Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Desa Wisata Organik, Kesejukan di Tengah Panasnya Bondowoso

desa wisata organik

Wisata

Desa Wisata Organik, Kesejukan di Tengah Panasnya Bondowoso

Foto via Goole Maps/Arief Rizal

Desa Wisata Organik, Kesejukan di Tengah Panasnya Bondowoso

Bosan berwisata yang sudah viral? Kawan Jalan bisa mengunjungi wisata yang tenang dan tak banyak pengunjung. Jika berkunjung ke Bondowoso, Jawa Timur kamu bisa ke Desa Wisata Organik berada di Krajan, Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Tempat ini juga dikenal dengan nama Desa Wisata Organik Lombok Kulon karen berada di desa Lombok Kulon, Bondowoso. Suasananya yang asri, membuat siapapun yang berkunjung kesini merasa betah dengan suasana angin sepoi-sepoi. Terutama bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, wisata ini layak menjadi tujuan untuk menghilangkan pikiran yang penat.

Awalnya Desa Wisata Organik ini hanya berupa desa biasa. Melihat potensi yang ada, salah satu warganya berinisiatif menjadikan sebagai desa wisata organik karena budidaya tanaman dan hewan secara organik bisa tumbuh dengan baik. Tak hanya bisa berwisata dengan suasana yang tenang, Kawan Jalan juga bisa menikmati kulier yang nikmat dan membeli oleh-oleh di desa ini. Oleh-oleh yang bisa kamu beli seperti beras organik dan bunga organik.

Daya Tarik Desa Wisata Organik

Kawan Jalan bisa melihat proses penanaman padi hingga diolah menjadi beras organik. Kawan Jalan bisa belajar entang menanam padi secara organik.bisa untuk edukasi anak-anak hingga dewasa. kamu bisa mengenai tentang tanaman organik, pupuk organik, perikanan organik, pembuatan barang kerajinan dari pelepah pisang. Selain tanaman organik, terdapat 40 kolam ikan gurami, ikan nila dan ikan patin yang menggunakan budidaya organik juga. Penggunaan sayuran hijau sebagai pakan utama membuat ikan-ikan di kolam ini tumbuh sehat dan besar.

desa wisata organik 3

Foto via Google Maps/Arinta Purwanti

Terdapat fasilitas outbond, rafting, dan river tubbing. tenang saja, terdapat pemandu profesional yang siap membantu agar keselamatan tetap terjaga. Bagi Kawan Jalan yang menginginkan paket wisata terdapat wisata tubing dan wisata keliling desa dengan bersepeda. Jika berkunjung dalam bentuk rombongan bisa menggunakan fasilitas karaoke umum.

Ada saung untuk makan dengan pemandangan sawah sambil menikmati sajian kopi hitam organik dan pisang goreng. Ingin lebih puas? Kawan Jalan bisa menikmati kuliner khas desa seperti lalapan lele, nila dan ikan gurame. Setiap sudutnya menjadi spot berfoto yang menarik dengan pemandangan sawah dan pegunungan sekitarnya.

Sarana Edukasi di Desa Wisata Organik

Desa Wisata Organik juga menjadi tempat bagi siapapun yang ingin mendapatkan edukasi. Desa Wisata Organik juga kerap menjadi sarana belajar bagia mahasiswa yang mengadakan penelitian. Desa Wisata Organik juga menjadi tempat belajar. Setiap Jumat menjadi sarana perkumpulan bagi para pemuda yang belajar Bahasa Inggris. Diharapkan dengan belajar di tempat yang nyaman dan tenang bisa lebih fokus.

Saat malam suasananya dipenuhi suara hewan di sekitar sawah seperti jangkring dan katak.  View menakjubkan saat pagi hari di iringi dengan kicauan burung. Tak kalah bagusnya juga view saat sore hari menjelang senja. Di bagian belakang tempat wisata ini terdapat spot foto yang menyerupai sangkar burung. Wisatawan bisa berfoto sepuasnya dengan pemandangan sawah. Terdapat tempat duduk  yang bisa digunakan untuk ngopi atau sambil lesehan.

desa wisata organik 2

Foto via Google Maps/Taufiq-

Lokasi dan Akomodasi

Rute utama yang harus kamu lalui yakni melalui Jalan Raya Pasir Putih Situbondo – Jalan Raya Wringin, Bondowoso – Jalan Diponegoro dan tujuan akhir menuju Jalan Krajan. Akses jalan menuju desa wisata organik cukup sempit sehingga disarankan menggunakan kendaraan pribadi dan roda dua. Untuk aksesnya karena masuk ke pelosok desa dan minim papan informasi, kawan jalan bisa bertanya pada warga sekitar. Jam operasional wisata ini mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Terdapat homestay dengan dinding bambu di sekitar wisata yang jumlahnya banyak sehingga mampu menampung pengunjung yang ingin menginap. Suasananya serasa tidur di desa dengan fasilitas tempat tidur dan kipas angin. Untuk tarifnya bisa menghubugi pihak pengelola dengan menghubungi nomor 0823-3356-8585. Sebagai oleh-oleh dapat membeli produk unggulan mereka seperti beras putih, beras merah dan beras hitam organik yang merupakan produk olahan desa setempat sekaligus memberdayakan petani sekitarnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top