Connect with us

Kawanus.com

Kelezatan Martabak Sultan di Martabak Pacenongan 78

martabak pacenongan 78 4

Kuliner

Kelezatan Martabak Sultan di Martabak Pacenongan 78

Foto via Instagram.com/@martabakpacenongan78

Kelezatan Martabak Sultan di Martabak Pacenongan 78

Bagi sebagian orang, kulineran merupakan hal menyenangkan untuk melepas penat dengan tumpukan harian. Banyaknya temat kulineran yang bisa kita temukan membuat para wisatawan kian eksis. Kota Hujan juga tak mau kalah seputar wisata kuliner. Di sana kita bisa menemukan berbagai makanan seperti soto mie, asinan, batagor, dan martabak.

Sajian martabak ini awalnya berasal dari beberapa kota seperti Yaman, Arab, Malaysia, Singapura dan Brunei. Di Indonesia awalnya martabak dikenalkan oleh orang Bangka jadi tak heran jika Kawan Makan sering mendengar nama Martabak Bangka. Secara umum, martabak dibuat dari tepung terigu, gula, susu, mentega, keju dan kacang tanah atau wijen. Namun seiring berjalannya waktu, kita bisa menemukan aneka topping seperti ketan kelapa,  strawberry, pisang, selai blueberry dan lain-lain.

Awal Mula Keberadaan Martabak Pacenongan 78

Namanya Martabak Pacenongan 78. Martabak legendaris yang sudah ada sejak tahun 1960 ini menjadi viral belakangan ini. Martabak Pacenongan 78 dijuluki sebagai martabak sultan lantaran limpahan topping-nya yang melimpah. Salah satu martabak legendaris ini sudah lama mengisi hati para wisatawan. Ada martabak telur, manis, pandan, jagung, pisang, klasik, dan tipis kering. Dari menu martabak tersebut ada tiga pilihan yang ditawarkan martabak ini yaitu regular, wisman, dan spesial tebal wisman.

martabak pacenongan 78

Foto via Instagram.com/martabakpacenongan

Untuk harganya pun pastinya berbeda. Namun meskipun spesial tebal wisman dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari regular dan wisman, porsinya pun tentu lebih besar dan topping-nya lebih melimpah bahkan luber sampai ke luar batas adonan. Ini dia martabak yang selalu bikin nagih, tidak salah tersohor dengan sebutan martabak sultan.

Menu andalan Martabak Pacenongan yang beredar di media sosial dan konten youtube yang sering dijadikan sebagai mukbang adalah Martabak Pandan. Aroma pandan yang harum dengan warna hijau yang segar dan teksturnya yang lembut membuat semua orang ingin mencicipi kelezatan makanan ini. Topping kejunya ga main-main dan tentunya tidak dibanjiri minyak karena menggunakan mentega wysman.

martabak pecenongan 78

Foto via Instagram.com/martabakpacenongan

Varian Lain Martabak Pacenongan 78

Ada juga martabak telur. Telur yang digunakan bukan sembarang telur, martabak ini juga menyediakan martabak telur bebek loh. Lalu dikombinasikan dengan daging sapi yang super melimpah. Selain itu, ada satu menu baru yang sudah bisa kita cicipi. Menu ini baru saja lahir awal 2021 kemarin, menu yang membuat pecinta martabak penasaran. Menu itu adalah Martabak Pisang Keju Susu. Hanya di Martabak Pacenongan 78 kita bisa menemukan Martabak Pisang. Sekilas aromanya sama dengan bolu pisang, namun tekstur lembut dan lumeran mentega wysman dibalut keju dan topping pisang yang manis nyaris membuat rasa semakin sempurna.

Harganya dibandrol mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp50.000 per loyang. Biasanya untuk harga Rp50.000 ini di khususkan untuk spesial tebal wisman. Jam buka Martabak Pacenongan 78 mulai dari jam 14.00 sampai jam 00.00 WIB.

martabak pacenongan 78 5

Foto via Google Maps/Bhodem nana

Lokasi

Kawan Makan yang ingin mencicipi Martabak Pacenongan 78 ini bisa datang ke Jalan Achmad Adnawijaya St No.36, RT.04/RW.14, Tegal Gundil, Bogor Utara, Bogor, Jawa Barat. Jika dari pusat Kota Bogor hanya perlu menuju ke arah Jalan Raya Pajajaran.

Tidak hanya di Bogor, bahkan Martabak Pacenongan juga sudah tersedia di beberapa daerah seperti JABODETABEK, Serang, Bandung, Sukabumi, Jawa Timur, Lampung dan Palembang. Dulunya, Martabak Pacenongan 78 adalah salah satu primadona martabak paling terkenal di Bandung. Seiring berjalannya waktu, karena kepercayaan konsumen pada rasa dan keunikannya, martabak ini akhirnya bisa kita temukan di segala penjuru. Namun sayangnya, beberapa kota hanya memiliki satu atau setidaknya dua tempat. Jadi, untuk beberapa orang yang tinggal jauh dari titik Martabak Pacenongan 78 berada, merasa sedikit kecewa karena harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Meskipun begitu, demi menghilangkan rasa penasaran dan tak ingin ketinggalan merasakan sensasi kelezatan Martabak Pacenongan 78, makanan ini selalu laris manis. Karena keunikan martabak ini, banyak pengunjung berbondong-bondong datang untuk mencicipi. Wisatawan dari Bogor jangan mau ketinggalan untuk mencicipi kenikmatan martabak ini. Dijamin bikin ketagihan dan tentunya tidak mengecewakan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Kuliner

To Top