Connect with us

Kawanus.com

Mendaki dan Menikmati Indahnya Gunung Papandayan Garut

gunung papandayan 3

Wisata

Mendaki dan Menikmati Indahnya Gunung Papandayan Garut

Foto via Google Maps/Eri Ricflair

Mendaki dan Menikmati Indahnya Gunung Papandayan Garut

Mendaki adalah hobi bagi sebagian orang. Mereka rela menempuh perjalanan dari kaki gunung sampai ke puncak untuk menikmati keindahan alam. Ya, mendaki bisa membuat fikiran lebih fresh dan juga sebagai salah satu bentuk syukur atas alam yang indah ini.

Jika hobby Kawan Jalan adalah mendaki, kamu harus tahu bahwa Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang harus Kawan Jalan nikmati pesonanya. Gunung Papandayan berada di kota Garut tepatnya di kecamatan Cisurupan Garut Jawa Barat yang berada pada ketinggian ketinggian 2665 mdpl.

Pesona Gunung Papandayan

Selain cocok untuk mendaki, Gunung Papadayan juga menyuguhkan berbagai keindahan seperti kawah mas, kawah baru, kawah nangklak, kawah manuk yang dimana kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Selain itu, pesona Gunung Papandayan adalah hutan mati. Ini adalah salah satu bagian eksotis dimana yang menjadi daya tarik tersendiri karena keindahan ranting pohon yang kering.

gunung papandayan

Foto via instagram/papandayan_id

Ada juga taman edelweiss dimana Kawan Jalan akan di manjakan dengan hamparan bunga abadi atau edelweiss seluas 35 hektare, tentu saja ini menjadi spot yang wajib di kunjungi. Terakhir ada kolam air panas untuk berendam. Istimewanya lagi, air panas tersebut mengandung belerang sebagai mana diketahui sangat bagus untuk kesehatan kulit. Tak jarang tempat ini selalu ramai wisatawan lokal maupun mancanegara untuk rekreasi keluarga. Tak hanya di kunjungi para pendaki, untuk Kawan Jalan yang suka fotografi tempat ini sangat cocok untuk berswa foto. Karena gunung ini memiliki panorama alam yang sangat indah.

Fasilitas di Gunung Papandayan

Sarana dan prasarana yang tersedia di wisata alam Gunung Papadayan ini sudah cukup lengkap. Dimana selain area parkirnya yang luas juga terdapat warung, musala, toilet bahkan toko souvenir. Fasilitas rekreasi selain tersedia kolam air panas untuk berendam ada juga taman edelweiss yang membuat Kawan Jalan betah ketika berkunjung ke Gunung Papandayan. Tidak hanya itu, pada jalur pendaki terdapat pentunjuk arah yang jelas dan terdapat warung yang buka 24 jam. Oh ya, Gunung Papandayan ini cocok untuk pendaki pemula karena jalurnya tidak sulit bahkan anak-anak pun bisa ikut mendaki.

 

HTM dan Jam Operasional

Oke, bagi Kawan Jalan yang ingin berkunjung ke wisata alam Gunung Papandayan buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB dan buka 24 jam pada hari libur. Dan untuk tiket masuknya dibanderol mulai Rp18.000 pada hari biasa dan Rp20.000 untuk hari libur. Bagi Kawan Jalan yang ingin camping cukup bayar Rp35.000 tentu saja biaya tersebut belum termasuk biaya parkir, biaya berendam dan yang lainnya. Kisaran biaya tersebut hanya berlaku untuk wisatawan lokal, untuk wisatawan mancanegara di patok harga cukup mahal yakni Rp200.000 untuk hari biasa dan Rp300.000 untuk hari libur.

gunung papandayan 2

Foto via instagram/papandayan_id

Lokasi dan Akomodasi

Untuk patokan lokasi jika Kawan Jalan menggunakan kendaraan umum maka Kawan jalan harus turun di terminal Guntur. Disana Kawan Jalan akan menemui banyak angkutan umum yang menghampiri dan menanyakan tujuan Kawan Jalan. Tetapi, angkutan umum baru akan berangkat jika kuota penumpang tujuan Gunung Papandayan berjumlah 14 orang. Jika kurang dari itu, maka Kawan Jalan harus bergabung dengan rombongan lain. Harga sewa angkutan umum berkisar Rp280.000 РRp300.000, jadi jika di hitung biaya per orang  maka Kawan Jalan hanya di kenakan biaya kurang lebih Rp20.000 per orang.

Dari terminal Guntur Kawan Jalan akan bergegas menuju Simpang Cisurupan dan berganti lagi angkutan umum dengan bak terbuka, untuk biaya masih sama kisaran Rp280.000 – Rp300.000 saja per rombongan. Jarak dari terminal Guntur menuju Simpang Cisurupan memakan waktu sekitar 40 – 60 menit. Dan jarak dari Simpang Cisurupan menuju Gunung Papandayan sekitar 45 menit. Cukup melelahkan tapi setelah sampai di tujuan semuanya terbayar dengan keindahan Gunung Papandayan.

Berbeda jika Kawan Jalan menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan menuju Gunung Papandayan tidak akan memakan waktu lama tergantung dari mana kota asal Kawan Jalan. Untuk informasi terupdate, Kawan Jalan bisa mampir ke IG @papandayan_id atau nomor 0853-1411-4128

Selamat berlibur, dan berwisata dengan yang tercinta.

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top