Connect with us

Kawanus.com

Curug Pelangi Cimahi, Pesona Alam Menawan Cimahi

curug pelangi cimahi 5

Wisata

Curug Pelangi Cimahi, Pesona Alam Menawan Cimahi

Curug Pelangi Cimahi Nampak Depan. (c) Asih Ati/Kawanus

Curug Pelangi Cimahi, Pesona Alam Menawan Cimahi

Warga Jawa Barat masih bingung mau berlibur kemana? Coba deh berkunjung ke Curug Pelangi Cimahi. Gak banyak yang tau loh kalau curug ini ternyata menyimpan keindahan yang menakjubkan. Air terjun atau Curug Pelangi Cimahi ini pun dikenal dengan nama rainbow waterfalls.

Fakta- Fakta Curug Pelangi Cimahi

Curug pelangi Cimahi berada di tempat dengan ketinggian 1050 Mdpl dan ketinggian air terjunnya sendiri sekitar 87 meter, konon katanya air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi yang berada di Kota Bandung. Meski namanya Curug Pelangi Cimahi faktanya air Terjun ini sebenarnya tidak benar-benar berada di Kota Cimahi loh.

curug pelangi cimahi

Puncak Curug Pelangi Cimahi (c) Asih Ati/Kawanus

Air terjun ini tepatnya berada di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Cisarua, Jawa Barat berjarak sekitar 10 menit dari kota Cimahi dan merupakan lokasi yang cukup dekat dengan berbagai wisata yang berada di Lembang. Diberi nama Curug Pelangi Cimahi karena air yang mengaliri Curug berasal dari sungai Cimahi. Karena berada di ketinggian tak heran bila suhu udara di air terjun ini bisa mencapai 18 sampai 22 derajat Celsius, Curug ini sendiri masih sangat asri dikelilingi oleh hutan-hutan hijau yang masih alami.

Ponarama Curug Pelangi Cimahi

Salah satu hal yang menarik dan paling banyak ditunggu dari air terjun ini adalah Pelangi, Jika Kawan Jalan beruntung kamu akan mendapati keindahan Pelangi yang melekung menghiasi sekitar air terjun biasanya terjadi pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, namun pelangi ini memang tak setiap hari akan muncul.

curug pelangi cimahi 2

Menara Curug Pelangi Cimahi (c) Asih Ati/Kawanus

Disini pengunjung pun di bolehkan untuk berenang jadi kamu bisa merasakan segarnya air terjun secara langsung, tak hanya itu Kawan Jalan pun bisa menikmati keindahan curug dari jarak dekat namun juga kamu bisa memandangnya dari Menara atau tempat yang disediak oleh pengelola. Di sana pengelola menyediakan tempat duduk yang bisa dipakai untuk bersatai para pengunjung.

Air terjun ini di kelilingi oleh hutan-hutan yang masih asri, tak heran jika kamu akan dengan mudah mendapati banyak flora dan fauna yang mendiami sekitaran Curug. Di sini Kawan Jalan akan di sambut dengan harmoni rimba yang masih kental seperti monyet, burung-burung, bahkan serangga endemik seperti tongeret, kaki seribu dan masih banyak lagi.

Tak hanya bisa dikunjungi di siang hari, wisata air ini ternyata bisa loh dikunjungi pada malam hari, keindahannya tak kalah indah, kamu bisa melihat adanya germerlap lampu yang mengiasi air terjun hal ini terjadi karena beberpa waktu lalu pengelola sengaja memasang lampu warna-warni di sekitar air terjun untuk menarik minat pengunjung.

curug pelangi cimahi 3

Tangga di Curug Pelangi Cimahi (c) Asih Ati/Kawanus

Lokasi dan Rute

Ada beberapa rute yang bisa dilalui untuk menuju wisata ini, salah satunya rute utama dari terminal Ledeng biasanya pengunjung akan langsung menuju arah Kota Lembang, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkot namun sayangnya rute ini menjadi rute yang paling macet. Meski demikian kamu bisa menggunakan rute alternatif yakni dengan melalui Jalan Kolonel Masturi, disna kamu bisa menuju Cisarua secara langsung dengan mennggunakan angkot Ciasarua, lokasi Curug Cimahi tak jauh dari pemberhentian angkot tersebut.

Untuk sampai ke wisata ini sendiri, kamu perlu berolahraga sedikit yakni ada sekitar puluhan anak tangga yang harus kamu lalui untuk sampai tepat dibawah air terjun, biasanya sekitar 15 – 20 menit menuruni tangga. Namun kamu tidak perlu khawatir karena pengelola telah menyediakan dua Menara untuk beristirahat dengan pemandangan yang langsung menuju air terjun, selain selama menuruni tangga pun kamu akan menemui beberapa spot menarik yang bisa di jadikan tempat berfoto.

curug pelangi cimahi 5

Plang Pintu masuk Curug Pelangi Cimahi. (c) Asih Ati/Kawanus

HTM dan Akomodasi

Untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau, kamu hanya perlu mengluarkan biaya sebesr Rp20.000 saja namun biasanya harga tiket bisa saja berubah sesuai keadaan, Untuk fasilitasnya pun sudah cukup lengkap pengelola sudah menyediakan Kamar mandi, musala, bahkan tempat makan selain itu disekitar Curug ada warung yang menjajakan makanan ringan hingga berat, jadi kamu gak perlu khawatir jika lapar dan lupa mebawa bekal. Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai Curug Pelangi Cimahi kamu bisa menghubungi ke 0822-1912-3245.

Kawan Jakan yang ingin bermalam di sekitaran wisata ini, kamu pun tak perlu khwatir karena ada banyak penginapan salah satunya adalah di villa G8 lembang yang berjarak sekitar 0.45 km dari wisata ini tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM 9, Parompong Cisarua yang bisa kamu sewa dari harga Rp100.000 – Rp700.000. Berikut adalah no reservasinya 0878-2566-6158.

Independent woman, Love Write and Travel

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top