Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Museum Cokelat Monggo, Mencicipi Manis dan Pahitnya Cokelat

museum cokelat monggo

Budaya & Sejarah

Museum Cokelat Monggo, Mencicipi Manis dan Pahitnya Cokelat

Foto by Google.com/maps/ MonggoMuseumFactory Kedai&Gelato

Museum Cokelat Monggo, Mencicipi Manis dan Pahitnya Cokelat

Kawan Jalan yang sering berkunjung di Yogyakarta saat liburan pasti selalu membeli oleh-oleh seperti bakpia, gudeg kaleng, ataupun kaos dagadu yang fenomenal dengan desain kata-kata lucu. Tentu saja ketiga oleh-oleh tersebut memang wajib untuk dibawa pulang ke daerah asal kalian. Tapi apakah Kawan Jalan pernah menyadari bahwa ada salah satu oleh-oleh khas lain yang cukup terkenal tidak hanya di Jogja sendiri melainkan terkenal di luar negeri.

Cokelat Monggo, tentu Kawan Jalan yang sering berkunjung ke Yogyakarta pasti sempat menemukan cokelat ini di restoran, indomaret, maupun beberapa toko oleh-oleh khas Yogyakarta. Namun bukan cokelat nya yang ingin diulas, melainkan museum cokelat yang ingin dibahas untuk bisa dijadikan tempat wisata edukasi untuk kalian. Penasaran? Berikut ulasannya.

Museum Cokelat Monggo berada di Jalan Tugu Gentong Rt 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Kawan Jalan yang sedang berada di area Malioboro dan ingin mengunjungi Museum Cokelat Monggo, jaraknya sekitar 13 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan. Walaupun jarak menuju lokasinya cukup jauh dari pusat kota, namun akses jalan sudah cukup baik. Kawan Jalan bisa melewati Jalan Bantul sampai di perempatan Kasongan belok ke barat kearah Bangunjiwo dan akan menemukan penunjuk arah menuju Museum Cokelat Monggo.

museum cokelat monggo 2

Foto via Google Map/monggomuseumfactorykedai&gelato

Mengenal Museum Cokelat Monggo

Museum Cokelat Monggo merupakan museum edukasi yang memamerkan berbagai macam produk oleh-oleh khas Cokelat Monggo. Museum yang didirikan oleh Thierry Detournay yang merupakan bule asal Belgia sekaligus seseorang dibalik munculnya Cokelat Monggo sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta. Kecintaan Thierry dengan Kota Yogyakarta inilah yang menjadi alasan pengusaha asal Belgia ini membuat produk coklat dan mendirikan museum cokelat sebagai tempat wisata edukasi.

Museum Cokelat Monggo ini menjadi salah satunya museum cokelat yang berada di Yogyakarta. Bangunan museum ini didesain khas bangunan Jawa dengan terlihat dari depan seperti bangunan pendopo. Arsitektur bangunan museum yang terlihat bangunan Jawa juga ditambah dengan ornamen-ornamen ukiran kayu membuat museum ini kental akan budaya Jawa. Kawan Jalan yang mengunjungi museum ini bisa mengetahui sejarah tentang cokelat.

museum cokelat monggo 3

Foto via Google Map/monggomuseumfactorykedai&gelato

Selain bisa melihat berbagai macam jenis cokelat, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan cokelat. Selain melihat berbagai macam tentang cokelat, Kawan Jalan juga bisa mengikuti workshop yang diadakan oleh pihak museum. Bersama dengan pemandu, kamu bisa membuat cokelat secara langsung dan bisa membawa pulang hasil cokelat yang sudah di buat. Pada bangunan lain yang terpisah dengan museum, terdapat tempat showroom untuk mencicipi berbagai macam jenis Cokelat Monggo. Selain itu, di tempat ini kamu bisa berbelanja dan membeli produk-produk khas Cokelat Monggo. Selain membeli buah tangan, kamu juga bisa menikmati minuman cokelat sehabis berkeliling melihat museum.

Jam Operasional dan HTM Museum Cokelat Monggo

Museum Cokelat Monggo buka setiap hari mulai dari jam 10.00 sampai jam 18.00. Untuk harga tiket masuk museum, Kawan Jalan cukup membayar Rp10.000. Untuk Kawan Jalan yang ingin melihat museum sekaligus mengikuti workshop pembuat cokelat, Kawan Jalan membayar sekitar Rp50.000 per orang. Untuk yang ingin membeli produk Cokelat Monggo, harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari Rp15.000 hingga Rp100.000.

museum cokelat monggo 4

Foto via Google Map/monggomuseumfactorykedai&gelato

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas publik seperti Terminal Giwangan hanya berjarak sekitar 12 Km, Stasiun Tugu Jogja yang berjarak sekitar 14 Km dan Bandara Adi Sucipto berjarak kurang lebih 23 Km. Kawan Jalan yang ini mencari penginapan dekat dengan lokasi Museum Cokelat Monggo bisa menginap di Rajaklana Resort & Spa. Lokasi Rajaklana Resort juga berada di Jalan Tugu Gentong, Sambikerep, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, yang satu jalur dengan Museum Cokelat Monggo. Jaraknya penginapan dengan Museum Cokelat Monggo bisa ditempuh kurang dari 5 menit. Harga untuk setiap kamar yang disediakan Rajaklana Resort cukup bervariatif, mulai dari Rp350.000 hingga Rp800.000 per malam. Fasilitas penginapan cukup lengkap seperti kamar tidur yang nyaman, parkir kendaraan yang luas, WIFI gratis id setiap area, dan kolam renang.

Selain mengunjungi wisata terkenal yang ada di Yogyakarta, sempatkan juga mampir ke Museum Cokelat Monggo sambil belajar membuat cokelat sendiri. Museum Cokelat Monggo wajib dikunjungi karena Kawan Jalan bisa melihat secara langsung proses pembuatan cokelat dan mengetahui sejarah cokelat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

To Top