Connect with us

Kawanus.com

Melihat Sunset dan Merasakan Tenangnya Laut di Pantai Duta

Menikmati Ketenangan & Sunset di Pantai Duta (c) Erni/Kawanus

Melihat Sunset dan Merasakan Tenangnya Laut di Pantai Duta

Pantai memang tergolong wisata yang tak pernah membosankan untuk dikunjungi. Suasana yang hangat dan bisa melihat luasnya laut membuat wisata ini tak pernah sepi peminat. Pantai Duta yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Letaknya berada di Dusun Gilin, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pantai Duta awalnya merupakan pantai konservasi laut yang digagas oleh Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton pada tahun 2016. Awalnya hanya berupa pantai biasa dengan ratusan pohon cemara laut. Karena banyak menarik perhatian pengunjung, maka dibuatlah objek wisata dengan tarif terjangkau. Diberi nama Pantai Duta karena berasal dari nama desa tersebut, yakni desa Randutata. Banyak cemara hijau di sekitar pantai dan pemandangan ini tentu saja membuat kondisi sekitar pantai lebih sejuk.

pantai duta

Pemandangan Matahari Terbenam di Pantai Duta (c) Erni/Kawanus

Daya Tarik Pantai Duta

Pantai ini merupakan konservasi tumbuhan, sehingga nuansanya masih segar. Menawarkan hamparan laut yang luas, ombaknya sangat tenang, sehingga aman untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga, terutama anak-anak. Bahkan terdapat lahan khusus sebagai budidaya cemara laut di sekitar pantai. Terdapat spot pohon cemara dan hutan bakau yang bisa Kawan Jalan manfaatkan untuk meneduhkan diri jika berkunjung saat siang hari.

pantai duta 3

Suasana Pantai Duta (c) Erni/Kawanus

Pemandangan beberapa kapal nelayan terlihat berlabuh bisa Kawan Jalan temukan sepanjang pantai. Namun sayangnya masih belum tersedia perahu yang bisa pengunjung sewa untuk melihat keindahan hingga ke tengah laut. Jika berkeliling hingga ke ujung pantai, Kawan Jalan bisa melewati jembatan kayu yang membentang sepanjang pantai. Pantai ini cocok untuk dikunjungi siapapun, baik muda maupun tua bahkan juga ramah anak karena laut yayang cukup tenang. Namun anak-anak juga harus dalam pengawasan orang tua.

HTM dan Fasilitas Pantai Duta

Tiket masuk ke Pantai Duta dihitung berdasarkan kendaraan. Untuk motor Rp10.000. Sedangkan untuk mobil Rp20.000. Tarif tersebut sudah termasuk tiket parkir. Perjalanan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua mapun roda empat.

Untuk fasilitas toilet Rp2.000. Terdapat orang yang berjualan di sekitar pantai. Kawan Jalan bisa bermain di sepanjang pasir pantai. pasir pantainya di dominasi berwarna putih keabuan. Semakin dekat dengan air laut, warna pasirnya berwarna abu-abu Terdapat ayunan yang berada di tengah pantai dan banyak pohon cemara yang bsia dijadikan sebagai spot berfoto.  Tedapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai di sepanjang pantai. Terdapat persewaan ban renang yang bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa. Tarifnya sekitar Rp10.000 dan bisa digunakan sepuasnya tanpa terbatas oleh waktu.

pantai duta 2

Cemara Laut di Sepanjang Pantai Duta (c) Erni/Kawanus

Terdapat pedagang yang berjualan di sekitar pantai jika merasa haus dan lapar. Aneka kuliner khas Indonesia seperti bakso, cilok, rujak, nasi pecel dan aneka masakan lainnya. Untuk minuman tersedia es kelapa muda, es boba dan es teh dan aneka minuman lainnya dengan harga terjangkau.

Jika ingin menikmati liburan bersama keluaraga bisa membawa makanan sendiri dari rumah, namun tetap buang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan pantai. Sekaligus membawa tikar agar nyaman bersantap di tepi pantai.

Jam operasional dan Rute

Jam operasional 08.00 –  17.00 WIB. Saat malam suasananya sepi dan minim penerangan. Oleh karena itu, sebelum matahari terbenam pengunjung dihimbau untuk segera meninggalkan pantai. Namun jika berniat berkemah, bisa izin pada pihak pengelola pantai agar terjaga keamanannnya.

Jika melewati jalur Surabaya – Banyuwangi, ketika melintas di kabupaten Probolinggo, tepatnya di kecamatan Paiton arahkan kendaraan menuju ke Jalan laut sejauh 5 km. Jalannya memang cukup terjal namun cukup mudah di akses. Nantinya akan melewati area persawahan. Tak perlu khawatir akan tersesat karena terdapat petujuk yang mengarah ke Pantai Duta. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum hanya menjangaku sampai jalan utama. Sedangkan akses menuju pantinya masih belum ada.

Karena letaknya cukup hauh dari jalan utama, Kawan Jalan bisa memilih akomodasi yang terletak di jalur utama. Yakni Cerah Hotel  yang beralamat di Jalan Raya Paiton km 137 Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tarif per malamnya mulai dari Rp250.000 dengan fasilitas kamar nyaman dan ber-AC, TV dan kamar mandi pribadi. Untuk reservasi bisa menghubungi 0335-773777.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top