Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Melihat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Museum Brawijaya

museum brawijaya 3

Budaya & Sejarah

Melihat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Museum Brawijaya

Foto via Google maps/Gilang primada

Melihat Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Museum Brawijaya

Banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke Malang untuk melakukan liburan akhir pekannya bersama keluarga. Di Malang, kita akan menemukan banyak tempat wisata menarik mulai dari wisata alam, taman hiburan, tempat nongkrong, maupun tempat sejarah seperti situs bersejarah atau museum.

Di Malang, kita akan menemukan salah satu museum fenomenal yaitu Museum Brawijaya. Museum ini merupakan museum terkenal yang ada di Malang. Museum Brawijaya memiliki konsep perjuangan kemerdekaan Indonesia khususnya di Malang.

Daya Tarik dan Koleksi Museum Brawijaya

Bangunan yang ada di sana memiliki gaya khas Belanda dengan cat yang identik dengan warna yang soft. Terlebih, suasananya yang teduh membuat para wisatawan nyaman. Ada berbagai koleksi persenjataan yang bisa kita temukan di sana. Senjata-senjata tersebut merupakan alat yang digunakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kala itu. Mulai dari alat-alat tradisional seperti bambu runcing, tombak, pedang, dan sejenisnya. Sampai dengan persenjataan yang lebih modern.

Daya tarik utama dari Museum Brawijaya ini yaitu adanya gerbong maut yang cukup menakutkan. Gerbong maut ini berisi kisah pilu para pahlawan yang gugur dalam berperang. Biasanya pada hari-hari tertentu selalu diadakan acara penaburan bunga untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut. Selain gerbong maut, ada juga perahu segigir yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia. Kapal ini biasa dipergunakan untuk melakukan perpindahan tempat masyarakat kala itu demi melindungi diri dari serangan kompeni.

museum brawijaya 2

Foto via Google Maps/Jesi

Menjelajahi Museum Brawijaya seolah melihat langsung kejadian mengenaskan yang terjadi pada masa penjajahan. Selain itu, Museum ini juga memiliki berbagai koleksi lainnya seperti tank tentara Jepang, meriam, kendaraan amfibi, album foto, lukisan, dan masih banyak lagi. Bahkan ada sebuah ruangan militer yang digunakan untuk menyimpan beberapa pakaian para pejuang. Selain menambah edukasi mengenai perjuangan para pahlawan di Malang, di museum ini juga kita bisa berburu spot foto di setiap sudut yang ada di sana. Seru banget pastinya.

Selain itu, wisatawan juga bisa mampir ke area kantinnya yang menyediakan berbagai menu hidangan lezat mulai dari gudeg, soto, pecel, bakso Malang, dan masih banyak lagi. Harga menu yang ada di sana dibanderol dengan tarif yang terjangkau yaitu sekitar Rp4.000 sampai dengan Rp15.000. Jadi tidak perlu khawatir saat lapar setelah menjelajahi museum.

HTM dan Lokasi Museum Brawijaya

Sementara itu, untuk tiket masuk museum ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp7.000 untuk wisatawan asing. Kawan Jalan juga bisa menyewa tour guide yang dibanderol dengan tarif Rp50.000. Untuk tiket parkir wisata ini sebesar Rp2.000 setiap kendaraan.

museum brawijaya

Foto via Google maps/Ikhlas M Sabilly

Museum Brawijaya ini berada di lokasi yang strategis lebih tepatnya di Jalan Ijen No.25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang, Jawa Timur 65115. Kawan Jalan bisa melalui Jalan K.H Hasyim Ashari menuju Jalan Kawi. Setelah itu kita akan menemukan Jalan Besar Ijen. Lokasinya persis berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah ditemukan. Apalagi museum ini termasuk museum fenomenal di Kota Malang sehingga banyak orang yang tidak asing dengan tempat ini. Jarak tempuhnya dari Alun-alun Malang sekitar 10 menit perjalanan.

Kawan Jalan bisa mampir ke Museum Brawijaya ketika liburan ke Malang. Museum ini buka pukul 08.00 – 15.00 WIB. Dengan waktu operasional tersebut, Kawan Jalan bisa leluasa menghabiskan harinya di sana.

Akomodasi Terdekat

Tidak jauh dari lokasi Museum Brawijaya terdapat penginapan berbintang dengan tarif terjangkau yaitu Ijen Suites Resort & Convention Malang yang berada di Jalan Ijen Nirwana Raya Blok A No.16, Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Tarif penginapan ini mulai dari Rp750.000 sampai Rp890.000 per malam.

Wisatawan dari Malang dan sekitarnya wajib banget datang ke Museum Brawijaya untuk wisata edukasi bersama keluarga. Datang ke Museum Brawijaya akan menambah banyak wawasan sekaligus pengalaman yang tidak ternilai.

Yuk segera datang ke sini!

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top