Connect with us

Kawanus.com

Jangan Datang ke Pantai Piling Sekotong, Nanti Bikin Betah

pantai piling

Wisata

Jangan Datang ke Pantai Piling Sekotong, Nanti Bikin Betah

Foto via google maps/Gondrong Baox

Jangan Datang ke Pantai Piling Sekotong, Nanti Bikin Betah

Sekotong, tak banyak orang membicarakannya. Walau begitu, meski tidak begitu terkenal seperti halnya wilayah Lombok lainnya. Selain terkenal akan daerah tambang emas yang diburu oleh penambang liar, juga terkenal akan pantainya yang begitu indah dan teresembunyi. Banyak sekali destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan di daerah Sekotong, Lombok Barat ini.

Masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Lombok Barat, berbatasan dengan Lembar di sebelah utara, kabupten Lombok Tengah di sebelah Timur, dan laut Indonesia di sebelah selatan sertan selat Lombok di sebelah Barat. Dengan letak yang begitu strategis dan berdekatan dengan Pulau Bali membuat kecataman Sekotong memiliki begitu banyak pantai yang indah, sepi, dan belum terkenal sehingga membuat pantai-pantai di sana masih alami. Salah satunya Pantai Piling.

Keindahan Pantai Piling

Salah satu pantai yang tersembunyi di wilayah Sekotong yang tak banyak orang tahu adalah Pantai Piling. Pantai Piling tak seperti pantai pada umumnya yang memilki hamparan pasir yang putih dan membentang sepanjang pantai, tetapi pantai Piling adalah pantai yang mempunyai hamparan bebatuan dengan berbagai macam ukuran. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Selain batu-batu kecil, juga terdapat bebatuan menjulang di beberapa titik dan menjadi spot foto paling digemari.

pantai piling 2

Foto via google maps/Gondrong Baox

Karena memiliki begitu banyak batu dengan beragam ukuran dan bentuk, menjadikannya indah dan menakjubkan. Apalagi terdapat batu-batu karang besar menjulang tinggi yang di jadikan obyek berfoto oleh wisatawan yang datang. Selain itu, terdapat tebing yang indah yang membuat pandangan kita leluasa melihat keeksotikan Pantai Piling ini. Maka tak heran Pantai ini menjadi spot favorit bagi wisatawan yang gemar berfoto. Lebih dari itu, suguhan panorama dari pantai ini membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini, selain karena keindahan alamnya, pantai ini juga menawarkan keheningan yang membuat siapa saja damai dan tenang.

Selain indah, lokasinya juga cukup sepi memungkinkan para pengunjung puas karena ketenangannya apalagi pantainya begitu bersih sehingga pengunjung nyaman duduk di mana saja. Suguhan keindahan Pantai Piling membuat para pengujung rasanya ingin lama-lama berada di pantai tersebut. Atau lebih tepatnya tidak mau pulang.
Untuk tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang dan parkir kendaraan roda dua Rp5000 sampai Rp10.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp15.000 – Rp20.000 per mobil. Setelah itu teman-teman dengan bebas menikmat pantai Piling sepuasnya.

pantai piling 3

Foto via google maps/Zhepriawan Ziko

Lokasi Pantai Piling

Terletak di daerah Lombok Barat, Sekotong yang hanya berjarak kurang lebih 55 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih menggunakan sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat memakan waktu cukup lama kira-kira 2 jam karena medan menuju lokasi tidak mudah karena keterbasan akses.

Jika Kawan Jalan datang dari arah Bandara Internasional Lombok terdapat dua jalan yang bisa Kawan Jalan pilih Jalan Batu Jangkih Sepi yang berjarak kurang lebih 54 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 32 menit dan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok yang berjarak 67 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit menggunakan jasa travel yang tersedia di Bandara dengan membayar tarif sekitar Rp250.000 – Rp400.000 per orang. Karena letak dan akses menuju pantai Piling cukup jauh dan sulit jadi tarif travelnya berkisar di angka tersebut.

pantai piling 4

Foto via google maps/Noel el Sasaki

Untuk Kawan Jalan yang dari luar daerah disarankan untuk menggunakan jasa tour organizer yang banyak terdapat di Lombok agar perjalanan teman-teman menjelajahi keindahan pantai ini lancar tanpa hambatan sedikitpun. Begitu juga dengan teman-teman yang datang dari pelabuhan Lembar jaraknya kurang lebih 36 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam via jalan Raya Sekotong.

Penginapan di Sekitar Lokasi

Untuk penginapan di sekitar Pantai Piling, kamu bisa menginap di Marina del Ray yang terletak di Sekotong Tengah, desa Gili Gede dengan jarak dari pantai Piling kurang lebih 10 kilometer saja. Cukup dengan membayar penginapan per malamnya Rp200.000 – Rp400.000 dengan begitu Kawan Jalan sudah bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang ada penginapan tersebut, seperti free wifi, free breakfast, kolam renang dan layanan lainnya.

Tukang ngopi dan diskusi. Cari duit cuma hobi

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top