Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Gunung Penanggungan, Gunung Kecil yang Tak Kalah Cantik

Wisata

Gunung Penanggungan, Gunung Kecil yang Tak Kalah Cantik

Foto via Google Maps/Yuriska Fitri

Gunung Penanggungan, Gunung Kecil yang Tak Kalah Cantik

Salah satu gunung di Jawa Timur yang pemandangannya kerap diremehkan adalah Gunung Penanggungan. Meski begitu banyak pendaki amatir yang menjadikan Gunung Penanggungan atau yang juga sering disebut dengan Gunung Pawitra ini sebagai pendakian pertama mereka, alasannya karena puncaknya hanya memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi, Gunung Penanggungan memiliki pesona dan keindahannya sendiri.

Daya Tarik
Uniknya Gunung Penanggungan ini terbentang di dua kabupaten di Jawa Timur, yaitu sisi barat menempati Kabupaten Mojokerto, sementara di sisi timur masuk ke kawasan kabupaten Pasuruan. Termasuk dalam kategori gunung berapi kerucut yang saat ini statusnya sedang istirahat. Lokasi Gunung Penanggungan masih satu kompleks dengan Gunung Arjuno, dan Welirang.

Foto via Google Maps/Anggun Pratiwi

Dari ketiganya memang Gunung Penanggungan termasuk yang paling kecil, namun pemandangannya yang masih hijau terlihat begitu asri. Jika kesini kamu akan menemukan flora dan fauna yang indah, bahkan beberapa diantaranya termasuk langka. Kawan Jalan bisa menjumpai tanaman kaliandra, dan pepohonan besar seperti pinus. Ada juga beberapa jenis burung seperti burung gemak, ciblek, pleci, dan trucukan. Tentunya pendaki dilarang keras melakukan perusakan flora, dan tidak diperbolehkan memburu fauna yang ada di sini.

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan
Bagi Kawan Jalan yang ingin mendaki di Gunung Penanggungan terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya yang paling populer yaitu melalui Tamiajeng. Banyak yang memilih rute ini karena jaraknya cukup pendek dengan kontur jalur yang tidak terlalu terjal. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke puncak. Akan tetapi tetap ada titik-titik tertentu yang perlu diwaspadai jadi jangan lupa untuk selalu berhati-hati.

Foto via Google Maps/Her siswan09

Selain itu jika kamu ingin melakukan napak tilas sejarah maka bisa melalui jalur Jalatunda. Kamu akan melewati beberapa situs arkeologi Majapahit berupa candi-candi. Akan tetapi jika kamu menyukai tantangan maka bisa memilih jalur Ngoro. Rutenya dimulai dari Dusun Genting dimana kontur jalan lebih terjal. Pastikan kondisi fisik kamu fit jika memilih jalur ini.

Pemandangan Gunung Penanggungan
Sepanjang perjalanan Kawan Jalan akan disuguhi pemandangan yang indah, semakin menanjak kamu akan terhipnotis melihat lereng dan kaki gunung yang menakjubkan. Banyak pendaki yang memburu matahari terbit di sini, untuk lebih amannya sebaiknya kamu mendirikan tenda di kawasan stepa yang landai. Kamu juga bisa berisitrahat sejenak sambil menunggu matahari muncul di ufuk timur.

Foto via Google Maps/Vaizal Amin

Saat tiba di puncak kamu bisa melepas lelah sambil menikmati pemandangan. Udara dingin akan mengumpulkan lapisan awan yang akan membentuk seperti lautan. Kamu juga akan melihat panorama gunung dan bukit lainnya yang memukau mata di sekeliling area Pawitra.

Menurut mitologi yang beredar, gunung ini merupakan puncak para dewa. Maka dari itu sering dianggap sebagai gunung suci atau keramat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya peninggalan candi yang kebanyakan berfungsi sebagai tempat pemujaan.

Fasilitas
Ada beberapa fasilitas yang tersedia disini seperti area parkir, pos registrasi, pos-pos check point yang tersebar di sepanjang jalur pendakian, ada juga warung yang tersedia di pos tertentu.

Foto via instagram.com/gathutlimardani

HTM dan Lokasi
Untuk Kawan Jalan yang ingin berkunjung kesini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum yang bisa diakses dengan bus. Jika dari Surabaya maka bisa berangkat dari terminal bungurasih menuju terminal Pandaan dengan tarif mulai dari Rp30.000. Lalu berganti dengan menaiki mobil L300 jurusan terminal Pandaan – Trawas dengan biaya sekitar Rp10.000 – Rp15.000 per orang. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan ojek motor menuju pos awal pendakian dengan tarif sekitar Rp25.000.

Akomodasi
Jika lelah mendaki dan ingin bermalam bisa datang ke Seloliman Bungalow yang berlokasi di Seloliman, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Dengan tarif permalam sekitar Rp250.000 kamu akan mendapatkan fasilitas seperti parkir gratis, akses wifi gratis, dan sarapan gratis.

Bila ingin membawa buah tangan Kawan Jalan bisa mampir ke Pusat oleh-oleh Mbak Endah yang berlokasi di Jalan Raya Trawas, Trawas, Ketapanrame, Kec. Trawas, Mojokerto. Kamu bisa membeli aneka hasil pertanian warga sekitar seperti ubi cilembu, ubi ungu, pisang, ketela madu, ada juga aneka olahan makanan ringan, dan lain-lain.

Write! So the world might won't forget you.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top