Connect with us

Kawanus.com

Museum BRI Purwokerto, Tempat Mengenal Sejarah Perbankan

museum bri purwokerto 1

Wisata

Museum BRI Purwokerto, Tempat Mengenal Sejarah Perbankan

Foto via Google Maps/Gunawan Arazma

Museum BRI Purwokerto, Tempat Mengenal Sejarah Perbankan

Dalam beberapa dekade, perbankan Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Di berbagai kota di Indonesia telah berdiri banyak cabang bank negeri maupun swasta. Perbankan dipercaya oleh masyarakat sebagai mitra perekonomian bangsa. Dibuktikan dengan banyaknya peningkatan nasabah perbankan pada tiap tahunnya.

Berbagai pencapaian perbankan di Indonesia, tentu tidak lepas dari bagaimana sejarah awal mula pendiriannya. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan perbankan pertama yang berdiri di Indonesia, jauh sebelum kemerdekaan. Sejarah pendirian Bank BRI pertama masih tersusun secara rapi di Museum BRI Purwokerto.

Sejarah Museum BRI Purwokerto

Museum BRI Purwokerto berdiri di Kota Purwokerto oleh Aria Wiriatmadja pada tahun 1895. Tempat ini merupakan bank bantuan dan simpanan milik kaum priyayi Purwokerto. Dahulu namanya adalah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Aria Wiriatmadja merupakan juru tulis kontrolir Belanda, di Kabupaten Banjarnegara.

museum bri purwokerto 5

Foto via Google Maps/Nanang Saady

Pendirian Bank BRI bermula dari rasa keprihatinan, terhadap kaum priyayi Banyumas. Banyak priyayi, harus membayar bunga tinggi kepada para rentenir. Pada mulanya, modal didapatkan dari penggunaan uang kas masjid. Hingga akhirnya berkembang menjadi Bank Bantuan dan Simpanan Milik Pegawai Pangreh Praja berkebangsaan pribumi. Kemudian dinamai Syomin Ginko, di era pendudukan Jepang. Nama Bank Rakyat Indonesia, digunakan setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1946, dan terus digunakan hingga saat ini.

Daya Tarik Museum BRI Purwokerto

Museum BRI Purwokerto memiliki dua bagian penting, yakni gedung priyayi dan kompleks museum Bank BRI. Gedung priyayi merupakan kantor dan tempat pertama kali beroperasi pada 16 Desember 1895. Bangunan ini telah mengalami beberapa kali renovasi, namun bentuk dan letaknya masih sama persis sesuai aslinya.

Pintu, kusen, jendela, hingga langit langit dan atapnya masih menggunakan bahan asli. Gedung priyayi ini, terbagi menjadi ruangan dalam dan bagian teras. Ruang dalam menjadi tempat kerja bagi Raden Ariana Wiriatmadja. Sementara tempat melayani nasabah, berada di bagian teras.

Gedung museum yang menyajikan berbagai benda koleksi, terdapat pada bagian kompleks sejarah Museum BRI Purwokerto. Gedung ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama akan disajikan mengenai perjalanan BRI sejak berdiri hingga sekarang. Terdapat akta pendirian, peralatan dan mesin, dokumen, sarana simulasi, hingga foto direksi dan kegiatan.

museum bri purwokerto 3

Foto via instagram.com/@museum_bri

Sementara di lantai kedua terdapat informasi mengenai sejarah perbankan dan sistem keuangan di Indonesia, secara umum. Di sini pengunjung akan melihat patung kuwera, semua mata uang yang pernah dipakai di Indonesia, hingga tempat penyimpanan uang secara tradisional.

Sebagai pendiri bank, monumen Raden Aria Wiriatmadja terpampang pada museum. Monumen tersebut berdiri tepat di sebelah kanan gedung replika, dikelilingi sebuah kolam kecil. Terdapat juga perpustakaan dengan beragam buku bacaan di masa lalu dan juga masa kini.

Rute Menuju Lokasi, Jam Operasional, dan HTM

Museum BRI Purwokerto berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 57 Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah. Karena lokasinya berada di pusat kota Purwokerto dekat dengan alun-alun, sehingga sangat mudah dijangkau oleh semua kendaraan. Dari alun-alun Purwokerto, kemudian menuju ke arah barat. Lurus terus ikuti jalan raya, dan jika menemui lampu merah pertama tetap lurus. Jarak sekitar 30 meter dari lampu merah pertama akan menjumpai lampu merah lagi. Lokasi museum berada di seberang jalan. Langsung saja belok kanan menuju Jl. Bank, karena pintu masuk pengunjung berada di Jl. Bank.

museum bri purwokerto 4

Foto via Google Maps/E Faizal

Tempat ini buka 5 hari dalam seminggu, yakni dari Minggu sampai Kamis. Dengan jam buka mulai pukul 8.00 hingga 15.00 WIB. Ketika memasuki museum tidak akan dipungut biaya tiket masuk sepeserpun alias gratis.

Penginapan Terdekat

Jika lelah maka Kawan Jalan bisa memutuskan untuk menginap. Karena Museum BRI Purwokerto berada di pusat Kota Purwokerto, sangat mudah mendapatkan hotel untuk bermalam. Ada hotel Java Heritage, Aston, hingga Reddoorz. Pilih sesuai budget dan layanan fasilitas yang diinginkan.

Untuk menginap hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp250.000 per malam, jika kamu menginginkan fasilitas hotel lengkap. Sementara jika menginginkan hotel dengan harga di bawahnya, tidak perlu khawatir karena Purwokerto banyak tersedia hotel standar dengan harga terjangkau.

Unstoppable!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top