Connect with us

Kawanus.com

Pantai Pesona, Sejumput Keindahan di Pelosok Probolinggo

Hamparan Pantai Pesona (c) Erni/Kawanus

Pantai Pesona, Sejumput Keindahan di Pelosok Probolinggo

Berwisata ke pantai umumnya bertujuan untuk mencari ketenangan dari hiruk pikuknya kegiatan. Namun semakin terkenal wisata pantai, akan akan semakin ramai oleh pengunjung. Maka berkunjung yang pantai yang tenang merupakan pilihan yang tepat. Jika Kawan Jalan ingin berlibur hemat dan tenang, bisa berkunjung ke Pantai pesona. Wisata yang dikelola oleh pemerintah desa ini bertujuan untuk menyediakan tempat berwisata gratis. Pantai Pesona yang terletak di wilayah Dringu, Kabupaten Probolinggo ini suasananya benar-benar alami dan tenang. Meski terletak di pelosok desa, namun tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang viral.

Kawan Jalan bisa merasakan sejuknya udara laut dan udara pepohonan yang menyatu. Kondisi ombaknya yang tenang membuat siapapun ingin berenang. Namun tetap berada di tepi pantai agar tetap aman. Jika sedang pasang, airnya berwarna biru. Sedangkan jika surut berwarna kecokelatan karena membawa lumpur dari arah pasir pantai. Kondisi pantai yang surut memungkinkan para pengunjung pantai bisa mencari hewan laut, seperti kerang dan bintang laut.

pantai pesona 3

Pemandangan Sepanjang Pantai Pesona (c) Erni/Kawanus

Daya Tarik Pantai Pesona

Meski terletak di pelosok desa, justru menjadi daya tariknya. Berawal dari laut yang sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata, maka dibuatlah Pantai Pesona. Karena belum terlalu banyak pengunjung, jadi keindahan pantainya masih terjaga.

pantai pesona

Tepi Pantai Peona (c) Erni/Kawanus

Begitu memasuki area pantai suasana sejuk akan langsung terasa. Banyak pohon tinggi di sekitar yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Terdapat dua sumber mata air yang bisa kawan jalan nikmati . Sisi sebalah barat terdapat sumber mata air yang terbelah manjadi dua, jadi seolah-oleh pantai ini memiliki dua bagian yang bermuara pada satu sumber mata air. Karena kondisinya yang sangat sepi, bisa digunakan untuk mengambil foto yang ciamik dengan leluasa. Kondisi pantainya sangat tenang dan ramah anak sehingga cocok jika dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

Fasilitas dan Jam Operasional Pantai Pesona

Terdapat gazebo yang bibir pantai yang bisa digunakan untuk bersantai. Pantainya sangat teduh, jadi meskipun sinar matahari sedang terik namun tetap nyaman. Jika kondisi pantai sedang surut bisa menyeberang hingga ke tengah laut. Fasilitasnya belum terdapat toilet, sehingga jika berenang tidak bisa membilas tubuh dengan bersih.

Di sisi lain tepi pantai, terdapat ornamen ban bekas yang biasa dijadikan sebagai tempat berfoto para pengunjung. Selain itu, terdapat bebatuan yang ditata dengan apik semakin menambah keindahan pantai. Pasir pantainya cenderung berwarna abu. Karena sepi, kamu bisa mengambil foto seindah mungkin disini. Sayangnya belum tersedia restoran atau orang yang berjualan.  Jadi setiap pengunjung diharuskan untuk mmmbawa bekal sendiri. Jika Kawan Jalan berkunjung ke Pantai Pesona, harap menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk masuk ke area Pantai Pesona tidak dikenakan biaya apapun, termasuk tarif parkir yang gratis. Sayangnya hanya motor yang bisa parkir hingga di bibir pantai karena akses jalannya yang cukup sempit dan terjal. Meski situasinya aman, pastikan mengunci kendaraan secara optimal di sekitar pantai. Sedangkan untuk mobil bisa parkir di ujung jalan. Jam operasional mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Berkunjung saat pagi hari dan sore hari merupaan pilihan yang tepat karena bisa merasakan hangatnya sinar matahari dan mendapatkan foto dengan pemandangan yang bagus.

pantai pesona 2

Ornamen ban bekas yang juga berfungsi sebagai pengahalang abrasi (c) Erni/Kawanus

Lokasi dan Rute

Untuk menuju ke pantai pesona harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang mengarah ke pantai. Karena areanya yang cukup sepi, diharapkan tidak berkunjung ke Pantai Pesona di menjelang matahari terbenam untuk menghidari tindak kejahatan. Terletak di Dusun Grogol, Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk menuju ke Lokasi. Bisa dimulai dari jalur pantura melalui Jalan Raya Panglima Sudirman kabupaten Probolinggo. Lalu belok kiri ke arah Jalan Pantai sejauh 5 km. Kemudian menuju Jalan Pegadaian lalu ke arah Jalan Daendels. Rute terakhir ialah melewati area perumahan sekitar 500 meter.

Penginapan terdekat yang bisa Kawan Jalan tuju jika ingin menginap ialah Hotel Surya Utama yang berlokasi di Jalan Raya Dringu Nomor 12 Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Penginapan ekonomis hanya dengan Rp.100.000/malam. Tentu fasilitas yang ditawarkan sesuai budget, seperti tempat tidur, kipas angin, toilet  dan area parkir. Lokasinya srategis karena sangat dekat dengan jalan raya. Untuk reservasi bisa menghungi nomor  082142299301.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top