Connect with us

Kawanus.com

Jembatan Sigandul, Diapit Keindahan Dua Gunung Temanggung

jembatan sigandul 1

Wisata

Jembatan Sigandul, Diapit Keindahan Dua Gunung Temanggung

Foto Via Instagram.com/@onitograph

Jembatan Sigandul, Diapit Keindahan Dua Gunung Temanggung

Berada di daerah yang kaya akan wisata, terutama wisata alam rasanya membuat pikiran dan tubuh yang lelah seketika segar kembali. Temanggung salah satunya, Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini terkenal akan keindahan alamnya yang tersebar di segala titik. Banyak tempat yang akan terlihat biasa ketika berada di kota selain Temanggung, tetapi suguhan alam di sini terlihat luar biasa dan pantas untuk disebut tempat wisata meski tidak ada pengelola, ataupun tiket masuknya.

Salah satunya adalah Jembatan Sigandul. Meski hanya jembatan namun lokasi jembatan ini tampak seperti diapit oleh dua gunung terkenal di Temanggung, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Karena itulah Jembatan ini sangat ikonik di Temanggung.

Pesona Jembatan Sigandul

Jembatan Sigandul semakin ke sini, semakin banyak diketahui karena warga sekitar yang menyadari akan keindahannya. Jembatan Sigandul ini populer setelah dibangun oleh pemerintah pusat, dengan tujuan ingin menggabungkan dua jalur yang terpisah. Karena beberapa faktor, jalur di bawah tidak digunakan sehingga wisatawan lokal maupun luar lokal mengalihfungsikan sebagai spot foto.

Jembatan Sigandul adalah tempat wisata baru yang tidak sengaja dan malah menjadi favorit wisatawan saat berada di Temanggung. Kawan Jalan pun wajib mengunjungi tempat ini saat berada di Temanggung. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan dua gunung kembar Temanggung yang sudah populer di segala penjuru Indonesia. Nah jembatan ini terlihat gagah berdiri dengan dirambati tumbuhan hijau di sekitarnya yang membuatnya terlihat menyatu dengan alam.

jembatan sigandul

Foto via Google Maps/Irfan dPriyanto

Kawan Jalan tidak akan kehabisan tempat foto saat di sini. Sangat cocok untuk kamu yang hobi hunting foto ataupun berselfie ria. Apalagi udara sejuk dan hawa dingin turut menemani kunjungan kamu saat ke sini, hal ini masuk akal karena berada di kaki lereng gunung. Pastikan tidak lupa membawa jaket saat ke sini. Karena pesonanya itulah, tempat ini sangat cocok untuk wisata gratisan akhir pekan atau sekedar untuk berkunjung dan menikmati pemandangan alam sekitar.

Kenikmatan Sajian Warung di Sekitar Jembatan Sigandul

Ternyata keberadaan Jembatan Sigandul ini membawa berkah tersendiri bagi warga sekitar. Karena banyak pengunjung yang datang akhirnya dibangunlah warung-warung kecil yang menjajakan aneka makanan dan minuman di sekitar lokasi jembatan. Warung-warung kecil ini serasa memfasilitasi karena menyediakan tempat duduk baik di luar maupun di dalam.

Aneka makanan seperti mie, mendoan khas Temanggung, snack kecil-kecilan dan aneka makanan lainnya laris dijajakan di sini. Serta tak lupa minumannya ada kopi, teh dan yang lainnya. Seperti yang diketahui bahwa Temanggung pun memiliki komoditas kopi yang telah terkenal di kalangan pecinta kopi, jadi minuman pahit ini membawa kenikmatan tersendiri.

jembatan sigandul 3

Foto via Google Maps/Rizal Kurnia

Jam Buka, Fasilitas dan HTM

Jam buka di Jembatan Sigandul tidak ada karena merupakan bagian dari fasilitas umum, hanya saja Kawan Jalan disarankan datang saat pagi hingga sore jari. Dan yang paling penting pada saat cuaca cerah, karena kamu akan melihat sunrise dan sunset yang terlihat menakjubkan dari jembatan. Pemandangan saat sunrise maupun sunset memiliki keindahan tersendiri yang sangat sayang jika dilewatkan. Fasilitas yang disediakan oleh warung-warung di sekitarnya sudah ada WC, tempat duduk, dan lain-lain.

Rute dan Akomodasi

Alamat dari Jembatan Sigandul berada di Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Krincing, Kwadungan Gn., Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jika dimulai dari pusat Kota Temanggung, maka arahkan kendaraan ke Kedu, kemudian dilanjutkan ke Parakan. Setelah sampai Parakan, belok ke kiri lurus terus sampai arah Wonosobo, kemudian Kawan Jalan akan bertemu Jembatan Sigandul yang berada di kanan kiri jalan.

Penginapan terdekat dari lokasi ada Dieng Kledung Pass Hotel, berada di perbatasan Temanggung-Wonosobo, tepatnya di Jalan Raya Wonosobo – Parakan KM. 17, Reco, Kertek, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 2,9 km dari Jembatan Sigandul. Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap seperti kolam renang, WC, musala, restoran dan fasilitas publik lainnya. Harga dimulai dari Rp450.000 per malamnya, untuk pemesanan bisa menghubungi no (0286) 3322023.

All You Need Is Love

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top