Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Kampung Toga, Spot Paralayang dan Edukasi di Sumedang

kampung toga sumedang 4

Wisata

Kampung Toga, Spot Paralayang dan Edukasi di Sumedang

Foto via Instagram.com/@warungparalayangkampungtoga

Kampung Toga, Spot Paralayang dan Edukasi di Sumedang

Tahu Sumedang pasti adalah hal pertama yang terlintas di benak Kawan Jalan ketika mendengar kata Sumedang. Namun siapa sangka, kota ini menyimpan segudang tempat wisata penuh pesona yang menunggu untuk dieksplorasi dan dinikmati. Salah satu dari tempat wisata tersebut adalah Kampung Toga. Kampung Toga berada di Desa Sukajaya, hanya berjarak kurang lebih 2 sampai 3 kilomter dari pusat kota Sumedang.

Daya Tarik Kampung Toga

Ukuran Kampung Toga terbilang luas dan berdiri di sepanjang di area sekitar Gunung Puyuh. Selain itu, Kampung Toga juga berada satu jalur dengan salah satu makam pahlawan nasional, yakni Cut Nyak Dien. Selain dapat mengunjungi makan dari salah satu pahlawan nasional, daya tarik lainnya dari Kampung Toga adalah wahana dan kegiatan yang bisa ditawarkan oleh tempat wisata ini. Kawan Jalan bisa berwisata sambil menambah wawasan mengenai tanaman obat yang menjadi cikal nama dari Kampung Toga. Selain itu, Kawan Jalan juga dapat menyelusuri benteng bersejarah peninggalan Belanda yang tersebar di beberapa titik di tempat wisata ini.

Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh Kawan Jalan adalah bersepeda menyusuri Kampung Toga sambil menikmati suasana alam pedesaan yang bersih serta asri. Perjalanan akan dipenuhi oleh pemandangan dari pepohonan serta pemadangan dari ketinggian Kampung Toga. Kamu juga dapat melihat pemandangan kota Sumedang serta Gunung Tampomas dari tempat ini.

kampung toga sumedang 1

Foto via Instagram.com/@netizensumedang

Spot Paralayang di Kampung Toga

Selain itu, Kawan Jalan juga dapat mengikuti kegiatan bermain paralayang yang dapat dilakukan di Kampung Toga. Kawasan yang berada di ketinggian serta adanya beberapa bukit yang cocok dijadikan tempat sebagai tempat lepas landas serta lapangan untuk mendarat menjadikan tempat ini cocok untuk kegiatan tersebut. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan juga sangat menarik untuk dinikmati.

Nah, bagi Kawan Jalan lelah ataupun ingin menyegarkan diri ditengah sejuknya udara pegunungan, Kawan Jalan dapat berenang dikolam renang yang tersedia di beberapa bukit di sini. Walaupun kolam renang ini dibangun tidak berdasarkan konsep waterboom, kolam renang yang disediakan ini cocok bagi kalian yang ini membersihkan diri dan juga membutuhkan ketenangan saat liburan.

HTM, Fasilitas, dan Akomodasi

Harga tiket masuk untuk menuju tempat ini biasanya berkisar mulai dari Rp5.000 dan Kawan Jalan sudah dapat berkeliling tempat wisata ini. Fasilitas seperti toilet, mushola, tempat parkir dan fasilitas lainnya juga sudah tersedia. Tarif Parkir sendiri biasanya dimulai dari Rp2.000 sampai Rp5.000. Sementara untuk menikmati fasilitas lainnya seperti wahana paralayang dan juga kolam renang akan dikenakan tarif tergantung dari jasa penyedia layanan yang dipilih. Namun biasanya tarifnya tidak jauh dari Rp20.000 untuk berenang sementara untuk paralayang dimulai dari Rp180.000 – Rp250.000.

kampung toga sumedang 2

Foto via Instagram.com/@kampungtogasumedang

Restoran juga dapat dengan mudah ditemui di Kampung Toga. Mereka biasanya menyajikan makanan yang menggugah selera serta bertemakan Sunda lengkap dengan konsep atau suasananya. Sementara untuk akomodasi penginapan, Kamu dapat menginap di beberapa villa atau pondok yang tersedia di tempat ini. Tarif yang dikenakan biasanya dimulai dari Rp400.000 sampai dengan Rp3.000.000 tergantung dari berapa malam dan villa atau pondok yang dipesan.

Walaupun dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk tempat wisata, terkadang Kampung Toga terasa sepi dan dingin. Hal tersebut karena tempat wisata ini masih kurang dikenal oleh banyak orang serta kalah pamor dibanding tempat wisata lainnya. Namun walaupun begitu, terkadang suasana tenang serta damai ini yang dicari oleh beberapa orang.

kampung toga sumedang 3

Foto via Instagram.com/@kampungtogasumedang

Rute Menuju Lokasi

Rute untuk menuju Kampung Toga sendiri tergolong sangat mudah karena tempatnya yang dekat dengan pusat kota. Kawan Jalan bisa  menuju Alun-alun Sumedang untuk selanjutnya  ambil arah ke Jalan Cut Nyak Dien dan menanjak ke arah Jalan Gunung Puyuh. Selanjutnya Kawan Jalan tinggal melanjutkan perjalanan sampai menuju Kampung Toga, tidak akan memakan waktu sampai dua puluh menit dari awal sampai akhir perjalanan.

Sama halnya dengan Kawan Jalan yang menggunakan transportasi umum, tujuan pertama Kawan Jalan adalah Alun-alun Sumedang. Selanjutnya Kawan Jalan dapat menaiki ojek untuk langsung menuju Kampung Toga dengan tarif mulai dari Rp7.000 –  Rp15.000. Kamu juga bisa berjalan menuju Kampung Toga sambil berkunjung ke makam Cut Nyak Dien di tengah perjalanan. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 20 menit sampai 40 menit jika dilakukan dengan berjalan.

Tea over coffee

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top