Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Mengunjungi Miniatur Gunung Bromo di Gunung Tua Mandiri

gunung tua mandiri 2

Wisata

Mengunjungi Miniatur Gunung Bromo di Gunung Tua Mandiri

Foto via Instagram.com/surga_bogor

Mengunjungi Miniatur Gunung Bromo di Gunung Tua Mandiri

Bogor selalu saja menjadi tempat singgah bagi para wisatawan dari Ibukota. Banyak tempat menarik yang bisa kita temukan di Bogor. Mulai dari wisata alam, taman hiburan, tempat nongkrong, sampai situs sejarah. Tak hanya itu saja, pemandangan eksotis Kota Hujan ini mampu menarik perhatian orang-orang. maka dari itu, tidak asing jika Kota Bogor selalu saja dipadati para wisatawan ketika akhir pekan dan libur nasional.

Kota Hujan selalu popular dengan tempat wisata alamnya, ada salah satu tempat yang menjadi incaran para wisatawan dari dalam maupun luar kota. Tempat itu yakni Gunung Tua Mandiri. Sekilas tempat ini mirip dengan Gunung Bromo. Jika Jawa Timur memiliki Gunung Bromo, Jawa Barat juga memiliki Gunung Tua Mandiri yang sensasi dan pemandangannya mirip dengan Gunung Bromo.

Daya Tarik Gunung Tua Mandiri

Tempat ini dulunya dijadikan sebagai tambang batu. Namun sekarang sudah tidak ada izin dari pemerintah pusat. Selain itu, lahannya sudah habis sehingga hanya menyisakan bahan material abu. Karena beredarnya foto yang menarik perhatian dunia maya terutama bagi anak muda yang menyukai traveling, tempat ini menjadi hits dan booming di sosial media. Meskipun bukan tempat wisata, tambang tua ini memiliki view yang mampu menghipnotis kesadaran dengan keindahan hamparan pasir seolah sedang berada di Gunung Bromo. Masuk ke kawasan Gunung Tua Mandiri tidak dikenakan tarif apapun alias gratis. Wah, kesempatan emas bagi para pecinta alam.

gunung tua mandiri 3

Foto via Google Maps/Taufik Qurrahman Saleh

Gunung Tua Mandiri di buka dua puluh empat jam no stop. Kapanpun kita bisa menikmati pemandangan indah dari atas gunung. Di malam hari kita bisa menyaksikan kerlip indah lampu kota dan di siang hari kita bisa melakukan olahraga ringan dengan menaiki bukit-bukit. Sekilas tempat ini terlihat gersang seperti berada di tengah-tengah gurun pasir, namun ketahuilah bahwa di sini, semilir angin menerpa kulit hingga terasa menyejukkan dan ada beberapa tempat peristirahatan yang berbentuk bale juga tersebar di sana. Bukan hanya tempat istirahat, di sana juga ada kita bisa menemukan toilet dan tempat sholat. Jadi tak perlu khawatir berada di puncak gunung.

Danau di Gunung Tua Mandiri

Selain menyaksikan pemandangan alam di atas ombak pasir, di sana terdapat genangan air berwarna biru layaknya sebuah danau. Danau di Gunung Tua Mandiri yang kita saksikan adalah danau imitasi. Danau itu berasal dari galian karena dampak dari pertambangan yang menyebabkan lubang besar hingga digenangi air. Awalnya airnya akan menggenang saat musim hujan tiba, tetapi sekarang air itu justru tidak menyurut meskipun sedang dalam cuaca kemarau.

Karena pernah ada aktivitas pertambangan, di sana Kawan Jalan juga akan menemukan alat-alat pertambangan yang sudah lama tidak terpakai, mungkin bisa untuk di museumkan. Namun, meskipun dalam kondisi tidak terurus karena memang tidak dijadikan untuk tempat wisata, tempat ini memiliki daya tariknya tersendiri sehingga selalu banyak orang berkunjung setiap harinya.

gunung tua mandiri

Foto via Instagram.com/bundariananda

Pada pertengahan 2020 karena banyaknya pengunjung yang datang untuk merasakan sensasi Gunung Bromo di Bogor, tempat ini mulai ramai dengan para pedagang yang berasa dari warga lokal. Meskipun tidak terlalu banyak makanan yang bisa kita temukan di sana, setidaknya beberapa menu makanan seperti nasi rames, mie, dan makanan-makanan ringan lainnya bisa menemani Kawan Jalan untuk menikmati view menarik itu yaitu lereng gunung persis seperti di Gunung Bromo.

Lokasi dan Akomodasi

Wisatawan yang ingin mengunjungi Miniaturnya Gunung Bromo ini bisa datang ke Desa Banyuasih, Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Bogor, Jawa Barat. Untuk lokasinya sangat mudah di akses. Tetapi tidak ada angkutan umum yang bisa langsung mengantar kita ke lokasi Gunung Tua Mandiri. Maka dari itu, jika ingin mengunjungi Gunung Bromonya Bogor, kita harus membawa kendaraan pribadi. Kawan Jalan juga harus membawa persediaan makanan karena di sana kita sedikit sulit menemukan rumah makan. Karena letaknya yang pernah dijadikan sebagai tempat pertambangan, banyak mobil besar pengangkut barang yang melewati jalur tersebut. Untuk itu, kita harus selalu berhati-hati.

Untuk penginapan ada pilihan Sofia Homestay Syariah yang ada di Jl. Taman Dramaga Hijau No.F3, Babakan, Kec. Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tarifnya sebesar Rp116.000 dengan berbagai fasilitas berupa kamar ber-AC, akses wifi, dan parkir gratis. Untuk reservasi bisa ke 0857-1940-5289.

Bagi anak mapala atau traveler luar kota, berkunjung ke Gunung Bromo versi anak Bogor adalah sebuah keharusan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top