Connect with us

Kawanus.com

Kawanus.com

Air Terjun Benang Kelambu, Bak Tirai Air Raksasa

air terjun benang kelambu 3

Wisata

Air Terjun Benang Kelambu, Bak Tirai Air Raksasa

Pesona Air Terjun Benang Kelambu (c) Gani Islahudin/Kawanus

Air Terjun Benang Kelambu, Bak Tirai Air Raksasa

Sejenak mari kita menyepi dari destinasi wisata pantai dan gunung. Saatnya teman-teman menyisipkan waktu atau membuat daftar list destinasi yang akan di kunjungi bila berkunjung ke Lombok. Selain pantainya, Lombok Tengah juga memiliki destinasi wisata lainnya yang terkenal di Lombok Tengah bagian utara, yaitu air terjun. Destinasi wisata air terjun memang selalu menjadi daya tarik wisata utama di Lombok Tengah bagian utara karena di daerah ini tidak ada pantai. Maka tak heran bila pengelola wisata di sana sangat memberi perhatian lebih terhadap wisata air terjun.

Daya Tarik Air terjun Benang Kelambu

Wisata air terjun Benang Kelambu adalah salah satu destinasi wisata paling banyak di kunjungi di Lombok Tengah bagian utara. Selain karena keelokan dan kacantikannya, air terjun Benang Kelambu memiliki daya tarik yang luar biasa memanjakan mata dengan pemandangan rimbunnya hutan dan percikan air terjun menjadi daya tarik tersendiri. Air yang tumpah di antara semak-semak lebatnya pepohonan dan rumput membuatnya dinamakan air terjun Benang Kelambu karena bentuk air terjun ini seperti tirai yang memanjang dengan air yang tidak keras. Mengalir dengan lembut, meluber hingga menciptakan genangan di mana-mana.

Terdapat kolam-kolam kecil yang dibuat oleh pengelola dengan dialiri oleh air terjun yang tumpah rumah sehingga membuat para pengunjung bisa mandi di berbagai tempat yang diinginkan. Selain itu terapat fasilitas pendukung lainnya, seperti Gazebo, kamar mandi, lahan parkir yang luas dengan hanya membayar sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk roda empat. Sedangkan untuk tiket masuk, untuk wisatawan lokal sebesar Rp5.000 per orang dan wisatawan mancanegara sebesar Rp10.000 per orang.

air terjun benang kelambu

Keramaian Pengunjung (c) Gani Islahudin/Kawanus

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini terletak di kawasan Geopark Rinjani yang telah menjadi bagian dari taman bumi dunia yang diakui oleh UNESCO. Persisnya berada di dusun Pemotoh, Desa Aik Beriq, Kec. Batukeliang Utara, Kab. Lombok Tengah, menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib di kunjungi di Lombok Tengah.

Apalagi lokasinya terbilang cukup mudah, dengan akses mencapai lokasi yang sudah memadai baik untuk roda dua maupun roda empat. Hanya berjarak kurang lebih 35 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam via jalan raya Praya – Mantang. Untuk teman-teman dari luar daerah alangkah baiknya menggunakan jasa travel yang banyak tersedia di area sekitar bandara, cukup hanya membayar sebesar Rp150.000 – Rp250.000 per orang atau bila ada teman-teman menggunakan jasa tour organizer, masukanlah destinasi wisata air terjun Benang Kelambu dalam daftar list yang di kunjungi.

Setelah teman-teman sampai lokasi, kalian tidak akan langsung memlihat keindahan air terjunnya. Teman-teman akan menapakai jalan setapak sejauh beberapa kilometer untuk mencapai lokasi air terjun Benang Kelambu. Sepanjang perjalan, rimbunan pohon-pohon hutan akan menghiasi sepanjang perjalanan teman-teman dan ini cocok untuk Kawan Jalan yang menyukai adrenalin menyusuri belantara hutan yang sudah banyak dijadikan lahan kebun oleh warga. Terlebih lagi, teman-teman tidak usah khawatir mengenai perbekalan makanan minuman karena ada puluhan warung warga banyak terdapat di sepanjang jalan.

air terjun benang kelambu 2

Suasana Asri di Air terjun Benang Kelambu (c) Gani Islahudin/Kawanus

Sebelum mencapai lokasi, dari kejauhan Kawan Jalan bisa melihat dari jauh indahnya air terjun Benang Kelambu. Terletak di dasar jurang, sehingga sangat tampak jelas ketika sebelum menuruni anak tangga yang di sediakan oleh pengelola. Dari anak tangga satu menuju anak tangga paling bawah Kawan Jalan akan merasakan sentuhan alam yang begitu khas serta suara air terjun yang turun secara halus sehingga membuat siapa saja yang datang ke sana tak sabar untuk untuk merasakan sensasi mandi di air terjun Benang Kelambu.

Namun bila Kawan Jalan yang enggan berjalan pengelola wisata setempat juga menyediakan jasa ojek sepeda motor untuk mencapai lokasi dengan hanya membayar Rp20.000 – Rp30.000 per orang.

Akomodasi dan Usaha Lokal

Nah, usaha lokal yang sangat terkenal di sekitar air terjun Benang Kelambu atau di desa Aik Beriq adalah kopinya. Desa Aik Beriq memang salah satu penghasil kopi terbaik di Lombok Tengah karena letak geografisnya yang mendukung. Selain kopi di desa Aik Beriq juga banyak menghasilkan berbagai macam komoditi termasuk pisang dan diolah menjadi keripik pisang. Jadi selebihnya, berwisata ke air Terjun Benang Kelambu seperti berwisata paket lengkap.

Bila teman-teman membutuhkan penginanapan, Agar lebih nyaman dan memudahkan dari bandara baiknya di kota Praya, di kota Praya dan sekitarnya terdapat penginapan dengan berbagai macam klasifikasi. Mulai harga yang menguras dompet hingga yang murah banget. Seperti OYO 1732 Edotel Praya, Airy Praya Pejanggik 8 Lombok dan penginapan lainnya. Cukup hanya mengeluarkan uang Rp150.000 – Rp300.00 per malam Kawan Jalan sudah bisa menginap dengan nyaman dan menikmati fasilitas yang tersedia di hotel.

Tukang ngopi dan diskusi. Cari duit cuma hobi

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Wisata

To Top