Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Pemandian Taman Sari, Pemandian Legendaris yang Masih Alami

pemandian taman sari

Budaya & Sejarah

Pemandian Taman Sari, Pemandian Legendaris yang Masih Alami

Suasana Pemandian Taman Sari yang Teduh (c) Erni/Kawanus

Pemandian Taman Sari, Pemandian Legendaris yang Masih Alami

Wisata alam saat ini sudah hampir langka ditemui. Keindahan yang terbentuk dari proses alam memiliki pesona tersendiri. Salah satunya, proses terbentuknya mata air. Air yang jernih dan selalu mengalir membuat siapapun takjub karena tak terbatas jumlahnya. Kumpulan mata air ini biasanya mementuk kolam alami seperti pemandian misalnya. Berkunjung ke Pemandian Taman Sari yang berlokasi di Probolinggo ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menenangkan pikiran.

Kondisinya bersih suasananya sangat sejuk karena terletak di tengah area persawahan. Tempat ini ramai sebagai tempat nongkrong anak muda saat siang hari, terutama setelah pulang sekolah. Banyak pepohonan yang teduh sehingga membuat suasananya sejuk. Airnya sangat jernih namun karena ada efek bias dari pohon di sekitarnya jadi warna kolam pemandian cenderung berwarna kehijauan. Diperbolehkan untuk masuk ke dalam air, namun dihimbau tidak mencemari kondisi pemandian dengan bahan kimia. Merasakan dinginnya air pemandian ini terasa berbeda karena langsung dari sumber mata airnya.

Sekilas Sejarah Pemandian Taman Sari

Pemandian Taman Sari menurut beberapa cerita dari warga sekitasr masih berubungan dengan situs sejarah padusan yang ada kaitannya dengan Candi Jabung yang merupakan cagar budaya di Probolinggo. Nawang Sari, Nawang Sito, dan Nawang Wulan yang merupakan putri dari Prabu Siliwangi kerap singgah dan mandi di tempat ini. Adanya pohon beringin yang masih berdiri kokoh selama ratusan tahun menjadi bukti bahwa hingga saat ini tempat ini dianggap keramat dan wajib menjaga sikap ketika berkunjung.

pemandian taman sari 2

Pohon beringin ratusan tahun dan masih kokoh (c) Erni/Kawanus

Fasilitas Pemandian Taman Sari

Tersedia toilet gratis dan gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai sambil melihat pemandnagan mata air yang selalu mengalir jernih. Selain itu, ada kedai yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Jadi kawan Jalan bisa menikmati kejernihan mata air sambil menyeruput kopi. Spot berfoto terletak di sekitar pohon beringin yang memiliki latar pemandangan kolam pemandian dan sawah yang hijau.

Sekitar kolam Pemandian Taman Sari juga difasilitasi bangku kayu yang bisa digunakan untuk tempat memancing. Namun umumnya para pemancing lebih memilih di sekitar kolam agar bisa mendapatkan ikan yang lumayan banyak. Untuk area parkir hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk dan tidak dikenakan biaya retribusi. Sedangkan jika membawa kendaraan roda empat bisa parkir di samping pagar tempat wisata. Namun pastikan parkir tidak menutupi jalan dan kunci kendaraan secara ganda agar aman.

Pemandian Taman Sari bisa jadi pilihan wisata gratis bagi Kawan Jalan saat berkunjung ke Probolinggo. Cocok untuk dikunjungi oleh siapapun, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Untuk para orang tua yang membawa anak-anak harus tetap dalam pengawasan. Meski kondisi pemandian yang dangkal namun bisa membahayakan jika tak bisa berenang. Sepanjang perjalanan kamu akan disguhkan pemandangan sawah yang asri. Gemericik sumber mata air yang merdu dan anyak bebek yang berbaris rapi di sekitar pemandian semakin menambah suasana desa. Meski berkunjung saat siang hari, suasananya sangat teduh.

pemandian taman sari 3

Gerbang Masuk Pemandian Taman Sari (c) Erni/Kawanus

Lokasi dan Jam Operasional

Pemandian Tamansari terletak di Dusun Krajan, RT 01 RW 01 Desa Tamansari, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Untuk menuju tempat ini membutuhkan kendaraan pribadi karena akses jalannya yang terletak di desa. Aksesnya cukup mudah. Melalui Jalan raya pantura kemudian menuju ke Jalan Sukolilo sekitar 5 km. Nantinya akan mudah ditemukan dengan adanya gerbang utama berwarna merah muda.

Jam operasional dari jam 07.00 – 16.00 WIB. Tidak ada tiket masuk. Ada beberapa peraturan tertulis yang harus dipatuhi di Pemandian Taman Sari, diantaranya dilarang membuang samaph di kolam dan merusak tanaman, dilarang berbuat tindak asusila, dilarang membawa senjata tajam dan tak kalah pentingnya dilarang membawa dan mengonsumsi minuman keras mengingat di tempat tersebut suasana cenderung sepi sehingga berpotensi dibuat tempat mabuk oleh para anak muda. Saat ini kondisinya sudah aman dan nyaman dijadikan sebagai tempat wisata

Akomodasi Terdekat

Jika ingin menginap, bisa ke Hotel Saragi yang terletak di Jalan Raya Pantura No.2, Krajan, Kebonagung, Kec. Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jaraknya hanya 2 km dan membutuhkan waktu 10 menit saja. Fasilitasnya terdiri dari kamar nyaman, toilet pribadi dan sarapan. Tarif per malamnya mulai dari Rp250.000.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top