Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Menikmati Keindahan Hutan di Wisata Hutan Jati Raya (WHJR)

Ikon Wisata HutanJati Raya (c) Erni/Kawanus

Menikmati Keindahan Hutan di Wisata Hutan Jati Raya (WHJR)

Wisata alam selalu menawarkan pesonanya. Mendengar kata hutan mungkin identik dengan segala petualangannya. Namun bagaimana jika Kawan Jalan menjumpai wisata di tengah hutan? Jika Kawan Jalan bosan nongkrong di yang biasa, memilih tempat yang menyatu dengan alam bebas bisa menjadi tujuan kamu lho! Sensasi menikmati angin sepoi-sepoi di tengah pohon hutan jati bisa menjadi healing tersendiri. Sensasi seperti ini bisa kamu nikmati di Wisata Hutan Jati Raya (WHJR). Berlokasi di Jalan Raya Banyuanyar, Dulugan, Liprak Kidul, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

wisata hutan jati raya 3

Hutan Mini WHJR (c) Erni/Kawanus

Berawal dari kawasan hutan jati, pemerintah desa setempat merubahnya menjadi kawasan wisata. Peresmiannya pada awal tahun 2021 dan disambut antusias oleh warga setempat karena bisa mengingkatkan perekonomian mereka. Terdapat kursi yang cukup memadai untuk nongkrong. Tak perlu khawatir padat pengunjung karena letak antara meja satu dengan lainnya jaraknya cukup luas sehingga meminimalisir penyebaran virus.

Waktu terbaik berkunjung ke Wisaa Hutan Jati Raya ialah saat pagi dan sore hari. Saat pagi hari kamu akan mendengar kicauan burung, sedangkan saat sore hari kamu akan melihat indahnya matahari terbenam dibalik pohon jati. Suasana hangat akan terasa hingga menjelang petang hari.

Daya Tarik Wisata Hutan Jati Raya

Begitu memasuki kawasan Wisata Hutan Jati Raya tampak aneka hiasan bunga artifisal tampak mendominasi. Kemudian terdapat payung yang bergantungan di sepanjang area. Suasananya sangat bersih meski dipenuhi oleh daun jati yang berguguran, namun petugas di kawasan wisata sigap membersihkan. Sayangnya jika musim kemarau dan angin bertiup kencang, banyak sampah dari daun berguguran yang beterbangan sehingga mengganggu pemandangan.

Terdapat taman bunga di area sekitar yang asri. Suasanaya yang dekat dengan hutan membuat kamu mendengarkan kicauan burung. Pemandangan hutan jati akan kamu temui sepanjang perjalanan. Di dukung dengan aliran sungai yang memanjang dan mengalir deras.

wisata hutan jati raya

Hiasan Payung Saat Memasuki WHJR (c) Erni/Kawanus

Fasilitas Menarik di Wisata Hutan Jati Raya

Konsepnya sepenuhnya outdoor yang dikelilingi oleh pohon jati. Terdapat berbagai tempat menarik yang bisa menjadi spot foto menarik. Ada cafe yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Menu makanan berat seperti nasi lalapan ayam, nasi lalapan gurami mulai dari harga Rp20.000/porsi. Untuk minumannya mulai dari Rp4.000 seperti es teh, es coklat dan aneka boba. Jika ingin sekadar menyantap camilan terdapat mie instant, kentang goreng, sosi goreng dan tahu mercon.

Berkunjung ke Wisata Hutan Jati Raya bisa di waktu apapun karena meski siang hari, sinar matahari tidak akan terik sebab tertutup oleh rimbunnya pohon jati. Namun sayangnya jika hujan akan basah karena hanya satu tempat yang semi indoor. Terdapat ayunan dan gazebo yang bisa digunakan untuk tempat nongkrong. Jika saat akhir pekan terkadang ada live music.

Meski di dominasi oleh anak muda yang menjadi pegunjung, Wisata Hutan Jati Raya ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena terdapat permainan anak-anak, seperti odong-odong dan jungkat jungkit. Namun karena situasi masih pandemi, wahana permainan ini masih tutup. Tempatnya lumayan luas. Fasilitasnya musholla, toilet, permainan anak-anak, gazebo, cafe dan live music. tiket masuknya gratis. Kawan Jalan hanya perlu membayar tarif parkir Rp2.000.

wisata hutan jati raya 2

Spot Foto WHJR (c) Erni/Kawanus

Lokasi dan Akomodasi

Jam operasional 08.00 – 22.30 WIB. Meski jam operasionalnya hingga malam hari, tak perlu khawatir meski malam hari karena kondisi penerangan di sekitarnya cukup memadai. Namun jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk karena dekat dengan area hutan.

Meski berada di tengah hutan, namun aksesnya mudah dicapai karena jalannya sudah beraspal. Lokasinya berdekatan dengan bumi perkemahan jati raya. Bisa ditempuh melalui Jalan Raya Pantura kemudian Kawan Jalan menuju wilayah Gending. Arahkan kendaraan melalui Jalan Raya Sebaung – Jalan Raya Pendil  kemduian belok kiri menuju Jalan Raya Banyuanyar. Jarak perjalanan sekitar 10 km dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

Gunakan kendaraan pribadi ya karena tidak transportasi umum menuju Wisata Hutan Jati Raya. Lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena untuk menuju ke kawasan Wisata Hutan Jati Raya aksesnya cukup sempit untuk dilalui kendaraan roda empat.

Lelah melalui perjalanan panjang dan Kawan Jalan ingin menginap, bisa memilih Hotel Kampoeng Kita letaknya sekitar 10 km. Cukup jauh,namun hotel tersebut merupakan satu-sayunya hotel yang bisa dijangkau mengingat WHJR terletak di kawasan pedesaan dan hutan.  Berokasi di Jalan Argopuro Raya Condong Bremi Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tarifnya mulai dari Rp250.000 dan sudah bisa mendapatkan fasilitas kamar nyaman dan ber-AC serta sarapan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top