Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Kampung Buyut Cipageran, Belajar Sambil Healing di Alam Asri

kampung buyut cipageran 2

Budaya & Sejarah

Kampung Buyut Cipageran, Belajar Sambil Healing di Alam Asri

Foto via Google maps/Bang Insan

Kampung Buyut Cipageran, Belajar Sambil Healing di Alam Asri

Liburan tentu saja menjadi kegiatan paling dinantikan oleh setiap orang. Biasanya para wisatawan memilih untuk liburan ke luar kota karena terlalu bosan melihat pemandangan kota sendiri. Itulah sebabnya Bandung selalu dipadati oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Di Bandung, kita tidak hanya akan menemukan taman rekreasi, wisata alam, ataupun cafe kekinian saja. Di sana ada juga beragam tempat menarik lainnya seperti kampung budaya ataupun desa wisata. Bisanya desa wisata sendiri akan memberikan kita banyak edukasi dan pengalaman-pengalaman tertentu yang tidak boleh dilewatkan. Ada salah satu kampung wisata yang akan membuat liburan kita berkesan. Namanya Kampung Buyut Cipageran atau sering disebut Kabuci.

Daya Tarik Kampung Buyut Cipageran

Kampung Buyut Cipageran ini menjadi objek wisata yang wajib kita kunjungi ketika liburan ke Bandung terutama bagi wisatawan pecinta alam. Berada di Bandung tentu saja memanfaatkan alamnya yang memukau. Di sana kita bisa melihat pemandangan hijau dari atas perbukitan. Terlebih, udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang membuat para pengunjung semakin betah berlibur di Kampung Buyut Cipageran. Kawasan ini menjadi tempat pelestarian alam di mana Kawan Jalan bisa menemukan berbagai tumbuhan langka.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa kita lakukan di sini. Kawan Jalan bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan mata pencaharian masyarakat kampung ini seperti membajak sawah, berkebun, memanen sayuran dan masih banyak lagi. Kawan jalan akan dibekali edukasi mengenai perkebunan dan juga pertanian. Mulai dari pengenal jenis-jenis sayuran, cara menanam, perawatan, dan masih banyak lagi edukasi lainnya. Kita juga akan diberikan edukasi seputar pupuk yang baik untuk tanaman.

kampung buyut cipageran

Foto via Google maps/Lingga Setiadi

Bahkan kita juga bisa mencoba beberapa aktivitas outbound-nya yang menyenangkan. Ada lomba tarik tambang, panjat tebing, archery, dan lainnya. Kegiatan ini cocok dilakukan bersama keluarga karena akan menambah keharmonisan. Kita juga bisa camping di Kampung Buyut Cipageran.

Selain itu, Kampung Buyut Cipageran juga menyuguhkan wisata seni dan kebudayaan. Di sana kita bisa melihat beberapa alat musik Sunda, tarian tradisional Sunda, dan beberapa kegiatan lainnya. Wisata ini sendiri bekerjasama dengan IBC atau Indonesia Bamboo Community untuk menyuguhkan aktivitas membuat kerajinan-kerajinan dari bambu. Setelah selesai melakukan berbagsi kegiatan menyenangkan, di sana kita juga bisa mencoba aneka kulineran khas Sunda seperti sayur asem, karedok, ikan, ayam bakar, soto, dan masih banyak lagi. Menu makanannya dibanderol mulai dari Rp10.000.

Kampung ini bukan hanya sekedar tempat liburan yang menyuguhkan nuansa alam hijaunya saja. Ada beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti taman bermain, area lesehan yang biasa dipakai untuk piknik, saung, kamar mandi, musala, dan masih banyak lagi.

HTM dan Lokasi Kampung Buyut Cipageran

Untuk masuk ke wisata ini biasanya kita akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang. Kita juga akan dikenakan tiket parkir sebesar Rp3.000 sampai dengan Rp5.000 tiap kendaraannya. Wisatawan yang datang ke sana juga bisa ikut berkonstribusi pada kegiatan-kegiatan yang ada di wisata ini dengan membayar hasil panen maupun kerajinan mereka.

kampung buyut cipageran 3

Foto Via Google maps/Romi Roman

Lokasi Kampung Buyut Cipageran ini terletak di Jalan Kolonel Masturi Km.3, Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Menuju ke sana bisa melalui Jalan Jenderal Sudirman hingga menemukan Jalan Jebderak H. Amir Machmud. Dari sana kita melanjutkan perjalanan menuju Jalan Lurah dan sampai di Jalan Kolonel Masturi. Durasi waktu perjalanan ke Kampung Buyut Cipageran ini sekitar 30 menit perjalanan. Kampung wisata ini beroperasi setiap hari. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

Akomodasi

Ada salah satu penginapan yang bisa kita singgahi yaitu Villa Tibra yang berada di Jalan Kolonel Masturi, No.508c, Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak tempuh dari Kampung Buyut Cipageran sekitar 5 menit. Tarif penginapannya mulai dari Rp200.000 sampai Rp1.000.000 per malam. Untuk reservasi melalui 087848881520.

Kawan Jalan dari Bandung maupun luar Bandung bisa banget menjadikan Kampung Buyut Cipageran ini sebagai destinasi wisata keluarga.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

To Top