Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Hilangkan Pikiran Kusut, Bersantai di Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut 1

Wisata

Hilangkan Pikiran Kusut, Bersantai di Sanghyang Heuleut

Foto via Google Maps/Dany Ramdany

Hilangkan Pikiran Kusut, Bersantai di Sanghyang Heuleut

Bandung menjadi salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai suasana sejuk dan menenangkan. Jika kamu membutuhkan tempat untuk healing dan melepas penat setelah banyak beraktivitas, Sanghyang Heuleut jawabannya!

Berlokasi di Kecamatan Cipatat, Sanghyang Heuleut menjadi destinasi wisata alam yang begitu menarik untuk dikunjungi karena mempunyai sebuah danau dengan warna air biru-kehijauan. Meskipun ukuran danaunya tidak terlalu besar, akan tetapi airnya begitu sejuk dan masih terjaga kebersihannya.

Mengapa Sanghyang Heuleut Begitu Menarik?

Meskipun tempat wisata Bandung mempunyai banyak sekali ragamnya, akan tetapi Sanghyang Heuluet mempunyai daya tarik tersendiri yang menjadikan wisatawan rela menempuh puluhan kilometer untuk sampai ke tempat ini hanya untuk menikmati suasana alamnya. Apa saja ya keunggulannya?

1. Suasana Asri dengan Pepohonan Rimbun

Siapa yang tidak merasakan rileksasi ketika berada di kawasan yang masih asri dan dikelilingi oleh rimbunan pepohonan alami? Hal tersebut bisa kamu rasakan saat berada di sini. Meskipun kamu hanya sekedar duduk di tepi danau atau di atas bebatuan, menghirup udara segarnya saja sudah mampu menghilangkan pikiran kusut, lho!

sanghyang heuleut 2

Foto via Google Maps/Dany Ramdany

2. Banyak Tebing Bebatuan

Bebatuan besar yang ada di kawasan wisata ini tidak hanya indah untuk diabadikan dalam bentuk foto maupun video. Namun, kamu bisa bersantai di atas bebatuan tersebut. Tapi, kamu harus hati-hati ya supaya tidak tergelincir!.

Setiap bebatuan di sana mempunyai ketinggian yang berbeda-beda, sehingga jika kamu mau melihat keseluruhan kawasan tempat wisata ini dari berbagai angle, pilihlah bebatuan yang sekiranya bisa kamu tapaki. Namun, kalau kamu tidak berani, sekedar duduk di pinggiran tebing pun juga tidak masalah, kok!

3. Cocok untuk Berenang

Kondisi airnya yang begitu jernih dan bersih sangat disayangkan kalau tidak kamu manfaatkan untuk berenang. Selain berenang adalah aktivitas di dalam air yang menyenangkan untuk dilakukan, kamu sekaligus berolahraga di kawasan yang masih terjaga keasriannya. Kapan lagi bisa menyatu dengan alam seperti ini?

Hal yang Patut Diperhatikan Saat di Sanghyang Heuleut

Meskipun dijadikan objek wisata umum yang memperbolehkan siapa saja untuk mengunjunginya, akan tetapi ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan supaya kamu pun tetap nyaman saat berada di sana. Yuk intip hal-hal apa saja yang sebaikya kamu terapkan di wisata ini!

sanghyang heuleut 3

Foto via Google Maps/Stenny Supit

1. Jaga Sikap dan Tata Krama

Meskipun tidak hanya berlaku di sini saja, akan tetapi tempat wisata yang mempunyai nama lain Danau Purba ini menyimpan mitos yang sampai saat ini masih diyakini oleh masyarakat sekitar, yakni sebagai tempat mandi bagi para bidadari dari khayangan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjaga lisan dan sikap selama berada di sana, terlebih lagi untuk kamu yang baru pertama kali mengunjungi kawasan wisata ini, ya.

2. Gunakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Karena ini adalah objek wisata alam dan tentunya kamu akan terpapar sinar matahari dan melewati jalur yang sulit diprediksi, maka sebaiknya menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Terlebih lagi rute yang dilalui untuk sampai ke tempat ini cukup licin, sehingga menggunakan alas kaki seperti sandal anti slip atau sepatu dapat menjadi solusi.

3. Perhatikan Lokasi Berenang

Untuk kamu yang jago berenang, di mana pun lokasi berenang yang dipilih selama di sini sepertinya bukan menjadi masalah. Namun, kamu harus berhati-hati karena kedalaman air di danau ini cukup dalam dan jangan sampai kamu nekat untuk berenang ke area tengah danau jika kamu nggak jago berenang, ya.

Kamu tetap bisa kok berenang dengan bebas di pinggir danau yang tak terlalu dalam. Jadi, tetap jaga keselamatan saat berwisata di sini.

Harga Tiket dan Rute

Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki budget terbatas tapi tetap ingin berwisata. Cukup dengan Rp10.000 per orang, kamu sudah bisa menjelajahi asrinya Sanghyang Heuleut. Namun, kalau kamu bawa kendaraan pribadi, misalnya mobil, kamu dikenakanan biaya parkir sebesar Rp10.000 dan sepeda Rp5.000-an aja!

Untuk rute menuju ke lokasi, Ambil titik poin keberangkatan dari Kota Bandung ke arah Cianjur. Lalu, arahkan laju kendaraan menuju kawasan Waduk Saguling. Dari Waduk Saguling, kamu akan sampai di Sanghyang Tikoro dan tempuh jarak kurang lebih sejauh 200 meter hingga akhirnya sampai di lokasi wisata.

Drowned sun.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top