Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Benteng Pendem, Mengenal Sejarah Sambil Berselfie Ria

Suasana di Benteng Pendem (c) Kawanus/Trisnawati

Benteng Pendem, Mengenal Sejarah Sambil Berselfie Ria

Jika Kawan Jalan pernah berkunjung ke Cilacap maka kamu tidak asing lagi dengan Pantai Teluk Penyu Cilacap. Nah, di area pantai ini Kawan Jalan bisa menemukan objek wisata lain yang penuh dengan sejarah dan kisah mistisnya. Ya, objek wisata ini bernama Benteng Pendem Cilacap.

benteng pendem 4

Suasana dan Pemandangan di Benteng Pendem (c) Trisnawati/Kawanus

Sejarah Benteng Pendem 

Benteng Pendem adalah sebuah bangunan (benteng) yang difungsikan sebagai tempat pertahanan pada zaman penjajahan. Benteng Pendem ini merupakan peninggalan dari bangsa Belanda yang letaknya ada di tepi pantai Cilacap, bangunan ini dibangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1861 dan selesai dibangun pada tahun 1879. Kemudian bangunan Beteng Pendem ini tidak difungsikan kembali oleh bangsa Belanda dan nyaris terbengkalai hingga pada akhirnya bangunan benteng ini tertimbun/tertutupi oleh tanah. Akhirnya, Pemerintah Cilacap menemukan bangunan ini dan mulai digali kembali pada tahun 1986. Kemudian Pemerintah Cilacap menjadikan bangunan ini sebagai objek wisata sejarah yang hingga saat ini keberadaannya tetap eksis.

benteng pendem

Ruang barak di Benteng Pendem (c) Trisnawati/Kawanus

Benteng Pendem memiliki luas sekitar 10,5 hektar. Ya, objek wisata ini memang sangat luas dan di dalamnya Kawan Jalan bisa melihat langsung bangunan-bangunan peninggalan yang memiliki nilai sejarah begitu luar biasa. Bangunan yang ada di benteng ini terdiri dari beberapa ruang di antaranya ruang barak, gudang senjata, ruang penjara, ruang klinik, benteng pertahanan, benteng pengintai, dan masih banyak ruang lainnya. Meski sudah berumur ratusan tahun, bangunan yang ada di benteng ini masih sangat kokoh. Bila berkunjung ke sini, Kawan Jalan bisa menggunakan jasa tour guide. Nantinya tour guide akan menceritakan seluk beluk mengenai sejarah yang ada di benteng ini.

Sebagai objek wisata sejarah, di sini Kawan Jalan juga bisa menjelajah dan memasuki ruangan-ruangan yang ada. Uniknya lagi di depan ruang klinik terdapat sumber air yang selalu menetes tiada henti. Konon katanya sumber air ini bisa Kawan Jalan ambil dan bisa digunakan untuk membasuh wajah agar selalu awet muda. Nah, karena bangunan yang ada di sini terlihat unik dan estetik maka kamu bisa mengambil foto atau selfie lho. Di benteng ini, kamu bisa melihat kawanan rusa yang berlarian kesana-kemari. Kamu gak perlu takut karena rusa di sini jinak dan bisa diajak foto bersama.

benteng pendem 2

Area bermain di Benteng Pendem (c) Trisnawati/Kawanus

Fasilitas di Benteng Pendem 

Di benteng ini terdapat parit atau kolam yang sangat luas. Nah, di sini kamu bisa bermain bebek air dan mengelilingi area sekitar benteng. Di tempat ini tersedia banyak gazebo untuk duduk-duduk santai. Selain itu tersedia fasilitas seperti kamar mandi, musala, warung makan, area bermain anak, dan lain-lain. Seusai menikmati wisata di sini, Kawan Jalan bisa berjalan ke pintu keluar. Di pintu keluar ini Kawan Jalan akan menemukan banyak pedagang yang menjual cinderamata atau buah tangan. Di antaranya ada kerupuk ikan tenggiri, pakaian, hiasan dari kerang, topi, aneka gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

HTM dan Jam Buka 

Harga tiket masuk ke area Benteng Pendem sebesar Rp7.500 per orangnya. Kalau Kawan Jalan ke sini menggunakan motor akan dikenakan tiket parkir sebesar Rp3.000 dan untuk mobil dikenakan sebesar Rp5.000. Benteng Pendem ini bisa dikunjungi setiap hari, objek wisata bersejarah yang satu ini buka di jam 08.00 – 18.00 WIB. Di akhir pekan, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar kota. Sehingga tak heran bila parkiran Benteng Pendem selalu ramai dipadati oleh kendaraan.

benteng pendem 3

Gudang senjata di Benteng Pendem (c) Trisnawati/Kawanus

Lokasi dan Akomodasi

Benteng Pendem beralamat di Jl. Benteng, Sentolokawat, Cilacap, Kec. Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya masih satu area dengan Pantai Teluk Penyu Cilacap sehingga Kawan Jalan bisa dengan mudah menemukan objek wisata ini. Untuk rute perjalanan bisa dimulai dari Jl. Veteran kemudian belok kiri ke Jl. Klapa Lima. Lalu belok kanan ke Jl. Dayung, selanjutnya Kawan Jalan bisa belok kanan masuk ke Jl. Benteng.

Nah, buat Kawan Jalan yang sudah puas liburan di wisata ini dan tengah mencari tempat penginapan maka kamu bisa menuju Fave Hotel Cilacap. Hotel ini berada di Jl. Budi Utomo No.38, Sidakaya Dua, Sidakaya, Kec. Cilacap Selatam, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Fave Hotel Cilacap menyediakan penginapan dengan fasilitas lengkap seperti kamar hotel, toilet, Wi-Fi, sarapan gratis, dan lainnya. Untuk budget menginap di hotel ini mulai dari Rp300.000.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Budaya & Sejarah

To Top