Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Menyaksikan Pesona Kain Nusantara di Festival Aku dan Kain

festival aku dan kain 2

Event

Menyaksikan Pesona Kain Nusantara di Festival Aku dan Kain

Ragam Kain Nusantara di Festival Aku dan Kain (C) Dika Novia Ningrum/Kawanus

Menyaksikan Pesona Kain Nusantara di Festival Aku dan Kain

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan budaya dan tradisinya. Tersebar dari mulai Sabang hingga Merauke, jelaslah bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman pesona. Perbedaan mulai suku, bahasa, makanan, adat, hingga pakaiannya membuat Indonesia menjadi salah satu keunikan tersendiri dari negeri ini.

Perbedaan budaya dan tradisi di Indonesia juga melahirkan banyak sekali karya seperti salah satunya yakni kain. Mulai dari ujung timur hingga ke barat, Indonesia memiliki beragam kain Nusantara dengan ragam motif dan corak yang berbeda-beda. Bagi Kawan Jalan yang tertarik ingin mengulik lebih jauh ragam kain tersebut bisa datang ke salah satu festival berikut ini.

Nah, berhubung saat ini kita masih dalam suasana semarak Kemerdekaan Republik Indonesia, Kawanus punya salah satu rekomendasi destinasi wisata budaya yang bisa Kawan Jalan kunjungi bersama keluarga yakni festival “Aku dan Kain: The Age of Diversity” yang berlokasi di Museum Nasional Indonesia.

Pagelaran festival bertajuk “Aku dan Kain” di Museum Nasional ini berlangsung mulai dari 10 Agustus 2022 lalu hingga tanggal 10 September 2022. Melalui festival pameran ini, para pengunjung termasuk Kawan Jalan bisa melihat beragam keindahan dari kain-kain tradisional yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

festival aku dan kain

Kolaborasi dengan Berbagai Pihak (c) Dika Novia Ningrum/Kawanus

Hasil Kolaborasi dalam Festival Aku dan Kain

Acara pameran ini terselenggara berkat kolaborasi salah satu desainer ternama Indonesia yaitu Oscar Lawalata dengan Museum Nasional Indonesia. Festival Aku dan Kain ini merupakan wujud cinta Oscar Lawalata pada Wastra Nusantara. Beliau secara serius mewujudkan tekadnya ini karena ingin mengenalkan beragam kain tenun tradisional Indonesia agar lebih mendunia.

Harapan beliau, acara pameran kain tenun yang diselenggarakan bertepatan dengan hari perayaan kemerdekaan Indonesia ini adalah agar kain tenun yang menjadi warisan budaya Tanah Air Indonesia ini bisa diakui di level global serta agar lebih mendunia. Selain itu, untuk mengenalkan kepada bangsa Indonesia sendiri bahwa kain Nusantara bukanlah batik saja, melainkan ada juga kain tenun.

Untuk itulah, saat ini media sosial Indonesia sedang ramai oleh para seleb dan influencer terkenal Indonesia seperti Reza Rahadian, Dian Sastro Wardoyo, Nirina Zubir, Marsha Timothy, Renata Moelek, Yuki Kato, Ayu Ghani, Refal Hady, Jovi Adiguna, Syifa Hadju, Angga Yunanda hingga Najwa Shihab dan masih banyak lagi yang mengenakan kain tradisional dari setiap daerah dengan beragam corak dan bentuk.

Festival Aku dan Kain ini melibatkan 100 influencer dan memamerkan 100 kain tenun Indonesia dengan pesona yang sangat luar biasa. Proses tenun juga memiliki filosofi yang melambangkan persatuan dan kesatuan. Menarik banget ya, Kawan Jalan. Itulah sebabnya, acara ini bukan hanya wujud kolaborasi antara desainer dengan tim Museum Nasional Indonesia dan para influencer berpengaruh saja, namun juga hasil kolaborasi dengan banyak pihak. Diantaranya seperti kolaborasi dengan rumah produksi fotografi HIRA imaji, videografer Bill William Gautama, Hagai Pakan sebagai Fashion Consultant, Yemima Cahyani Pujilestari sebagai fashion stylist dan banyak lainnya.

Tak hanya itu, gelaran Festival Aku dan Kain yang diselenggarakan mulai tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2022 ini. Jangan sampai ketinggalan ya!

festival aku dan kain 4

Aneka kain cantik (c) Dika Novia Ningrum/Kawanus

Kain Cantik di Festival Aku dan Kain

Tidak hanya itu, pihak Museum Nasional juga ikut mengangkat berbagai kegiatan di bidang seni dan budaya salah satunya memamerkan kain tua seperti kulit kayu, batik sulam, songket, dan sebuah aplikasi manik dalam instalasi Festival Aku dan Kain ini, serta memamerkan instalasi Menara Tenun Nusantara yang memukau. Ketika memasuki ruang pameran, suasana gelap namun dengan pancaran lampu syahdu akan menyambut para pengunjung yang datang. Beragam manekin berbusana batik dengan corak yang unik pun serasa ikut menyapa setiap pengunjung.

Tak hanya itu, pada bagian sisi ruangan juga digantungkan lembaran ragam kain tenun dengan warna-warna yang cantik. Ada pula kain tenun tua yang berbentuk baju dan ditempatkan di etalase kaca tersendiri. Mata Kawan Jalan dijamin akan dibuat terperangah melihat balutan-balutan kain tenun tersebut.

Tenang saja, bagi Kawan Jalan yang berniat untuk memiliki koleksi kain tenun khas Nusantara ini bisa membelinya secara langsung ke booth Festival Aku dan Kain yang berdekatan dengan panggung. Mulai dari koleksi tenun yang terlama hingga kain tenun dengan sentuhan modern ada di sini. Kain tenunnya pun ada yang berbentuk pakaian jadi ataupun dalam bentuk lembaran kain. Selain itu, ada juga benda-benda lain yang unik dijual di booth ini seperti bando dan bandana kain tenun, totebag, sepatu canvas tenun, dan lain sebagainya. Semua benda-benda yang ada di sini dijual dan dibanderol mulai dari harga Rp50.000 hingga ratusan bahkan jutaan rupiah.

festival aku dan kain 3

Aneka kain batik (c) Dika Novia Ningrum/Kawanus

HTM dan Lokasi

Bagi penikmat tenun Nusantara ataupun Kawan Jalan yang mau datang, bisa langsung membeli tiket sebesar Rp15.000 untuk masuk ke Museum Nasional Indonesia dan tambahan Rp20.000 untuk memasuki Temporary Exhibition Room & Sanken Hall tempat pameran ini berada. Nah, untuk Kawan Jalan yang penasaran seperti apa pamerannya bisa langsung ke Museum Nasional saja ya. Semoga melalui Festival Aku dan Kain ini, Kawan Jalan jadi makin mencintai ragam kain Indonesia.

Festival Aku dan Kain ini bertempat di Museum Nasional Indonesia yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat, No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Acara ini berlangsung setiap harinya mulai dari pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. Info selengkapnya, Kawan Jalan bisa cek laman Instagram mereka di @akudankain ataupun @museumnasionalindonesia ya..

Untuk mengunjungi museum ini, Kawan Jalan bisa menggunakan busway TransJakarta. Nanti dari lokasi Kawan Jalan naik busway dengan tujuan Harmoni, lalu di Harmoni transit busway koridor 1 Kota – Blok M dan turun di halte Monas. Dari halte Monas, Kawan Jalan cukup menyebrang saja untuk sampai ke Museum Nasional Indonesia ini.

Jangan lupa ajak teman-teman ataupun keluarga tercinta ketika mengunjungi acara Festival Aku dan Kain ini ya, Kawan Jalan. Have a nice day!

Just an expressive person who loves to read and write

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Event

To Top