Connect with us

Kawanus.com

Pantai Niyama, Private Beach dengan Seribu Keindahan

pantai niyama 4

Wisata

Pantai Niyama, Private Beach dengan Seribu Keindahan

Foto via google maps/Santoso Hardiyansah

Pantai Niyama, Private Beach dengan Seribu Keindahan

Pesona pantai jika dikulik tidak ada habisnya. Jumlah pesonanya bagaikan seribu keindahan. Laut yang membiru, pohon-pohon rindang, pasir putih yang lembut, dan deretan perbukitan adalah sebagain kecil keindahan yang akan kamu temukan di pantai.

Tulungagung adalah kota yang kaya akan wisata pantai, salah satunya bernama Pantai Niyama. Pantai ini merupakan pantai yang masih sepi, namun keindahannya tidak usah diragukan lagi.

Lokasi Pantai Niyama

Pantai Niyama berlokasi di Tumplak, Besuki, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai yang berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tulungagung. Untuk jaraknya, pantai ini mempunyai jarak kurang lebih 29 km dari pusat kota dengan akses jalannya yang sangat mudah dan sudah bisa dilalui kendaraan motor dan juga mobil.

Sekilas Tentang Pantai Niyama

Penjelasan singkat mengenai Pantai Niyama ini dimulai dari sisi sejarah penamaan. Penamaan nama ini berasal dari bahasa Jepang. Kata Ni berarti dua dan Yama berarti gunung, sehingga bisa diartikan bahwa pantai ini berada di antara dua gunung. Pantai ini merupakan pantai yang tergolong masih sepi pengunjung, sehingga banyak yang menjuluki tempat ini private beach.

pantai niyama

Foto via Google Maps/Devi Kusuma Wardani

Ketika kamu sudah sampai di pantainya, kamu akan langsung disambut tulisan “Pantai Niyama” dengan huruf warna-warni. Dari sini kamu juga bisa menyaksikan betapa luasnya hamparan pasir dari Pantai Niyama. Untuk warna pasirnya berwarna putih sedikit gelap dan untuk airnya sangat jernih kebiruan. Pemandangan Pantai Niyama sangatlah memukau. Deretan pegunungan hijau seperti menghimpit pantai. Perahu-perahu yang tergeletak dan aktivitas nelayan yang sedang bekerja akan banyak kamu saksikan di sini. Untuk suasana di pantai ini sangatlah sejuk dan bikin nyaman. Jernihnya udara ini dihasilkan dari banyaknya tumbuhan yang tumbuh rimbun di sekitar pantai.

Pantai ini dikenal sebagai private beach dengan seribu keindahan, sehingga bisa disimpulkan bahwa Kawan Jalan akan menemukan banyak pesona keindahan di pantai ini. Pantai ini sudah tersedia banyak tempat duduk atau gazebo. Kamu bisa memanfaatkannya untuk sekedar duduk-duduk menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan.

Bagi Kawan Jalan yang ingin bermain air, tidak salah memilih pantai ini. Di sini kamu bisa bermain air namun tetap dihimbau untuk hati-hati. Selanjutnya, Pantai Niyama juga destinasi menarik untuk bermain pasir. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan pasirnya lembut.

Aktivitas mancing juga cocok dilakukan di pantai ini, mengingat banyaknya nelayan setempat yang sering menghabiskan waktunya mencari ikan. Di sini kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk berfoto karena banyak spot menarik untuk membuat foto instagramable. Tak hanya itu, Pantai Niyama juga menjdi destinasi menarik untuk Kawan Jalan yang suka jalan-jalan sore sambil melihat sunset. Jika cuaca sedang bersahabat, Kawan Jalan akan menjumpai view sunset yang sempurna di Pantai Niyama.

pantai niyama 2

Foto via Google Maps/Krajan Dsb

Dekat dengan Sungai Niyama

Berlibur di Pantai Niyama Kawan Jalan juga akan menemukan hidden paradise di sekitarnya. Di sini kamu akan menemukan hidden paradise yang berupa aliran sungai cantik yang turun membentuk cekungan besar berisi air. Pemandangan Sungai Niyama ini sangatlah cantik, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk berfoto. Waktu terbaik mengunjungi Sungai Niyama ini adalah musim kemarau karena kamu akan menemukan warna air yang jernih tidak keruh dan jalannya tidak licin.

Aliran air ini biasa disebut pengunjung dengan nama Sungai Niyama, namun sebenarnya ini tidak hanya sekedar sungai. Aliran air ini memiliki nama spillway atau saluran pemisah. Spillway atau saluran pemisah adalah saluran yang difungsikan untuk mengontrol arus banjir dari hulu sungai. Spillway PLTA Tulungagung ini juga terbentuk secara alami dengan memanfaatkan aliran sungai sebagai saluran pembuangan yang diteruskan ke pantai.

pantai niyama 3

Foto via Google Maps/hartanto tri

Fasilitas, HTM, & Jam Operasional

Pantai Niyama belum mempunyai fasilitas cukup lengkap karena hanya terdapat area parkir, spot foto, toilet, dan juga tempat duduk. Kawan Jalan diminta membawa bekal makanan ketika mengunjungi Pantai Niyama untuk mengganjal perut saat lapar. Untuk harga tiket masuknya Kawan Jalan hanya ditarik karcis parkir Rp5.000. Tarif ini tidak menentu karena terkadang kamu bisa masuk tanpa biaya alias gratis. Terkait jam operasionalnya, Pantai ini bisa Kawan Jalan kunjungi kapan saja karena mempunyai jam operasional 24 jam.

Rute dan Akomodasi

Pantai ini memiliki rute perjalanan yang mirip dengan rute menuju Pantai Popoh. Waktu tempuh jika dari pusat kota adalah kurang lebih 51 menit. Jika Kawan Jalan dari pusat kota, silahkan arahkan kendaraan ke selatan menuju Pasar Campurdarat. Setelah itu, beloklah ke kiri dan arahkan kendaraanmu menuju Pasar Besole. Dari sini lurus melewati Jalan Neyama beloklah ke kiri ke Jalan Pantai Popoh setelah menemukan pertigaan. Lurus ikuti jalan dan kurang lebih 6,1 km kamu akan menemukan Pantai Niyama di sebelah kiri perjalanan kamu.

Informasi penginapan terdekat dan terbaik ada di Villa Pantai Popoh dengan tarif mulai Rp150.000 per malamnya. Dengan harga yang ditawarkan, Kawan Jalan mendapatkan fasilitas seperti pilihan kamar sesuai selera, area parkir, teh dan kopi, dan juga snack. Letak penginapan ini sangat dekat dengan pantai ini karena hanya berjarak 2,5 km atau bisa ditempuh dengan kendaraan selama 6 menit.

Ingin menjadi anak kebanggaan orang tua

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top