiket Masuk Pantai Mesra

Untuk bisa menikmati keindahan panorama di Pantai Mesra, Kawan Jalan hanya perlu membayar biaya retribusi berikut ini :

Tiket Masuk: Rp10.000
Parkir Sepeda Motor: Rp3.000
Parkir Mobil: Rp5.000
Toilet: Rp2.000
Makanan: Mulai dari Rp 5.000

Akomodasi Pantai Mesra

Untuk berwisata ke Pantai Mesra, kamu dapat mengunakan motor maupun mobil pribadi. Jika ingin beramai-ramai dapat pula mengunakan mini bus maupun bus antarkota. Namun, jika tidak ingin repot kamu dapat memanfaatkan jasa taksi online maupun persewaan mobil yang disediakan oleh guide-guide lokal disana. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, berwisata ke Pantai Mesra!

Mari ceritakan indahnya dunia lewat sebuah tulisan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top