Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Healing di Puncak Matantimali, Keindahan 5 Dimensi

puncak matantimali

Wisata

Healing di Puncak Matantimali, Keindahan 5 Dimensi

Foto via instagram.com/soalpalu

Healing di Puncak Matantimali, Keindahan 5 Dimensi

Jika Kawan Jalan berkunjung ke Sulawesi Tengah, jangan lupa berkunjung ke Puncak Matantimali di Kabupaten Sigi. Terletak di sekitar Desa Dayu dan Matantimali, bukit ini tersembunyi dengan cantik di area pegunungan Gawalise. Dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat Kota Palu, bukit satu ini adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan.

Dikenal dengan keindahan panorama 5 dimensinya yang menakjubkan, Kawan Jalan dapat menikmati pesona alam sambil melakukan beragam kegiatan seru di lokasi ini. Puncak Matantimali menawarkan suasana alam yang masih alami, cocok untuk Kawan Jalan yang senang bertualang ataupun yang ingin sekedar menyegarkan mata dengan pemandangan.

Daya Tarik Puncak Matantimali

Puncak Matantimali adalah sebutan untuk area ketinggian di Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah, yang meliputi lokasi paralayang di Desa Wayu dan Desa Matantimali di sisi kiri Gunung Gawalise. Dikenal sebagai spot dengan panorama memikat, lokasi ini populer di kalangan warga setempat sebagai area perkemahan di akhir pekan. Dengan ketinggian hingga 1.500 mdpl. Puncak Matantimali juga kerap kali dijadikan sebagai arena kejuaraan paralayang, baik nasional hingga internasional.

Puncak Matantimali terkenal dengan pesona keindahan 5 dimensinya, yaitu perpaduan antara pemandangan lembah, teluk, sungai, pegunungan, dan perkotaan yang dapat dinikmati dari satu titik sekaligus. Berada di ketinggian kurang lebih 800-1.500 mdpl, kelima elemen memikat tersebut dapat kamu nikmati sembari menghirup udara bersih menyegarkan khas kawasan pegunungan.

puncak matantimali 3

Foto via instagram.com/arisrismatullah

Ketinggian Puncak Matantimali juga sangat ideal untuk aktivitas olahraga paralayang. Bahkan, lokasi ini disebut-sebut sebagai salah satu spot paralayang terbaik se-Asia Tenggara. Untuk Kawan Jalan penyuka tantangan yang memacu adrenalin, berolahraga paralayang di area puncak ini bisa menjadi alternatif.

Kegiatan yang Bisa dilakukan di Puncak Matantimali

Bentang alam Puncak Matantimali yang berupa dataran tinggi dengan hamparan rerumputan luas sangat mendukung aktivitas fisik di luar ruangan. Selain paralayang, Kawan Jalan juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bersepeda dan berkemah. Berkunjung ke Matantimali rasanya kurang lengkap jika tidak menginap. Di akhir pekan, area puncak akan dipenuhi tenda milik para pengunjung yang berkemah. Suasana puncak di malam hari juga tak kalah damai dibanding siang hari. Saat malam tiba, kerlap kerlip cahaya lampu dari Kota Palu dan sekitarnya akan menikmati tidurmu. Alih-alih sunyi, berkemah di puncak ini saat malam tiba akan terasa lebih damai dan menyenangkan.

Saat berkemah, jangan sampai Kawan Jalan melewatkan cantiknya pemandangan sunset  di sore hari dan sunrise di pagi hari dari atas bukit. Saat fajar, matahari terbit akan memancarkan cahaya secara horizontal pada garis cakrawala, diiringi kabut pagi yang dingin namun menyejukkan. Sedangkan saat matahari terbenam, Kawan Jalan bisa menikmati langit senja bernuansa kuning keemasan sembari menyaksikan lampu kota mulai berkelap-kelip. Karena hal ini, Matantimali juga kerap disebut sebagai negeri di atas awan.

Adapun jika Kawan Jalan hanya ingin bersantai menikmati alam dan udara segar pegunungan, tidak masalah. Selain beragam spot foto yang aesthetic dan instagramable, di atas bukit ini juga terdapat beberapa rumah pohon yang bisa dikunjungi.

puncak matantimali 2

Foto via Google Maps/Muhammad Indra Gumilang

HTM dan Fasilitas

Untuk menikmati keindahan Puncak Matantimali, Kawan Jalan cukup mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang, biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk roda dua dan Rp20.000 untuk roda empat, serta Rp35.000 untuk biaya menginap per malam. Sangat terjangkau bukan? Adapun biaya untuk aktivitas paralayang berkisar antara Rp300.000 hingga Rp500.000 per orang sekali terbang, tergantung paket yang dipilih.

Untuk mencoba fasilitas paralayang, pengunjung harus melakukan booking terlebih dahulu. Jika hanya ingin berkunjung ke lokasi Puncak Matantimali, Kawan Jalan bisa datang kapan saja, tidak ada waktu operasional tertentu. Namun, puncak keramaian pengunjung biasanya adalah di akhir pekan. Di hari libur atau akhir pekan, umumnya dataran Matantimali akan dipenuhi oleh ratusan tenda milik pengunjung puncak.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dan memadai untuk pengunjung yang ingin berkemah. Terdapat area camping, fasilitas paralayang, unit kamar mandi, tourist center, gazebo, menara teropong di area paralayang, spot foto, penyewaan tenda, serta kedai dan warung makan untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi kulineran dari ketinggian.

Akses Menuju Lokasi dan Akomodasi

Dari Kota Palu, perjalanan menuju Matantimali membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam atau lebih dengan jarak tempuh sekitar 30 km. Karena belum bisa diakses oleh transportasi umum, Kawan Jalan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan.

Jika berangkat dari pusat Kota Palu, Kawan Jalan bisa melewati Jalan Poros Bangga untuk menuju Kabupaten Sigi. Tiba di Sigi, perjalanan dilanjutkan menuju Kaki Gunung Gawalise, mengikuti jalur Barat melalui Desa Porame, hingga tiba di Desa Wayu. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri lereng pegunungan Matantimali. Akses pejalan kaki menuju puncak bukit masih cukup sederhana dan dipenuhi banyak bebatuan curam. Namun sembari berjalan, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar desa yang juga tak kalah indah dari panorama di puncak gunung.

Kawan Jalan yang mau menginap bisa datang ke Nietsa Guest House Syariah yang beralamat di Jl. Purnawirawan II, Tatura Utara, Kec. Palu Sel., Kota Palu, Sulawesi Tengah. tarif per malamnya dipatok sebesar Rp122.000 dengan fasilitas berupa kamar ber-AC dan akses wifi gratis. Untuk reservasi bisa ke (021) 80629666.

Untuk Kawan Jalan yang ingin healing ke wisata alam yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, berlibur ke Puncak Matantimali bisa menjadi pilihan. Tertarik? Yuk, berkunjung dan nikmati sensasi panorama 5 dimensi di Puncak Matantimali!

Continue Reading
Advertisement

Introvert. Senang bepergian sendirian.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top