Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Air Terjun Niagara Mini, Panorama Eksotis Alam Bondowoso

air terjun niagara mini

Wisata

Air Terjun Niagara Mini, Panorama Eksotis Alam Bondowoso

Foto via Google Maps/esnawan aloysius

Air Terjun Niagara Mini, Panorama Eksotis Alam Bondowoso

Hampir semua orang mengenal Air Terjun Niagara yang terletak di perbatasan New York, Amerika Serikat. Tak heran jika wisata ini menjadi destinasi yang di impikan banyak orang. Nah, bagi Kawan Jalan yang belum berkesempatan untuk berkunjung kesana, Air Terjun Niagara Mini yang terletak di Kabupaten Bondowoso ini bisa menjadi altenatif detinasi liburan kamu. Lokasinya berada di Plalangan II, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Penamaan wisata ini terbentuk secara tidak sengaja karena wisata ini menyerupai Air Terjun Niagara.

Keindahan Air Terjun Niagara Mini

Air terjunnya sangat mungil karena hanya memiliki ketinggian enam meter. Meski tak tinggi, namun debit airnya sangat deras. Destinasi ini cocok bagi kamu setelah dari kawah Ijen. Airnya sangat segar karena langsung dari mata air alam. Air Terjun Niagara Mini terbentuk akibat aliran lava dari Gunung Anyar dan berakhir di Blawan yang membeku dan memotong aliran sungai Kali Sat akibat proses alam ini membentuk jeram dengan batuan lava sebagai pondasinya.

Untuk menuju ke air terjun, kamu harus melalui jalan yang berliku serta tanjakan yang curam. Dilarang bermain dekat air terjun karena medannya yang licin. Air Terjun Niagara Mini ini juga memiliki permandian air panas. Jika ingin menyaksikan kejernihan air terjun, berkujunglah saat musim kemarau. Karena saat musim hujan airnya cenderung berwrna kecoklatan yang diakibatkan oleh aliran sungai yang mengendap.

air terjun niagara mini 2

Foto via Google Maps/adjie sudriman

Fasilitas di Air Terjun Niagara Mini

Keindahan alami yang berpadu dengan ketenangan ini memiliki fasilitas spot foto yang menakjubkan. Spot foto favorit berada di jembatan yang menghubungkan air terjun dan sungai dibawahnya. Namun karena tutup dalam waktu yang lama selama masa pandemi, untuk saat ini kondisi jembatan mengalami kerusakan di beberapa sisinya. Pengunjung dilarang melintas. Jika ingin berfoto bisa di bagian taman dengan pemandangan air terjun di belakangnya.

Selain itu, terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah. Jaga keindahannya dnegan tidak membuang sampah sembarangan, ya! Ada warung yang menjual makann dan minuman ringan yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau. Kamu layak untuk mencoba kopi arabica yang merupakan komoditi utama masyarakat sekitar. Rasanya masih otentik karena langsung dari perkebunan PTPN XII Bondowoso. Segelas kopi arabika ini bisa kamu beli hanya dengan harga Rp5.000.

HTM dan Lokasi

Setiap pengunjung dikenakan tiket Rp5.000. Retribusi parkir Rp2.000. Untuk menuju Air Terjun Niagara Mini ini membutuhkan perjuangan karena akses jalannya yang turun dan curam. Setelah puas menikimati Air Terjun Niagara Mini, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati air terjun panas yang letaknya tak jauh dari lokasi Air Terjun Niagara Mini. Namun karena sempat mengalami banjir bandang, beberapa sisi air terjun yang mengeluarkan air panas kini banyak yang tertutup. Padahal air terjun yang mengeluarkan air panas menjadi favorit pengunjung setelah mandi di air terjun utama.

air terjun niagara mini 3

Foto via Google Maps/rama beta

Situasi Air Terjun Niagara Mini ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk mandi di sekitar air terjun karena dikhawatirkan terbawa arus yang deras. Berkunjunglah saat pagi hari karena airnya lebih sejuk dibanding saat siang hari maupun sore hari. Meski areanya dibuka 24 jam, tidak disarankan berkunjung saat malam hari karena cuacanya yang cukup ekstrem dan aksesnya yang minim penerangan.

Kawan Jalan dari arah Jalan Raya Pantura , kemudian arahkan kendaraan menuju Jalan Wringin lalu menuju Jalan Kawah Ijen Pondok Jeruk. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 150 menit dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Aksesnya memang lumayan jauh dari jalur pantura. Namun, ketika tiba di Air Terjun Niagara Mini ini, rasa lelah akan sirna karena keindahannya yang alami. Menggunakan kendaran pribadi lebih disarankan karena aksesnya sulit untuk menemukan transportasi umum.

Akomodasi

Terdapat penginapan yang letaknya tak jauh dari Air Terjun Niagara Mini ini yakni Catimore Homestay Blawan. Lokasinya hanya berjarak 500 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit. Alamat lengkapnya di Plalangan II, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Tarifnya Rp300.000/malam dengan fasilitas kamar khas suasana kuno, tempat tidur, kamr mandi pribadi dan menu sarapan . Untuk reservasi bisa menghubungi nomor 0852-0457-8369.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top