Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Melihat Jejak Perjuangan Nabi Muhammad di Museum Rasulullah

museum rasulullah

Wisata

Melihat Jejak Perjuangan Nabi Muhammad di Museum Rasulullah

Foto via Google Maps/Museum Rasulullah SAW Kota Probolinggo

Melihat Jejak Perjuangan Nabi Muhammad di Museum Rasulullah

Bagi umat muslim, memperluas wawasan sejarah Islam bisa dari mana saja. Salah satunya cara yang tergolong unik ialah berkunjung ke museum. Kawan Jalan bisa berkunjung ke Museum Rasulullah. Lokasinya berada di Jalan Suroyo No.17, Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur . Museum yang berisi peninggalan Nabi Muhammad SAW semasa hidup ini membuat pengunjung takjub. Semuanya didatangkan langsung dari Mekah dan Madinah. Meski mayoritas yang berkunjung merupkan umat muslim, namun wisata ini terbuka bagi siapa saja.

Museum ini memang hanya terdiri dari satu lantai namun sangat luas. Museum ini didirikan untuk mengenal wawasan mengenai perjuangan Rasulullah SAW pada tahun 2020. Sekaligus mengenalkan jejak sejarah Rasul bagi umat muslim yang belum memiliki kesempatan mengunjungi Mekah.

Koleksi Museum Rasulullah

Beragam jejak peninggalan nabi terpampang di beberapa etalase museum. Ada darah bekam Rasulullah SAW, Tempat Menyimpan Air Rasulullah SAW, Cemeti Rasulullah SAW, Sandal Rasulullah SAW, Cap Stempel Rasulullah SAW, Darah Rasul, Tanah Makam Rasulullah SAW dan Janggut Rasulullah. Menurut sejarah yang tertera di museum, para sahabat mengumpulkan janggut dan rambut Rasulullah. Rambut yang telah dipotong diberikan kepada Abu Talhaal. Janggut ini dibagi kepada tema-teman yang sudah menunggu saat Haji Perpisahan.

Sedangkan peninggalan sahabat Nabi seperti Pedang Walid bin Khalid, Pedang Sultan Al Fatih, Karpet Raudhah dan Celak Sayyidina Siti Khadijah. Ada juga batu dinding ka’bah, batu meteorit, koleksi batu sijjil, kunci kakbah, kiswah kakbah, surban dan terompah. Setiap koleksi museum yang berpotensi pecah berada di etalase dan  dilarang tersentuh. Bagian yang boleh disentuh pengunjung berupa koleksi karpet Rasul.

museum rasulullah 2

Foto via Google Maps/fifi afifah

HTM Museum Rasulullah

Tiket masuk Rp50.000 untuk dewasa dan  Rp25.000 anak-anak. Sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun bebas tiket masuk. Tiket tersebut sudah termasuk jasa pemandu yang akan menjelaskan tentang sejarah benda-benda yang ada di Museum Rasulullah SAW. Terdapat sesi tanya jawab. Sehingga pengunjung bisa bertanya hal-hal yang belum dimengerti tentang koleksi Museum Rasulullah SAW.

Begitu memasuki kawasan Museum Rasulullah, kamu akan diarahkan untuk membeli tiket terlebih dahulu. Kemudian nanti ada pemandu wisata yang mendampingi rombongan selama mengelilingi museum dengan maksimal 10 orang dalam setiap rombongan.

Terutana bagi Kawan Jalan yang berencana mengunjungi museum dengan rombongan. Sangat praktis jika reservasi tiket secara daring terlebih dahulu agar  masuk museum bisa dalam satu rombongan. Gak mau kan sudah tiba di tempat tujuan, namun museumnya tutup? Sebelum berkunjung lebih baik cek terlebih dahulu di website mereka  di www.museumrasulullahsaw.org atau 081318082999.  Informasi mengenai jam buka maupun jam tutup Museum Rasulullah di informasikan melalui website dan sosial media @instagram.cpm/museumrasulullahsaw. Jam Operasional 09.00 – 20.30 WIB. Setiap pengunjung yang datang ada dibagi dalam tujuh sesi dan jeda saat adzan duhur. Setiap pengunjung akan ditemani oleh pendamping wisata selama 60 menit.

museum rasulullah 3

Foto via Google Maps/Reza Almaahi

Fasilitas Museum Rasulullah berupa toilet bersih, musala dan lahan parkir. Untuk parikir motor bsa langsung di depan museum dan dikenakan tarif Rp2.000. Sedangkan untuk mobil akan dirahakan menuju parkir khusus dan dikenakan parkir Rp5.000Di bagian luar museum terdapat replika pesawat TNI dan taman yang biasa menjadi spot foto favorit pengunjung. Tak kalah menariknya, bagian depan museum merupakan spot kuliner yang menggugah seleranseperti aneka rujak, bakso, aneka roti dan berbagai minuman kekinian.

Lokasi dan Akomodasi

Sangat mudah menemukan lokasi Museum Rasulullah SAW. Dari Jalan Raya Panglima Sudirman kota Probolinggo kemudian menuju Jalan Suroyo sejauh 400 meter. Museum Rasulullah atau yang dulu bernama Museum kota Probolinggo ini sudah terlihat. Karena aksesnya sangat stretegis dan berada di pusat kota, maka bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum dari kota Surabaya menggunakan bus menuju Kota Probolinggo. Kemudian dilanjutkan menggunakan angutan umum yang mengarah langsung ke museum.

Kawan Jalan yang ingin menginap di tempat terdekat bisa memilih Hotel Tampiarto yang jaraknya hanya 200 meter dari Museum Rasulullah. Tarif per malamnya sekitar Rp250.000 dengan fasilitas kamar ber-AC dan toilet pribadi. Berlokasi di  Jalan Suroyo No.15  Tisnonegaran, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top