Connect with us

Kawanus.com

Alun-alun Kraksaan, Sarana Wisata Warga yang Murah Meriah

Vibes di Alun-alun Kraksaan yang Ramai Pengunjung (c) Erni/Kawanus

Alun-alun Kraksaan, Sarana Wisata Warga yang Murah Meriah

Hampir setiap kota memiliki alun-alun yang menjadi kebanggaan warganya. Tak terkecuali Alun-alun Kraksaan milik Kabupaten Probolinggo ini. Sebelumnya Alun-alun Kraksaan hanya berupa tanah lapang, seiring perkembangannya kini menjadi Alun-alun yang sangat indah. Kondisinya yang semula berupa rumput saja kini dilengkapi oleh bunga-bunga yang tumbuh subur dan cantik.

Alun-alun ini cocok untuk wisata keluarga karena tamannya sangat luas dan asri. Letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota. Sisi sebelah barat terdapat Masjid Agung Ar-Raudlah, sebelah selatan tepat berhadapan langsung dengan kantor bupati Probolinggo, sisi timur dengan kantor kecamatan Kraksaan dan sisi sebelah utara berhadapan langsung dengan Islamic Centre Kraksaan. Tidak ada tiket masuk. Sebagai ruang terbuka publik, tempat ini boleh dikunjungi oleh siapapun.

alun alun kraksaan 3

Suasana Alun-alun Kraksaan yang Ramai Pengunjung (c) Erni/Kawanus

Alun-alun Kraksaan Sebagai Ikon Kota Kraksaan

Kraksaan merupakan Ibu Kota Kabupaten Probolinggo yang diresmikan pada tahun 2010. Sejak itulah Alun-alun Kraksaan ditata agar nyaman untuk menjadi pusat kegiatan warga. Spot foto favorit pengunjung biasanya terletak pada tulisan Kraksaan yang menjadi ikon Alun-alun. Juga terdapat taman yang indah dan istagramble untuk dijadikan tempat berfoto. Jika malam minggu terdapat videotron yang menyala dan pada momen tertentu terdapat pertunjukan air mancur yang deras. Sayangnya semenjak pandemi kedua hal tersebut ini tidak berfungsi untuk mengurangi kerumunan warga.

Meski letaknya berada di tepi jalan raya namun sangat aman untuk bermain anak-anak karena arenanya yang cukup jauh dan dikelilingi oleh pagar. Namun saat siang hari kondisinya cukup panas. Maka waktu yang pas untuk berkunjung ke Alun-alun Kraksaan ialah saat pagi hari dan sore hari. Bagaimana dengan kondisi malam hari? Saat malam hari akan semakin ramai oleh pengunjung karena didukung dengan lampu penerangan yang memadai.

alun alun kraksaan

Alun-alun Kraksaan Saat sore hari (c) Erni/Kawanus

Fasilitas Alun-alun Kraksaan

Fasilitasnya tersedia toilet, jogging track, alat olahraga outdoor yang memfasilitasi olahraga untuk anak-anak maupun dewasa dengan catatan tidak merusak sarana tersebut. Banyak area bermain anak, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Wahana anak-anak tersedia seperti ayunan, jungkat-jungkit dan seluncuran. Untuk sarana bermain anak yang berbayar tersedia persewaan mobil dan sepeda dengan harga terjangkau. Saat akhir pekan ummnya tersedia jasa melukis bagi anak-anak.

Banyak spot yang nyaman untuk lesehan di sekitar Alun-alun, umumnya di sekitar pendopo dan dekat dengan tugu Alun-alun yang terletak di tengah lapangan. Setiap malam minggu ramai oleh pengunjung dan terdapat jasa sewa kereta kuda untuk mengelilingi alun-alun. Tarifnya mulai dari Rp5.000 – Rp25.000.

Tersedia parkir yang terletak di sisi barat dan timur Alun-alun juga lengkap dengan petugasnya sehingga tidak perlu khawatir. Kendaraan dijamin aman hanya dengan tarif Rp2.000. Sedangkan untuk parkir mobil bisa di sebelah utara alun-alun dengan tarif Rp5.000.  Di dalam areanya dibentuk seperti taman dan umumnya dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung.

alun alun kraksaan 2

Area Playground (c) Erni/Kawanus

Untuk sarana pembuangan sampahnya sudah menerapkan konsep ramah lingkungan, seperti pembagian menjadi sampah kering dan sampah basah. Jadi pengunjung dihimbau untuk tidak membuat sampah sembarangan agar keindahan Alun-alun tetap terjaga.

Aneka Kuliner Serba Murah

Di sekitar Alun-alun banyak yang berjualan aneka kuliner yang hemat di kantong. Mulai dari Rp3.000 kamu sudah bisa membeli minuman seperti es tebu serta aneka makanan lainnya mulai dari harga Rp5.000. Seperti roti goreng, sosis dan aneka kuliner aci. Jika ingin menyantap makanan yang tergolong menu berat, bisa berjalan sekitar 200 meter menuju Sentra Kuliner Rakyat. Pedagang yang awalnya berjualan di sekitar Alun-alun direlokasi ke tempat tersebut. Menu soto, lalapan ayam, bakso dan hidangan kuliner khas Indonesia bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

Lokasi dan Akomodasi

Berlokasi di Jalan Raya Panglima Sudirman Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Letaknya sangat strategis karena berada di jalur pantura Probolinggo. Jika menuju Bali melalui jalur darat pasti melewati jalur ini. Ketika tepat di kota Kraksaan, akan tampak Alun-alun Kraksaan. Jika menggunakan kendaraan umum berupa bus, bisa langsung berhenti di alun-alun Kraksaan.

Bagi Kawan Jalan yang ingin menginap bisa ke Hotel Alliya yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 115 Kraksaan. Tarinya mulai dari Rp250.000/malamnya dengan fasilitas kamar nyaman, AC, Televisi dan sarapan. Untuk reservsi bisa menghubungi 0335-841999.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top