Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Menyaksikan Keindahan Alam di Air Terjun Lembah Pelangi

air terjun lembah pelangi

Wisata

Menyaksikan Keindahan Alam di Air Terjun Lembah Pelangi

Foto via Instagram.com/harunarrasyid18

Menyaksikan Keindahan Alam di Air Terjun Lembah Pelangi

Salah satu kota yang memiliki wisata air terjun terbanyak adalah Kota Bogor. Wilayahnya yang terletak di dataran tinggi ini memiliki banyak tempat wisata air terjun yang dapat menarik perhatian para wisatawan. Setiap air terjun yang ada di Bogor memiliki karakteristik keunikannya tersendiri. Ada yang menarik perhatian karena sejarahnya, ada yang menarik perhatian karena fasilitasnya, dan ada juga yang menarik perhatian karena pemandangannya yang indah. Banyak air terjun yang berhasil menarik perhatian wisatawan Bogor dan luar Bogor.

Daya Tarik Air Terjun Lembah Pelangi

Air terjun yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bogor adalah Air Terjun Lembah Pelangi. Namanya berasal dar kata “lembah” dan “pelangi” benar-benar sangat mendefinisikan air terjun tersebut. Dilihat dari ketinggian, air terjun ini seperti lembah yang diapit oleh batu-batu besar. Airnya yang jernih mengalir disela-sela bebatuan. Menjadinya seolah dibalut oleh keindahan pelangi.

Air terjun ini sedikit anti mainstream. Mesipun berada di pelosok, air terjun ini cukup dikenal oleh orang-orang apalagi para wisatawan yang berasal dari sekitar Bogor khususnya Ibu Kota. Jika kebanyakan air terjun lainnya berada di daratan tinggi dengan airnya yang dingin, Air Terjun Lembah Pelangi ini berbeda dari air terjun lainnya. Wisata ini berada di dataran rendah sehingga udaranya tidak begitu dingin dan sedikit lembab. Meskipun begitu, suasananya meneduhkan dan sangat tenang.

air terjun lembah pelangi 3

Foto via Instagram.com/iwanrafli_2

Karena keberadaannya di dataran rendah tersebut membuat curug tersebut disebut sebagai rumah pelangi atau tempat terbentuknya pelangi yang indah. Beberapa orang juga mengartikan air terjun ini sebagai tempat pemandian para bidadari. Pelangi tersebut terbentuk dari adanya bias cahaya matahari yang jatuh sesekali ketika cuacanya sedang cerah. Air Terjun Lembah Pelangi menjadi destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter. Ketinggiannya ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan rappelling dan canyoning. Bahkan tidak jauh dari air terjun ini terdapat kolam renang yang berasal dari aliran sungai Lembah Pelangi.

Memiliki permukaan yang dangkal membuat Air Terjun Lembah Pelangi ini aman untuk anak-anak. Di sana juga terdapat area kolam anak yang bisa dijadikan arena bermain untuk anak-anak. Selain sebagai tempat rappelling, canyoning, bermain air, atau hanya menikmati pemandangan, di Lembah Pelangi kita bisa mengambil beberapa spot foto yang dijamin akan memberikan hasil yang memuaskan. Setiap sudutnya yang menampilkan pemandangan indah mulai dari rindangnya pepohonan, derasnya air terjun, sampai ke lekukan bebatuan akan menciptakan kesan foto yang memukau. Bahkan ada juga beberapa spot seperti gardu pandang, pondokan, dan masih banyak lagi.

air terjun lembah pelangi 2

Foto via Google maps/tyo_soetyo

Lokasi, HTM, dan, Jam Buka Air Terjun Lembah Pelangi

Lembah Tepus ini berada di Desa Cimanggu 1, Kampung Jatake, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Untuk sampai di lokasi kita bisa menaiki angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika dengan angkutan umum, dari pusat Kota Bogor kita bisa menaiki angkot menuju Terminal Bubulak. Dari Terminal Bubulak kita bisa naik angkutan jurusan Leuwiliang. Menuju ke arah Jalan Raya Ciampea kita akan menemukan pertigaan. Di sana kita akan melihat Gardu Seri dan lokasi air terjunnya tidak jauh dari sana. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bogor.

Masuk ke kawasan Air Terjun Lembah Pelangi ini kamu dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Tarif ini belum termasuk tarif parkir kendaraan, biasanya untuk tarif parkirnya sebesar Rp2.000 sampai Rp5.000 tiap kendaraan. Wisata Air Terjun Lembah Pelangi ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tetapi karena sebelumnya ada pembatasan sosial, maka untuk sementara waktu jam operasionalnya masih belum bisa dipastikan. Pada beberapa waktu, tempat ini buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB tetapi tidak menutup kemungkinan buka mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Akomodasi

Wisatawan bisa datang ke Hotel Duta Berlian untuk bermalam di sekitar sana. Hotel ini terletak tidak jauh dari lokasi Air Terjun Lembah Pelangi ini dan bisa dicapai dengan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Wisatawan bisa menginap di sana dengan fasilitas yang cukup memadai dengan tarif mulai Rp200.000 per malam.

Wisatawan dari Bogor dan sekitarnya wajib banget datang ke Air Terjun Lembah Pelangi ini untuk liburan bareng keluarga.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top