Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Melihat Jernihnya Mata Air dan Alam Melalui Tirto Ageng

tirto ageng 2

Wisata

Melihat Jernihnya Mata Air dan Alam Melalui Tirto Ageng

Foto via Google Maps/Satriya Kusuma Wicitra

Melihat Jernihnya Mata Air dan Alam Melalui Tirto Ageng

Hiruk pikuk kota membuat kita jenuh menghadapi rutinitas setiap harinya. Pergi berlibur ke alam dan menawarkan suasana tenang bisa jadi destinasi liburan yang menarik. Jika Kawan Jalan menginginkan suasana yang menyatu dengan alam, Tirto Ageng menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di Jalan Krajan, Lumbang, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Sumber mata airnya berasal dari sumber mata air dari gunung Bromo. Tak heran jika airnya sangat jernih. Berendam disini bisa merasakan kesejukan yang nyaman. Sangat cocok buat kamu yang ingin merasakannya tenang desa dengan air yang mengalir jernih. Uniknya,saking jernihnya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencuci motor dan mobil.

Meski tempatnya berada di pesosok desa, tak mengurungkan niat wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya dari dari kota Probolinggo, wisatawan yang dari luar kota dan pulang dari Bromo kerap mampir ke Tirto Ageng untuk merasakan kejernihan airnya.

Keindahan Mata Air dari Tirto Ageng

Sumber air alami di Tirto Ageng yang melimpah ini berada di tengah hutan lindung yang dikeliling oleh pepohonan yang rindang dan sawah yang luas. Sumber mata air yang mengalir secara terus menerus ini ternyata sangat bermanfaat bagi warga sekitar sekaligus menjadi sumber untuk melakukan aktivitas bagi warga sekitar. Beberapa pipa dialirkan untuk mencukupi kebutuhan warga seperti memasak, mencuci dan bahkan untuk minum. Pemanfaatan Tirto Ageng sepenuhnya dikelola oleh warga sekitar dan belum mendapat perhatian dari lembaga lainnya. Tarif yang sangat murah untuk memberdayakan warga sekitar sekaligus menjaga wisata Tirto Ageng tetap terawat.

tirto ageng 3

Foto via Google Maps/indah kumala

Terdapat dua spot yang bisa kamu kunjungi, yakni spot wisata yang terbentuk dari alam dan wisata buatan. Untuk wisata yang terbentuk secara alami berupa sungai kecil yang mengalir dan bisa digunakan untuk berendam. Sedangkan untuk spot wisata buatan di khususkan bagi anak-anak yang tak terlalu luas.

Spot berfoto favorit pengunjung biasanya di sumber airnya yang sekilas mirip air terjun mini. Pancuran airnya tenang namun jernih. Selain itu, spot jembatan yang terbuat dari bambu juga layak kamu coba. Berlatar belakang keindahan alam, keindahan foto kamu pasti sangat indah. Membuat para pengunjung betah karena suasananya sejuh meski saat terik matahari.

HTM dan Fasilitas Tirto Ageng

Tiket masuk Tirto Ageng hanya Rp5.000. Pengunjung perlu membayar retribus parkir Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk parkir. Terdapat kolam yang memang dikhususkan untuk anak-anak karena dalamnya hanya satu meter. Fasilitas yang ada di area Tirto Ageng semuanya gratis. Jam operasionalnya 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Kawan Jalan yang lelah dan ingin melepas dahaga setelah menempuh perjalanan jauh tak perlu khawatir karena terdapat warung sederhana yang menjual teh manis, mie seduh, beberapa makanan ringan lainnya. Meski berada di area wisata, harga makanannya sangat eknomis. Mulai dari Rp3.000 kamu sudah bisa menikmati segelas teh hangat untuk meredakan suhu tubuh yang kedinginan. Selain itu, terdapat area perkemahan bumi Lumbang yang luas dan disewakan untuk umum. Untuk informasi mengenai Tirto Ageng bisa menghubungi 0823-3043-4114.

tirto ageng

Foto via Google Maps/Dunia Iseng

Lokasi dan Akomodasi

Agar lebih mudah, Kawan Jalan bisa melalui wilayah Bayeman, Tongas Probolinggo. dari Jalan Raya Paglima Sudirman nantinya menuju ke Jalan Raya Purut Lumbang. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh perjalanan sejauh 14 km. Meski terletak di wilayah pedesaan, namu aksesnya mudah dijangkau dengan Google Maps. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transporasi umum. Namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena aksesnya harus melewati jalan pedesaan yang cukup sempit.

Untuk akomodasi, karena Tirto Ageng terletak di pedesaan akses terdekatnya bisa ke Yoschis Hotel. Berlokasi di Jalan Raya Bromo No.117 Watulumpang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Hotel yang memiliki desain etnik Bali ini memiliki fasilitas kamar luas dan nyaman, kamar mandi pribadi dan menu sarapan. Tarif per malamnya sekitar Rp250.000.

Jika Kawan Jalan berkunjung ke Probolinggo, yuk berkunjung ke Tirto Ageng! Hanya dengan Rp5.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alam. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan untuk tidak membuat sampah sembarangan ketika berwisata.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top