Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Menikmati Gagahnya Keindahan Batu Karang Pantai Karangnini

pantai karangnini 1

Wisata

Menikmati Gagahnya Keindahan Batu Karang Pantai Karangnini

Menikmati Gagahnya Keindahan Batu Karang Pantai Karangnini

Pantai memang tempat yang paling pas untuk menghilangkan penat setelah satu pekan disibukkan oleh pekerjaan ataupun tugas-tugas kampus. Melihat birunya laut yang menyatu dengan birunya langit serta ombak yang saling berkejaran tentu saja begitu sangat menenangkan hati dan pikiran. Angin pantai yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak tentu saja menambah kenyamanan. Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu daerah di Priangan Timur yang sangat terkenal dengan keberagaman pantainya yang banyak. Jika Kawan Jalan ingin menenangkan hati dan pikiran, Kawan Jalan bisa meluncur ke Pantai Karangnini.

Kisah tentang Pantai Karangnini

Pantai Karangnini adalah salah satu dari sekian banyaknya pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran. Pantai Karangnini ini terletak sekitar 14 km dari Pantai Pangandaran. Berbeda dari Pantai Pangandaran yang lainnya, suasana pantai ini cenderung lebih sunyi dan jauh dari kata, sangat cocok untuk Kawan Jalan yang ingin menenangkan hati dan fikiran. Selain suasananya yang cenderung lebih sunyi, Pantai ini masih asri dan bersih.

Seperti namanya, Pantai Karangnini merupakan pantai karang yang menyerupai seorang nenek. Bukan tanpa alasan pantai ini dinamakan Pantai Karangnini. Konon katanya, pada jaman dahulu hidup sepasang kakek dan nenek yang saling mencintai. Suatu hari si kakek pergi memancing dan tidak pulang dalam beberapa waktu. Si nenek pun terus mencari si kakek dan meminta kepada Sang Penguasa Laut Selatan untuk dipertemukan dengan sang kakek. Tidak lama kemudian muncullah sebuah batu karang yang menyerupai sang kakek, yang sampai saat ini dikenal dengan Batu Bale Kambang. Karena rasa cintanya kepada si kakek, si nenek pun meminta kepada Ratu Laut supaya menjadi batu karang seperti si kakek. Permintaan si nenek pun dikabulkan dan timbullah batu karang yang disebut Karangnini hingga saat ini. Batu Karangnini ini menghadap kearah Batu Bale Kambang.

pantai karangnini 2

Foto via Instagram.com/faturfatah

Selain terdapat Karangnini dan Batu Bale Kambang, di Pantai ini juga terdapat banyak batu karang dengan berbagai bentuk ukuran. Mulai yang ukuran kecil maupun sampai ukuran yang besar. Diantara batu karang tersebut ada ayunan dari kayu yang bisa Kawan Jalan gunakan. Memandang birunya laut diatas ayunan dan menikmati angin spoi-sepoi atupun matahari terbit merupakan hal yang menyenangkan. Jika Kawan Jalan berada di area Pantai ini, disarankan tidak berenang. Hal ini karena banyaknya batu karang yang membahayakan dan gelombang ombak yang cukup tinggi juga.

Bukan hanya terdapat hamparan batu karang yang indah saja, di Pantai ini juga kamu bisa melakukan camping. Bukan hanya itu saja, Pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit maupun matahari terbenam. Hal ini berbeda dari pantai di Kabupaten Pangandaran. Letaknya yang berada dibalik rimbunnya hutan semakin sempurna melihat matahari terbit maupun matahari terbenam. Jadi jika Kawan Jalan ingin menuju lokasi Pantai ini, Kawan Jalan harus melewati hutan terlebih dahulu.

HTM dan Fasilitas Pantai Karangnini

Tiket masuk area Pantai Karangnini yaitu hanya sebesar Rp5.000/orangnya. Selain tiket masuk, Kawan Jalan hanya membayar tarif parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Pantai Karangnini beroperasional setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Adapun fasilitas di Pantai Karangnini diantaranya area parkir kendaraan, musala, toilet, dan area bermain anak.

pantai karangnini

Foto via Instagram.com/guguh_cusgeng

Rute dan Lokasi

Pantai Karangnini letaknya berada di Kabupaten Pangandaran, tepatnya Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, atau 14 km dari Pantai Pangandaran. Untuk menuju Pantai ini, Kawan Jalan bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, baik berasal dari area Bandung, Jakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya, Kawan Jalan menuju lampu merah Parungsari Kota Banjar. Dari lampu merah Parungsari Kota Banjar, lalu menuju Jl. Letjen Suwarto dan lurus terus sampai simpang tiga Tugu Pahlawan. Dari simpang tiga Tugu Pahlawan, Kawan Jalan belok kiri kemudian lurus terus sampai Pintu Masuk pantai ini yang berada disebelah kiri jalan. Dari pintu masuk menuju Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 km. Selama perjalanan menuju Pantai ini, Kawan Jalan akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Oh iya, ketika menuju Pantai Karangnini diharapkan membawa kendaraan dengan hati-hati, karena jalannya tidak terlalu lebar dan juga berkelok-kelok.

Akomodasi

Beberapa penginapan yang dekat dengan Pantai Karangnini salah satunya Java Lagoon Hotel. Hotel bintang dua ini mengenakan tarif mulai Rp380.000/kamar/malam. Fasilitas di Java Lagoon Hotel cukup lengkap, diantanranya kamar yang ber-AC, tersedia TV, kamar mandi dalam lengkap dengan shower dan fasilitas penunjang lainnya.

Hallo 🙌

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top