Connect with us

Kawanus.com

Mengenal Gua Maria Kaliori, Wisata Religi Umat Kristiani

gua maria kaliori 4
Foto via Google Maps/Raynardthan Pontoh

Wisata

Mengenal Gua Maria Kaliori, Wisata Religi Umat Kristiani

Keberadaan Gua Maria Kaliori, menjadi perwujudan keberagaman di daerah Banyumas Jawa Tengah. Bagaimana tidak, sebagian besar warga Kabupaten Banyumas mayoritas adalah beragama Islam. Sementara gua ini, menjadi tempat ziarah dan beribadah umat Katolik terbesar di Indonesia.

Sebagai tempat wisata populer yang ramai dikunjungi, Gua Maria Kaliori berada tidak jauh dari pusat Kota Purwokerto. Tepatnya terletak di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Bayumas Jawa Tengah. Harus menempuh sekitar 20 km dari Kota Purwokerto, untuk dapat sampai ke gua indah ini.

Asal Mula Berdirinya Gua Maria Kaliori

Pada mulanya, Gua Maria Kaliori merupakan kawasan bukit kecil yang sangat tandus. Pembangunannya dimulai pada tanggal 15 Agustus 1989, menjadi sebuah tempat wisata religi menarik di Banyumas. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Uskup Purwokerto, Mgr. P. S. Hardjasoemarta MSC.

gua maria kaliori 5

Foto via Google Maps/S. W. Tutuko

Dengan pembangunan tersebut, kini gua yang mulanya tandus berhasil disulap menjadi bukit hijau dengan pemandangan alam indah dan segar. Banyak orang yang berkunjung ke Gua Maria Kaliori untuk jalan-jalan maupun untuk aktivitas peribadatan. Akhirnya gua ini menjadi salah satu tempat sakral bagi umat Kristiani di Banyumas. Bahkan, orang-orang yang berdatangan ke sini tidak sekadar warga Banyumas saja, tetapi juga banyak yang berasal dari berbagai daerah.

Fasilitas Lengkap di Gua Maria Kaliori

Sebagai kompleks ziarah, Gua Maria Kaliori merupakan tempat berdoa dan mengembangkan spiritualitas Kristiani kepada Bunda Maria. Dengan demikian maka dapat mewujudkan kerajaan Allah, dengan tetap mengedepankan wawasan lingkungan sosial masyarakat.

Kawan Jalan dapat menyaksikan kegiatan Novena Bunda Maria, yang biasanya diadakan setiap bulan. Kegiatan ini menjadi ciri khas dan saksi, bahwa tempat ini menjadi saksi pertemuan umat Katolik dan umat lain dalam meningkatkan iman serta semangat Kristiani.

gua maria kaliori 1

Foto via instagram.com/@dwyan_hresikesa

Sebagai wisata religi umat Kristiani terbesar di Indonesia, Gua Maria Kaliori memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Ragam fasilitas tersebut seperti Kapel Ratu Surga, Taman Rosario Hidup, Jalan Salib, Rumah Retret Maria Immaculata (untuk kapasitas 150 orang), hingga Pendopo yang dikhususkan untuk para peziarah.

Selain itu terdapat area terbuka yang sangat menarik, terdapat replika Patung Pieta pada puncak undak-undakannya. Patung karya Michelangelo tersebut menggambarkan bagaimana tubuh Yesus berada dipelukan Maria setelah penyaliban. Uniknya tidak jauh dari sana, terdapat toko souvenir dengan beragam produk lokal, yang bisa Kawan Jalan beli dan dijadikan oleh-oleh.

Gua Maria Kaliori menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Pengunjung pasti merasa betah berlama-lama di kawasan ini dan dapat khusyuk berdoa. Kawasan yang memiliki luas 5,6 hektar ini menyajikan halaman lapang, penuh dengan pohon-pohon besar. Rasa sejuk dan nyaman dari dinding batu yang unik, kental terasa oleh para pengunjung.

gua maria kaliori 2

Foto via Google Maps/Anita Poerwoko

Perjalanan Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Gua Maria Kaliori dari arah Purwokerto, maka Kawan Jalan berangkat menuju arah Sokaraja. Untuk dapat sampai ke Kaliori, sesampainya di persimpangan Sokaraja kedua, berbeloklah ke arah kanan. Barulah ambil jalur kiri dan melewati daerah perbukitan agar sampai di kawasan tujuan, yakni Gua Maria Kaliori.

Jika di perjalanan bingung, jangan ragu untuk bertanya ke penduduk lokal Banyumas yang ditemui sepanjang perjalanan. Mereka akan dengan senang hati dan ramah menunjukkan arahan menuju ke lokasi. Kawasan ini dapat dijangkau dengan mudah baik melalui kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

gua maria kaliori 3

Foto via google Maps/Suyandi Liyis

Jam Operasional, HTM, dan  Akomodasi

Wisata religi Gua Maria Kaliori buka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk pemesanan tempat dan waktu, layanan dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kawan Jalan tidak perlu khawatir karena di luar jam tersebut juga tetap melayani pesanan, hanya respon yang diberikan mungkin jauh lebih lambat dibandingkan jam kerja.

Untuk dapat masuk ke dalam kawasan wisata religi gua Maria Kaliori, Kawan Jalan tidak akan dikenai biaya tiket masuk. Beberapa fasilitas yang tersedianya di dalamnya juga tidak dipungut biaya. Namun Kawan Jalan dapat memberikan pembayaran secara sukarela, setelah proses pemesanan. Setiap pengunjung juga dapat melakukan pemesanan penginapan di Rumah Retret Maria Immaculata Kaliori dan de Mazenod Center.

Jika Kawan Jalan tertarik untuk berdoa dan berziarah di gua Maria Kaliori, dapat langsung datang ke ke Kabupaten Banyumas. Kamu akan disambut dengan suasana yang sejuk dan asri, saat datang di kawasan ini. Ayo segera berkunjung ke sini!

Unstoppable!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top